news
LIGA INTERNASIONAL
Santi Cazorla: Xavi Bisa Saja Melatih Barcelona Besok!
23 January 2021 16:40 WIB
berita
PELATIH TOP - Pesepak bola Spanyol, Santi Cazorla menyakini mantan rekan setimnasnya, Xavi Hernandes, memiliki kemampuan sebagai seorang pelatih top. Keduanya bersatu kembali di klub Qatar, Al-Sadd (topskor.co.id/Twitter/AsianFootball).
SANTI Cazorla telah diakui sebagai salah satu talenta kreatif terbaik di sepak bola Spanyol, tapi dia mengejutkan banyak orang ketika dia memutuskan meninggalkan Villarreal untuk bergabung dengan Xavi di Qatar bersama Al-Sadd.

Berbicara dalam wawancara eksklusif dengan Diario AS, Cazorla berbicara dengan antusias soal bakat Xavi sebagai pelatih dan bahwa dia yakin temannya itu siap untuk mengambil alih kursi kepelatihan Barcelona.




Baca Juga :
- Messi dan Keluarganya Belajar Bahasa Prancis, Isyarat Pindah ke PSG Makin Kuat
- Jurnalis Canal+ Punya Informasi Valid Tentang Pilihan Lionel Messi Saat Kontraknya Berakhir


“Ketika dia pensiun dia mengambil kursus, dia mulai menyukainya dan dia kemudian memutuskan untuk menekuninya,” kata Cazorla tentang Xavi.

“Dia jadi teladan bagi saya dalam hal itu, fakta bahwa dia menunggu sebelum benar-benar memutuskan langkahnya.”


Baca Juga :
- Kapten Arsenal Bicara soal Pelatih Baru Chelsea: Tuchel Agak Gila, seperti Saya, Tapi Gayanya Mirip Guardiola
- Real Madrid Lupa Cara Mencetak Gol, Raihan Gol Terburuk di Lima Liga Top Eropa


“Begitu saya pensiun suatu hari nanti, saya ingin memiliki sikap yang sama. Xavi sangat memenuhi syarat untuk menjadi seorang pelatih. Bisa dibilang dia bisa melatih Barcelona besok!”

“Saya pikir dia sudah siap. Dia tahu para pemain dengan baik, dia tahu bagaimana memperlakukan mereka. Dia memiliki pengalaman bermain sampai saat ini sehingga tahu bagaimana cara memeras yang terbaik dari mereka, meskipun tidak masalah bagaimana Anda bermain jika Anda tidak menang."

Cazorla juga menegaskan pada apa yang dia yakini membuat Xavi menonjol karena memiliki bakat menjadi pelatih top.

"Kepribadiannya," jawab mantan gelandang Arsenal itu. “Xavi memiliki ide yang sangat jelas. Dia berasal dari akademi Barcelona dan dia selalu menjadi penggemar menyerang dengan bola dan mati dengan (ide itu).”

“Dia lebih suka mengambil risiko, keluar dari belakang dengan bola, menanamkan cara melihat sepak bola dalam diri kami. Dia seorang pemimpin sebagai pemain sekaligus pelatih, dan dia menyampaikan pesannya, yang jelas sulit dilakukan.”

“Jika seorang pelatih tidak bisa menyampaikan pesannya di ruang ganti, itu akan sangat sulit untuk meraih hasil yang memuaskan."

Xavi Hernandes telah lama dipandang sebagai sosok potensial seperti layaknya Pep Guardiola di Barcelona, ??seseorang yang bisa datang ke klub dan menegaskan kembali identitas yang ditanamkan oleh klub Catalan tersebut semasa dia duduk di bangku cadangan Camp Nou.

Merupakan salah satu pesepak bola paling berprestasi sepanjang masa, sejumlah penghargaan yang berhasil diraih Xavi Hernandes adalah delapan gelar LaLiga, empat Liga Champions, dua Piala Eropa, dan satu trofi Piala Dunia.

Barcelona sedang mengalami pasang surut saat ini, terpesona oleh Atletico Madrid di kompetisi dalam negeri, dan dibayangi oleh krisis identitas dan krisis finansial. Utang klub membengkak tak karuan.

Victor Font, salah satu kandidat presiden klub dalam pemilihan yang akan datang, berjanji akan mendatangkan Xavi sebagai pelatih Barcelona. Jika prediksi Santi Cazorla itu benar, dia bisa menjadi orang yang tepat untuk menyelamatkan mereka.

N
Penulis
Nurul Ika Hidayati