news
UMUM
Pengalaman Melatih Klub Wanita Australia Menantang Rudy Eka untuk Cetak Sejarah bersama Timnas Wanita Indonesia
24 January 2021 10:05 WIB
berita
Pelatih timnas wanita Indonesia Rudy Eka saat melatih tim putri Safin Pati Football Academy Putri/ Foto SPFA
PELATIH muda potensial Rudy Eka Priyambada resmi ditunjuk menjadi pelatih kepala timnas wanita senior.

Penunjukkan ini berdasarkan rekomendasi dari hasil seleksi yang dilakukan oleh Direktur Teknik dan tim teknis PSSI.




Baca Juga :
- Timnas Wanita Indonesia Akan Gelar TC Jangka Panjang di Pati
- Shin Tae-yong Memberikan Tingkatan Denda di Timnas U-19 Indonesia


Tim Teknik PSSI melakukan serangkaian seleksi dan telah mendengarkan pemaparan program dan rencana jangka panjang timnas wanita.

Pelatih berusia 38 tahun ini pun bersyukur setelah ditetapkan menjadi pelatih. “Saya merasa bersyukur mendapat kepercayaan dari PSSI untuk menjadi pelatih timnas wanita senior. Rasa bangga dan bahagia karena saya dapat mengemban tugas baru, setelah beberapa tahun belakangan saya hanya menjadi kandidat saja” udap Rudy Eka


Baca Juga :
- Rapat Exco PSSI Bahas Tiga Agenda Penting, Satu Topik Paling Dinanti
- PSG Pati Hadirkan Tim Esports Pertama dari Liga 2


Rudy menjanjikan kepercayaan yang diberikan tidak akan disia-siakan. Terlebih pelatih pemilik lisensi AFC Pro ini memiliki tugas penting dalam mempersiapkan skuat timnas wanita senior ke depannya.

Tahun 2021 ini, timnas wanita senior memiliki sejumlah agenda di level internasional.  Dari jadwal yang ada, jika tidak ada perubahan, ada kualifikasi AFC Womens Asian Cup 2021 yang berlangsung 13-25 September 2021, serta ajang SEA Games 2021 pada 15 November-1 Desember 2021.

“Saya bersyukur diberi kepercayaan ini. Program kerja pertama ada beberapa tahap. Dimulai dengan perekrutan staf, pemain, hingga uji coba dan pemusatan latihan (TC) jangka panjang,” kata Rudy Eka Priyambada, Sabtu (23/1/2021) malam.

Mengenai ketertarikannya untuk menangani timnas wanita, mantan pelatih PS Tira di ajang Liga 1 itu mengatakan bermula dari informasi lowongan posisi pelatih kepala di timnas wanita.

Dengan lisensi AFC Pro dan punya pengalaman menangani tim senior, Rudy Eka pun akhirnya memutuskan untuk mencoba melamar. “Saya dites oleh PSSI dimana ada coach Danurwindo,  coach Indra Sjafri dan beberapa pelatih berpengalaman lainnya,” ucap mantan pelatih klub Al Najma di Liga Bahrain itu.

Dia menambahkan, passion-nya di sepak bola menjadikannya begitu termotivasi mengikuti seleksi untuk menjadi pelatih timnas wanita. Terlebih dia juga sempat menjadi juru taktik di klub sepak bola wanita di Australia.

“Bagi saya, membela bangsa adalah wajib hukumnya. Dan ini juga impian semua pelatih. Saya pribadi juga tertantang untuk menciptakan sejarah bersama tim sepak bola wanita,” ucap Pria yang juga menjabat CEO Safin Pati Football Academy (SPFA) itu.*

R
Penulis
Rizki Haerullah