news
LIGA 1
Klub Rugi Finansial, Persebaya Minta PSSI dan LIB Tegas Hentikan Kompetisi 2020
15 January 2021 21:15 WIB
berita
Manajer Persebaya Chandra Wahyudi/ Foto Persebaya
OPERATOR kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan para perwakilan klub Liga 1 2020 menggelar pertemuan virtual pada Jumat (15/1/2020) pagi.

Pada rapat yang berlangsung pukul 10.00-11.30 WIB itu, seluruh peserta klub Liga 1 2020 diberikan kesempatan untuk menyampaikan usulan.




Baca Juga :
- Timnas Wanita Indonesia Akan Gelar TC Jangka Panjang di Pati
- Pengalaman Melatih Klub Wanita Australia Menantang Rudy Eka untuk Cetak Sejarah bersama Timnas Wanita Indonesia


Utamanya, terkait kompetisi musim 2020 yang sudah vakum hampir 10 bulan lamanya sejak Maret lalu.

Mayoritas perwakilan klub yang hadir dalam rapat virtual tersebut mengusulkan kompetisi musim 2020 dihentikan secara total dan memulai musim baru 2021.


Baca Juga :
- Shin Tae-yong Memberikan Tingkatan Denda di Timnas U-19 Indonesia
- Urung Ujicoba di Spanyol, Timnas U-19 Indonesia Pulang Besok


Salah satunya Persebaya Surabaya. Klub berjulukan Bajul Ijo tersebut tegas mengusulkan kompetisi musim 2020 dihentikan secara total agar klub tak lagi dijanjikan lanjutan kompetisi yang sulit digelar dalam waktu dekat.

"Sudah lebih dari sepuluh bulan kami berada dalam situasi tidak pasti. PSSI dan LIB menjanjikan kompetisi musim 2020 lanjut, tapi sampai sekarang tidak bisa berjalan. Lebih baik diputuskan berhenti saja," kata Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, dalam keterangan resmi yang diterima Skor.id, Jumat (15/1/2021) .

Dilanjutkan Candra, kepastian status kompetisi memang sangat penting bagi klub untuk menentukan sikap kepada pemain, pelatih, ofisial, dan sponsor.

Sekaligus, menghentikan kerugian finansial yang dialami klub sejak dihentikannya kompetisi.

"Lebih baik kita menatap musim baru. Tapi, sebelum itu, PSSI dan LIB harus bisa mendapatkan izin dari kepolisian. Kalau belum ada izin, jangan bicara kompetisi dulu," Candra menambahkan.

Setelah mendapatkan masukan dari klub, selanjutnya PT LIB akan meneruskan usulan tersebut kepada PSSI.

Otoritas sepak bola Indonesia itulah yang nantinya akan memutuskan apakah kompetisi musim 2020 dilanjutkan atau berhenti.

Usulan-usulan yang disampaikan dalam pertemuan tersebut nantinya akan menjadi landasan untuk rapat Exco PSSI yang rencananya digelar Rabu (20/1/2021).

Dalam rapat Exco PSSI itu nantinya akan muncul keputusan soal kepastian kompetisi Liga 1, 2, dan 3 2020.*FURQON AL FAUZI

R
Penulis
Rizki Haerullah