news
MOTOGP
Harapan Alex Rins, Ambil Status Juara MotoGP dari Joan Mir
22 January 2021 06:30 WIB
berita
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins menargetkan status yang saat ini disandang oleh rekan setimnya, Joan Mir.-TopSkor.Id/Istimewa-
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins menargetkan status yang saat ini disandang oleh rekan setimnya, Joan Mir.

Ya, Rins sangat berambisi untuk merebut gelar juara dunia MotoGP tahun ini. Tentu saja bukan perkara mudah, namun rider asal Spanyol tersebut yakin mampu melakukannya.




Baca Juga :
- Honda Optimis Marquez Bisa Pulih Tepat Waktu dan Berpartisipasi di Kejuaraan MotoGP 2021
- Hasil Musim Lalu Bikin Valentino Rossi Diragukan di Kejuaraan MotoGP yang Akan Datang


Sepanjang MotoGP 2020, Rins terbilang cukup kompetitif. Ia sukses meraih total empat podium dengan satu di antaranya berujung kemenangan dan menutup musim di posisi ketiga.

Uniknya lagi, Rins berhasil menjejak ke podium pada balapan yang seluruhnya berlangsung di Spanyol, yakni MotoGP Catalunya (3), Aragon (1), Teruel (2) serta Europa (2).


Baca Juga :
- Waduh, Ternyata Ini yang Membuat Dovizioso Putus Asa di Ducati
- Johann Zarco Buka Peluang Hijrah ke WorldSBK


Akan tetapi, ia juga terpaksa harus melewatkan satu race di negaranya, yakni GP Spanyol, yang jadi putaran pembuka musim. Ini akibat dirinya mengalami cedera akibat latihan bebas.

Yang pasti, MotoGP 2020 merupakan musim terbaik Rins sejak melakoni debutnya dalam kelas premier ajang Kejuaraan Dunia Balap Motor pada 2017 lalu bersama Suzuki.

Sebelum itu, pencapaian terbaik pembalap kelahiran Barcelona itu terjadi pada 2019, di mana Rins mampu mengakhiri musim di peringkat keempat dengan raihan dua podium.

"Saya nyaris mendapatkannya (gelar) tahun lalu, namun pada akhirnya gagal. Kini, saya siap untuk bersaing lagi (menjadi juara dunia)," kata Rins kepada Motorsport-total.com.

Mengenai ketidakpastian yang tengah dihadapi kalender MotoGP tahun ini dan kemungkinan terjadinya penundaan, pembalap 25 tahun tersebut cukup santai menanggapinya.

Ia mengaku tak memikirkan hal itu. Rins hanya ingin fokus penuh pada performanya. Baginya, yang terpenting adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjalani musim.

"Saya sepenuhnya bersiap untuk menghadapi balapan pertama di Qatar (28 Maret 2021) dan jika situasinya tak memungkinkan, saya akan tetap berlatih," kata Rins.

"Saya ingin terus membuat diri saya kuat dan makin siap untuk menghadapi apa yang mungkin terjadi dan harus dihadapi ke depannya," ujar sang rider menambahkan.

Meski musim baru mungkin akan berjalan seperti tahun lalu, Rins tak mau isu itu mengganggu persiapannya untuk bisa menjadi juara dunia. Ia tampaknya telah belajar dari pengalaman.

 

I
Penulis
Igor Hakim