news
LIGA INGGRIS
Kompensasi Roman Abramovich untuk Para Pelatih Chelsea yang Dipecatnya: Berapa untuk Lampard?
25 January 2021 21:50 WIB
berita
KE-12 - Frank Lampard menjadi korban terbaru dari ambisi besar pemilik Chelsea, Roman Abramovich. Ia pelatih ke-12 Chelsea yang dipecat sejak pengambilahan klub London Barat oleh miliader Rusia itu (topskor.co/id/Twitter/B&RFootball).
STANDAR tinggi pemilik Chelsea, Roman Abramovich, kembali menelan korban, Frank Lampard, yang akhirnya dipecat pada hari Senin (25/1) sore setelah 1,5 musim memimpin skuat The Blues.

Kegagalan Lampard untuk mengejar tantangan gelar yang kredibel dan konsisten serta mendapatkan yang terbaik dari para pemain baru senilai £ 222 juta yang diperolehnya di musim panas lalu itu pun telah menyebabkan miliader asal Rusia tersebut hilang kesabaran.




Baca Juga :
- Manchester United vs Sheffield: Ole Gunnar Solskjaer Marah, "Gol Pertama Itu Pelanggaran"
- 'Juara Whoah?': Thomas Tuchel Menegaskan Peluang Chelsea Sudah Hilang


Nama Thomas Tuchel pun paling difavoritkan untuk mengambil alih kursi pelatih di Stamford Bridge. Pembicaraan dengan eks-pelatih Borussia Dortmund dan Paris Saint-Germain (PSG) itu telah diadakan selama akhir pekan.

Masalahnya, Lampard pergi dengan kontrak di bawah 18 bulan yang berarti Chelsea harus menyetujui paket kompensasi yang sesuai dengan pelatih 42 tahun itu, yang pada bulan Desember lalu membahas prospek kontrak baru.


Baca Juga :
- Manager Liverpool Jurgen Klopp Sebut Pemilik Chelsea Bukan Orang yang Paling Sabar di Dunia
- Thomas Tuchel Memimpin Latihan Chelsea untuk Pertama Kalinya Menjelang Pertandingan Melawan Wolves


Seperti kita ketahui, ini bukan pertama kalinya Roman Abramovich tidak ragu untuk memecat seseorang pelatih dan kemudian menggantinya dengan yang jauh lebih berpengalaman demi meraih kejayaan di klub London Barat itu.

Yang pasti, keinginan Abramovich untuk menjadi hebat itu tidak hanya membuatnya merugi besar di lantai bursa transfer, mengingat pengeluaran untuk Chelsea sejak pengambilalihannya telah mencapai £ 1,3 miliar, tetapi juga dalam urusan pesangon.

Dalam waktu 12 bulan setelah didatangkan ke Stamford Bridge, aksi Abramovich untuk melepaskan Claudio Ranieri membuatnya kehilangan £ 6 juta.

Kepergian Jose Mourinho yang dramatis pada 2007, dengan pelatih asal Portugal itu masih terikat kontrak, setara dengan kompensasai £ 23,1m.

Kasus hukum yang berkepanjangan membuat Chelsea membayar £ 26,6 juta untuk kompensasi kepada Antonio Conte, para staf pelatihnya yang berjumlah cukup besar, dan proses hukum untuk mencapai kesepakatan itu.

Roman Abramovich selamat karena tidak harus membayar Maurizio Sarri setelah pelatih asal Italia itu dipekerjakan oleh Juventus, tetapi secara total, ia telah membayar hingga £ 110,5 juta - sekitar Rp2,1 triliun - untuk memecat para pelatihnya.

Lalu, bagaimana dengan Frank Lampard? Berapa kira-kira kompensasi yang akan diterimanya, mengingat kontraknya belum berakhir.

Spekulasi yang beredar menyebutkan angka £ 8-10 juta pound. Dengan begitu, nilai kompesasi yang dibayarkan Roman Abramovich akan genap menjadi £ 120 juta.

Nilai Kompensasi untuk Para Pelatih Chelsea pada Era Roman Abramovich

Frank Lampard (Januari 2021):?

Maurizio Sarri (Juli 2019): Tidak ada

Antonio Conte (Juli 2018): total biaya £ 26,6 juta (£ 9 juta untuk Conte)

Guus Hiddink (Mei 2016): Tidak ada

José Mourinho (Des 2015): £ 8,3 juta (untuk Mou dan stafnya)

Rafael Benítez (Mei 2013): Tidak ada

Roberto Di Matteo (Nov 2012): £ 10,7 juta

André Villas-Boas (Maret 2012): £ 12 juta

Carlo Ancelotti (Mei 2011): £ 6 juta

Luiz Felipe Scolari (Feb 2009): £ 12,6 juta

Avram Grant (Mei 2008): £ 5,2 juta

José Mourinho (Sept 2007): £ 23.1m (untuk Mou dan stafnya)

Claudio Ranieri (Mei 2004): £ 6 juta

TOTAL: £ 110,5 juta

N
Penulis
Nurul Ika Hidayati