news
LIGA SPANYOL
64 Jam yang Membuat Kesal Ronald Koeman
23 January 2021 18:05 WIB
berita
LATIHAN - Pelatih Ronald Koeman (kedua dari kiri) tampak memberikan instruksi sebelum sesi latihan skuat Barcelona pada hari Sabtu (23/1). Barca akan menghadapi Elche di LaLiga pada hari Minggu besok (topskor.co.id/Twitter/FCBarcelona).
APA yang paling mengganggu Ronald Koeman tentang pertandingan Copa del Rey melawan Cornella pada hari Kamis (21/1), bukanlah dua penalti yang dilewatkan oleh Miralem Pjanic dan Ousmane Dembele.

Pelatih Barcelona asal Belanda itu merisaukan ulah timnya yang membuat masalah sendiri dengan terpaksa memainkan perpanjangan waktu ketiga berturut-turut dalam seminggu, yang jelas menguras secara fisik dan emosional.




Baca Juga :
- Jurnalis Canal+ Punya Informasi Valid Tentang Pilihan Lionel Messi Saat Kontraknya Berakhir
- Barcelona di Puncak Daftar Pendapatan Klub yang Anjlok Setelah Pandemi


Antara tanggal 14 hingga 22 Januari lalu, Lionel Messi dan kawan-kawan harus bermain lebih dari waktu normal: vs Real Sociedad (semifinal Piala Super Spanyol) dan vs Athletic Club (final Piala Super Spanyol) serta Cornella (Copa del Rey). 

Sementara, pada akhir pekan ini, hari Minggu (24/1), mereka akan menghadapi Elche di LaLiga. Jika sampai kehilangan poin di laga tandang ini, Barca akan semakin tertinggal jauh dari Atletico Madrid (44) dan Real Madrid (37).


Baca Juga :
- Laporan Keuangan Tahunan Barcelona: Utang Capai Rp20 Triliun, Batas Pelunasan Tanggal 30 Juni
- PSG Ajukan Tawaran Menggiurkan kepada Sergio Ramos: 15 Juta Euro Per Tahun


Secara keseluruhan, Barca telah memainkan 27 pertandingan resmi (18 di Liga, 6 di Liga Champions, 2 di Piala Super Spanyol, dan satu di Copa del Rey) dalam waktu kurang dari empat bulan.

Sialnya, sepanjang jalan, para pemain skuat utama pun berjatuhan: Gerard Pique, Ansu Fati, Sergi Roberto, dan Philippe Coutinho. Bek Sergio Dest pun akhirnya terkapar lantaran cedera di Cornella.

Karena kurangnya pasukan, Koeman terpaksa memaksakan starter seperti Clement Lenglet, Ronald Araujo, Antoine Griezmann, dan bahkan Busquets, Dembele, ataupun Pedri.

Yang ironisnya Araujo juga harus mengakhiri pertandingan itu dengan kondisi siku terkilir, yang jelas akan menghadirkan masalah baru di barisan pertahanan.

Ronald Koeman sebenarnya sudah beberapa kali mengeluhkan tentang jadwal musim ini, karena pada akhirnya problem cedera bisa menjadi musuh terakhir Barca.

Terkait jadwal itu, yang merisaukan jelas masalah waktu istirahat bagi para pemain.

Pertandingan melawan Cornella berakhir pada tengah malam dan Barca bermain di Elche pada sore hari, pukul 16:15 waktu setempat setelah sebelumnya telah berulang kali memainkan pertandingan pada pukul 21:00 musim ini.

Bisa dibilang Barca merupakan skuat paling bekerja keras musim ini. Mereka praktis hanya akan memiliki waktu 64 jam istirahat sebelum pertandingan melawan Elche. Parahnya lagi Messi absen di laga ini karena skorsing kartu merah.

Sementara, jadwal pertandingan tidak lantas berhenti. Setelah Elche itu, Athletic Club sudah menantikan Barcelona di LaLiga, tim yang satu pekan lalu mengalahkan mereka di final Piala Super Spanyol.

Mengingat manajemen Camp Nou telah menegaskan bahwa klub tidak melakukan perekrutan pemain di jendela transfer Januari ini, artinya Ronald Koeman harus bertahan dengan timnya yang sekarang.

N
Penulis
Nurul Ika Hidayati