news
LIGA 1
Inilah Industri Sepak Bola, Persita Klub Pertama di Indonesia yang Menjadikan Brand sebagai Nama Stadion
28 January 2021 08:35 WIB
berita
Stadion Persita kini bernama Indomilk Arena/ Foto Media Persita
POIN utama untuk menjadi klub sepak bola profesional yang berorientasi bisnis adalah kepastian tempat berusaha. Ibarat pedagang, klub harus punya lapak tetap untuk berjualan.

Dengan kepastian tempat berjualan tersebut, klub bisa menjual apapun, baik itu menjual brand ataupun membuka usaha di stadion.




Baca Juga :
- Apparel Juara Hadirkan Berbagai Inovasi untuk Penjualan Jersi Persija di Tengah Pandemi
- Platform Esport Mobile Premier League Tunjuk Ridzki Syahputera jadi Country Head Indonesia


Persita Tangerang sudah melakukan langkah tersebut. Tim Pendekar Cisadane “telah menjual” nama stadion mereka dari Stadion Sport Center menjadi Indomilk Arena. Tentu, mengganti nama stadion ada nilai jualnya yang bisa menjadi pemasukan tetap untuk klub.

Pergantian nama stadion Persita diawali dengan peresmian kerja sama dengan salah satu perusahaan makanan dan minuman, PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (Indofood) melalui brand Indomie dan Indomilk.


Baca Juga :
- Pelatih Herry IP: Ada Harapan di Ganda Putra Indonesia, Hasilnya Mulai Kelihatan
- Ganda Putra Indonesia Tidak Capai Target, Pelatih Herry Ungkap Penyebabnya


Perubahan identitas stadion yang dilakukan Persita menjadi torehan sejarah tersendiri untuk Persita dan juga untuk sepak bola Indonesia.

Sebab sebelum Persita, belum ada stadion sepak bola di Indonesia yang menggunakan brand sponsor sebagai penamaan identitas.

Penamaan stadion dengan nama sponsor, tak asing dilakukan di industri sepak bola global.

Jejak yang diikuti Persita seperti Juventus dengan Allianz Stadium, Arsenal ada Emirates Stadium, dan Etihad Stadium, markas Manchester City.

Adapun kerja sama antara Pendekar Cisadane, julukan Persita, dan Indofood bersifat jangka panjang. Tahun 2021 jadi tahun kedua.

Sebelumnya, logo Indomilk dan Indomie telah terpampang pada jersi yang dikenakan Persita pada tahun 2020.

Terkait dengan perubahan penamaan markas menjadi Indomilk Arena, Direktur Komersial Persita, Evelyn Cathy, pun memberikan penjelasan.

"Kami sangat bangga dan senang bisa menjalin kerja sama dengan Indofood karena kehadirannya tentu membantu Persita meraih tujuan menjadi klub sepak bola yang dikelola secara profesional," ucapnya.

Sejak akhir 2018, Persita akhirnya kembali berkandang di Tangerang setelah beberapa saat sebelumnya sempat berpindah-pindah markas.

Setelah stadion di kawasan Sport Centre Kelapa Dua selesai dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang, Persita berbenah dan menempati markas baru tersebut per September 2018.

"Sejak awal, Persita memang bertekad untuk selalu menjadi pionir dalam banyak hal. Termasuk branding stadion bersama sponsor kami yaitu Indomilk dari Indofood yang menjadi momen penting untuk Persita dan juga sepak bola nasional," katanya lagi.

"Ke depannya, kami akan terus membenahi semua infrastruktur untuk semakin memperkuat kiprah Persita di industri sepak bola profesional," Evelyn Cathy menambahkan.

Selain itu, kehadiran branding Indomilk juga terdapat di bagian dalam stadion yaitu pada fasilitas bench pemain dan ofisial.

General Manager Marketing PT Indofood CBP Sukses Makmur, Vanda Ratana, mengungkapkan rasa senang dan bangga atas peresmian Indomilk Arena sebagai identitas baru stadion markas Persita.

"Indomilk secara konsisten berupaya mewujudkan generasi Indonesia yang sehat dan berprestasi," ucapnya.

"Kerja sama ini merupakan bentuk dukungan Indomilk bagi perkembangan generasi muda Indonesia secara positif, salah satunya melalui sepakbola,” Vanda menambahkan.

Sebagai tanda bergantinya identitas stadion, di bagian akses pintu masuk VVIP (Tribun Barat), telah terpasang logo Persita yang berdampingan dengan nama Indomilk Arena.*

R
Penulis
Rizki Haerullah