news
MOTOGP
Kabar Baik, KTM Bakal Terus di MotoGP hingga Lima Tahun ke Depan
15 January 2021 06:45 WIB
berita
KTM secara resmi telah mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Dorna Sports di MotoGP sampai lima tahun ke depan alias hingga 2026.-TopSkor.Id/KTM_Racing-
MUNDERFING - KTM secara resmi telah mengumumkan perpanjangan kontrak dengan Dorna Sports di MotoGP sampai lima tahun ke depan alias hingga 2026.

Kesepakatan antara KTM dan Dorna Sports sebenarnya telah tercapai saat event MotoGP Austria di Red Bull Ring pada Agustus 2019 lalu. Namun pengumuman resmi baru dilakukan Rabu (13/1/2021) hari ini.




Baca Juga :
- Honda Optimis Marquez Bisa Pulih Tepat Waktu dan Berpartisipasi di Kejuaraan MotoGP 2021
- Hasil Musim Lalu Bikin Valentino Rossi Diragukan di Kejuaraan MotoGP yang Akan Datang


KTM mengawali kiprah di kejuaraan dunia balap motor Grand Prix dengan pertama kali terjun di kelas Moto3 musim 2012. Lima tahun kemudian, mereka melebarkan sayap ke kategori Moto2 pada 2017.

Dalam musim yang sama itu pula, KTM mulai menginjakkan kakinya di kelas premier MotoGP. Dan hanya butuh waktu empat tahun, mereka sukses memetik buah hasil kerja keras. Tiga kemenangan berhasil dikemas sepanjang MotoGP 2020.


Baca Juga :
- Waduh, Ternyata Ini yang Membuat Dovizioso Putus Asa di Ducati
- Johann Zarco Buka Peluang Hijrah ke WorldSBK


Berawal dari kemenangan Brad Binder di Brno, kemudian dilanjutkan Miguel Oliveira yang berjaya merebut podium tertinggi di Styria dan Portimao. KTM bahkan juga mengoleksi tiga pole position (Pol Espargaro 2x, Oliveira 1x).

“Saya sangat senang dapat mengumumkan kontrak lima tahun baru ini dengan Dorna,” kata Direktur Motorsport KTM, Pit Beirer, pada rilis resmi.

“Saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih kepada Dorna secara khusus dan Carmelo Ezpeleta, serta seluruh timnya karena kami sudah menjalani empat tahun yang hebat bersama dan mereka adalah mitra yang sangat profesional dalam olahraga penting ini.

“Hanya dalam beberapa musim kami telah menempatkan proyek ini di atas dasar yang sangat kokoh, jadi ini adalah langkah positif untuk melanjutkan keterlibatan kami di MotoGP hingga 2026.”

KTM mencicipi podium perdana di kelas premier berkat raihan finis ketiga Espargaro saat balapan basah di MotoGP Valencia 2018. Berselang dua tahun, tim sukses merebut kemenangan lewat dua pembalap berbeda, Binder dan Oliveira.

Mengklaim peringkat keempat pada klasemen akhir konstruktor, KTM diyakini bakal menorehkan lebih banyak lagi progress di Grand Prix, bersama disipling penting lainnya, seperti Reli, MXGP, Enduro serta AMA Supercross dan Motocross.

“Kami sangat puas dengan pembaruan (kontrak) KTM karena tidak hanya mereka adalah mitra yang luar biasa, tetapi karena mereka juga memilih platform FIM Kejuaraan Dunia MotoGP sebagai alat pemasaran yang mereka anggap ideal untuk produk mereka,” tutur CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

“Ini bukan hanya kabar baik untuk kejuaraan, namun juga untuk olahraga kami, berkat keterlibatan mereka di ketiga kategori balapan tersebut.

“Perpanjangan ini memuncaki musim epik tahun lalu dengan tiga kemenangan di kelas MotoGP - satu kemenangan dari Brad Binder di Grand Prix Ceko dan dua kemenangan bersejarah oleh Miguel Oliveira, yang pertama di Styria dan yang terakhir di Grand Prix rumahnya di Portugal, membuktikan pencapaian mereka dalam kategori motor paling menuntut.”

I
Penulis
Igor Hakim