news
LIGA SPANYOL
Sergio Aguero "Dalam Bidikan" Barcelona: Alat Politik Para Kandidat Presiden Klub?
24 January 2021 12:15 WIB
MINGGU-minggu penting akan datang di Barcelona.

Pertandingan sistem gugur melawan Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions sudah di depan mata, begitu pula penentuan masa depan politik klub Catalan tersebut.




Baca Juga :
- Manchester United vs Sheffield: Ole Gunnar Solskjaer Marah, "Gol Pertama Itu Pelanggaran"
- PSG Terus Dekati Messi, Koeman: Saya Tertarik pada Neymar dan Mbappe


Dengan tidak adanya pemegang otoritas resmi, ditambah krisis ekonomi klub akibat pandemi virus corona, Barca mencoba untuk "memancing" beberapa tokoh-tokoh besar yang kemungkinan menganggur musim panas nanti.

Selain nama bek Eric Garcia (Manchester City), penyerang Memphis Depay (Lyon) dan gelandang Georginio Wijnaldum (Liverpool), dalam beberapa jam terakhir sebuah opsi muncul di panggung yang dipercaya benar-benar akan merusak pasar.


Baca Juga :
- Messi dan Keluarganya Belajar Bahasa Prancis, Isyarat Pindah ke PSG Makin Kuat
- Jurnalis Canal+ Punya Informasi Valid Tentang Pilihan Lionel Messi Saat Kontraknya Berakhir


Menurut Mundo Deportivo, Sergio “Kun” Aguero ditawarkan kepada beberapa calon presiden Barcelona.

Striker timnas Argentina itu, meski merupakan pencetak gol terbanyak Manchester Citu, tidak lagi memperlihatkan performa bagus untuk klub Liga Premier itu sejak akhir musim lalu.

Dia menghadapi begitu banyak masalah cedera, dan sekarang bahkan harus menjalani isolasi karena positif terjangkit virus corona. Gajinya juga terbilang paling tinggi di skuad The Citizens,

Aguero juga bukan lagi striker pilihan pertama Pep Guardiola, yang belakangan lebih condong memainkan Gabriel Jesús dan kini sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk menyewa penyerang terkenal lainnya.

Yang menarik, Aguero akan menyelesaikan beberapa isu untuk Barca, yang sangat kehilangan sosok penyerang seperti Luis Suarez yang pindah ke Atlético Madrid.

Ronald Koeman telah mencoba berbagai varian: Antoine Griezmann ataupun Martin Braithwaite di barisan depan, tetapi tanpa hasil yang meyakinkan.

Selain itu, Aguero bisa menjadi alat mempertahankan Lionel Messi di Camp Nou, yang terikat kontrak hingga Juni tahun ini dan belum memutuskan apakah dia akan bertahan atau menerima proposal dari luar negeri, seperti PSG atau Manchester City.

Meskipun Sergio Aguero dianggap memiliki konsensus besar di antara para kandidat yang berpeluang mengambil alih kekuasaan di tim Catalan, Mundo Deportivo menekankan bahwa itu juga akan menjadi kunci bagi penyerang asal Argentina itu untuk menurunkan nilai gajinya.

Sejauh musim ini, pemain binaan Independiente itu baru memainkan 9 pertandingan (tiga kali starter) dan menyumbang dua gol (melawan Porto dan Marseille).

Isolasi Covid

Pep Guardiola terpaksa tidak bisa memainkan Sergio Aguero yang dinyatakan positif Covid-19 setelah terpapar kontak dengan pasien corona. Saat ini sudah 11 hari lamanya striker 32 tahun itu mengisolasi dirinya.

“Setelah mengisolasi diri saya karena kontak dekat, tes terakhir menunjukkan bahwa saya positif Covid. Saya memiliki beberapa gejala dan saya mengikuti instruksi dokter untuk pulih. Untuk menjaga diri sendiri," Aguero melaporkannya dari akun Twitter-nya.

Aguero sudah bersiap tampil melawan Birmingham di Piala FA pada 10 Januari, tapi harus dipisahkan dari skuad beberapa jam sebelumnya setelah diketahui bahwa dia telah menjaga hubungan dekat dengan pengidap corona.

Sebelas hari setelah duel itu, Pep Guardiola sempat merespon masalah itu dalam beberapa jam terakhir dan mengingatkan bahwa dirinya tidak tahu berapa lama waktu isolasi yang tersisa dari sang striker.

Aguero memainkan pertandingan terakhirnya pada 3 Januari dalam kemenangan 3-1 atas Chelsea pada matchday 17 Premier League. Masuk selama menit-menit terakhir menggantikan Kevin De Bruyne.

Parahnya lagi Aguero belum mencetak gol sejak 21 Januari 2020, lawan Sheffield United. Artinya, sudah setahun lamanya dia tidak menyumbang gol liga.

Selain itu, dengan kontrak yang akan berakhir pertengahan tahun, Aguero sekarang diizinkan untuk berbicara dengan klub lain dengan tujuan untuk masa depan.

Terlepas dari isu Barca menginginkannya mempertahankan sohibnya Lionel Messi di Camp Nou, di sisi lain, Aguero dalam perjalanan untuk masuk ke 3 besar pencetak gol terbanyak Liga Premier. Meninggalkan Inggris berarti menghentikan rekornya di liga paling kompetitif di planet ini.

N
Penulis
Nurul Ika Hidayati