news
LIGA INTERNASIONAL
Pochettino Harus Lakukan Perubahan Besar untuk Mengadaptasi Dele Alli jika PSG Capai Sepakat dengan Spurs
19 January 2021 20:35 WIB
berita
TERULANG - Suasana akrab antara Dele Alli (kiri) dan Mauricio Pochettino saat masih di skuat Tottenham yang terekam dalam gambar ini kemungkinan akan terulang lagi jika gelandang Inggris itu jadi pindah ke Parc des Princes, markas PSG (topskor.co.id/Twitter/DeleAlli).
DELE Alli sekali lagi menjadi berita utama pada akhir pekan ini karena pembicaraan tentang kemungkinan dia cabut dari Tottenham Hotspur makin intensif menyusul ketidakhadirannya dalam kemenangan 3-1 atas Sheffield United.

Jadi pemain pengganti yang tidak digunakan empat hari sebelumnya dalam hasil imbang 1-1 melawan Fulham, Jose Mourinho bahkan tidak menyebutkan nama sang gelandang di matchday ke-20 untuk lawatan ke South Yorkshire.




Baca Juga :
- Manchester United vs Sheffield: Ole Gunnar Solskjaer Marah, "Gol Pertama Itu Pelanggaran"
- PSG Terus Dekati Messi, Koeman: Saya Tertarik pada Neymar dan Mbappe


Sebaliknya, justru Gedson Fernandes yang akan dikembalikan ke Benfica, lebih awal dari masa pinjaman selama 18 bulan, yang masuk dalam daftar pemain cadangan Mourinho.

Setidaknya, Alli bukan satu-satunya nama yang hilang, karena Harry Winks, Japhet Tanganga dan Matt Doherty juga ditinggalkan saat anggota skuat Spurs lainnya melakukan perjalanan ke Bramall Lane.


Baca Juga :
- Messi dan Keluarganya Belajar Bahasa Prancis, Isyarat Pindah ke PSG Makin Kuat
- Waduh! Baru Diangkat, Marina Langsung Beri Tugas Berat untuk Thomas Tuchel


Mourinho sudah memastikan Winks akan hengkang bulan ini menyusul minimnya kesempatan pemain itu bersama tim utama. Tetapi, pelatih Portugis itu tidak melakukan hal serupa dengan Alli jelang pertandingan lawan The Blades.

Ketika ditanya apakah klub akan mengizinkan pemainnya itu untuk pindah meskipun klub tidak mendatangkan siapa pun sebelum batas waktu transfer pada hari Senin, 1 Februari, Mourinho tidak mengatakan apa pun yang dia inginkan.

"Ini bukan pertanyaan yang membuat saya nyaman untuk menjawabnya," kata pria berusia 57 tahun itu.

"Tentu sajam saya ingin tahu bagaimana menjawab Anda, tetapi saya belum siap menjawab, saya belum siap untuk mempublikasikan visi saya tentang situasi ini. Saya minta maaf tentang itu, tetapi saya tidak akan menjawabnya.”

Isu transfer Alli ke Paris Saint-Germain (PSG) belakangan ini makin menguat setelah Mauricio Pochettino menggantikan Thomas Tuchel di kursi kepelatihan tim tersebut. Dan, kemungkinan PSG akan mengajukan opsi pinjaman.

Lalu, bagaimana Alli akan cocok di Parc des Princes jika dia bergabung dengan klub Ligue 1 dalam 13 hari ke depan?

Tentunya tidak ada jaminan Alli akan langsung menjadi starter reguler di bawah mantan pelatihnya di London Utara itu, mengingat banyaknya pilihan yang dia miliki.

Pochettino diuntungkan dengan banyak pilihan kualitas baik di lini tengah dan barisan serangan, yang berarti sejumlah bintangnya harus rela duduk di bangku cadangan.

Saat Tuchel di Paris, dia bereksperimen dengan berbagai formasi untuk menemukan formula terbaik untuk mendapatkan komposisi terbaik dari skuat PSG.

Memilih 4-2-3-1 dan juga 4-4-2 selama tahun pertamanya bekerja, pelatih asal Jerman itu lalu mengubahnya dengan 4-3-3 dan terbukti sukses.

Pochettino melakukan hal itu dalam beberapa pertandingan pertamanya, dengan Kylian Mbappe, Angel Di Maria dan Moise Kean dimainkan untuk memimpin lini depan saat Neymar absen.

Namun, dalam dua pertandingan terakhir melawan Marseille dan Angers, Pochettino kembali beralih ke formasi 4-2-3-1 favoritnya yang ia kuasai di Tottenham.

Spurs mendapatkan begitu banyak kegembiraan dari kepelatihan Pochettino dalam lima setengah tahun di London Utara, terutama untuk Alli.

Di dua musim pertama Pochettino di White Hart Lane, kandang yang lama, Alli mencetak sejumlah gol penting, setelah membentuk kemitraan yang mematikan dengan Harry Kane, dengan bermain tepat di belakang striker Inggris itu.

Pemain 24 tahun itu tidak hanya terbatas di peran sentral itu juga karena Pochettino sering kali pula memaksimalkannya di sayap kiri Spurs.

Dalam kemenangan tipis 1-0 di Angers, PSG, yang didampingi Jesus Perez karena Pochettino harus isolasi akibat positif Covid, memilih Kean di depan, sedangkan Mbappe, Neymar dan Di Maria tepat di belakang mantan striker Everton itu.

Di tengah spekulasi kepindahan Dele Alli ke PSG dan perpanjangan waktu permainannya mulai Februari dan seterusnya, seleksi tim PSG menyoroti bahwa dia akan bertarung dengan Neymar dan Mbappe untuk mendapatkan peran No.10.

Opsi lain adalah menggunakan Alli sedikit lebih dalam di peran lini tengah jika Pochettino memilih kembali ke formasi 4-3-3 yang dia gunakan dalam dua pertandingan pertamanya sebagai pelatih raksasa Prancis tersebut.

Marco Verratti, Leandro Paredes, Ander Herrera, Idrissa Gana Gueye dan Julian Draxler adalah para pesaing Dele Alli untuk posisi di lini tengah.

N
Penulis
Nurul Ika Hidayati