news
ARENA
PON 2020 Prioritaskan Cabor yang Dipertandingkan di Olimpiade
04 March 2019 22:41 WIB
berita
Menpora Imam Nahrawi dalam jumpa pers bersama Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari dan Ketua NPC Senny Marbun. (Foto: TopSkor.id/Choirul Huda)
JAKARTA – Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 tinggal menghitung bulan. Tepatnya, berlangsung pada 9 September 2020.

Edisi ke-20 dari PON ini akan mempertandingkan 46 cabang olahraga (cabor) dan 766 nomor. Ini berdasarkan hasil akhir koordinasi dengan Panitia Besar (PB) PON.




Baca Juga :
- KONI Jabar Pastikan Atletnya Tak Ada Masalah di Luar Negeri karena Pandemi Covid-19
- Titel PON Papua Akan Diubah


Nah, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi ingin, beberapa cabor yang dipertandingkan di Olimpiade juga ada di PON. Selain itu, persyaratan tentang usia diharapkan diperhatikan.

Agar, senada dengan rencana pemerintah untuk memberikan ruang yang luas bagi atlet-atlet junior.


Baca Juga :
- BREAKING NEWS: Mandat Presiden, PON Papua Resmi Ditunda Tahun Depan
- Badai Corona Belum Berlalu, PON Papua Bisa Senasib dengan Olimpiade Tokyo


“Sport Olympic harus betul-betul jadi nomor satu. Penyelenggaran PON bukan semata-mata untuk PON saja. Melainkan dalam rangka untuk penjenjangan atlet junior,” kata Imam usai pertemuan dengan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Tono Suratman di kantornya, Selasa (4/3).

PON kali pertama diselenggarakan di Solo, Jawa Tengah, pada 1948 silam. Setelah itu, digilir pada daerah lainnya per edisi baik itu di pulau Jawa maupun luar.

Sepanjang sejarahnya, Papua merupakan provinsi kedua di kawasan Indonesia Timur yang jadi tuan rumah PON. Sebelumnya, dicapai Makassar, Sulawesi Selatan, pada edisi keempat (1957).

“PON harus jadi sarana atlet muda untuk lebih mengembangkan potensi dan prestasinya,” Imam mengungkapkan

“Sehingga, gagasan PON per dua tahun adalah sesungguhnya untuk melakukan percepatan atlet, infrastruktur, pengalaman penyelenggaraan provinsi, dan percepatan daerah penyelenggara.”***

news
Penulis
Choirul Huda
Juventini pemilik akun twitter dan instagram @roelly87