news
MOTOGP
Sayang Sekali, Tes GP Sepang Bulan Depan Terpaksa Ditiadakan
14 January 2021 07:00 WIB
berita
Jadwal tes uji coba yang seharusnya berlangsung selama enam hari di Sepang 19-21 Februari nampaknya terpaksa dibatalkan.-TopSkor.Id/Istimewa-
Jadwal tes uji coba yang seharusnya berlangsung selama enam hari di Sepang 19-21 Februari nampaknya terpaksa dibatalkan.

Pihak MotoGP dilaporkan telah bekerja sama dengan otoritas Malaysia untuk meringankan pembatasan tes virus corona saat para personel paddock memasuki Negeri Jiran.




Baca Juga :
- Tes MotoGP Sepang Dibatalkan, Begini yang Kata Alex Rins
- MotoGP Malaysia 2021 Masih Tanda Tanya


Kendati ada lonjakan kasus di negara-negara Eropa yang disebabkan varian baru Covid-19, tes pramusim Sepang tampak bakal berjalan sesuai jadwal.

Namun semuanya berubah ketika Pemerintah Malaysia mengumumkan darurat nasional lantaran terjadi penambahan kasus positif virus corona.


Baca Juga :
- Tahun Lalu Jeblok, Ini yang Bakal Dilakukan Repsol Honda di Musim Mendatang
- Perebutan Tempat Kedua MotoGP Masih Ketat, Johann Zarco Tercepat FP2


Merespons situasi tersebut, MotoGP pun akhirnya membatalkan tes pramusim 2021 di Sirkuit Internasional Sepang.

“FIM, IRTA dan Dorna Sports dengan menyesal mengumumkan pembatalan Shakedown Test dan Tes Resmi Sepang,” demikian pernyataan MotoGP, Selasa (12/1/2021) hari ini.

“Pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan lockdown serta komplikasi yang timbul telah mengharuskan pembatalan kedua event, yang akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang di Malaysia pada Februari.

“Tes Qatar, saat ini akan berlangsung di Sirkuit Internasional Losail dari 10 hingga 12 Maret, terus dikonfirmasi dan pembaruan atau perubahan lebih lanjut akan diberikan segera setelah tersedia.”

Sebanyak 20 balapan dalam kalender MotoGP 2021 rencananya digelar musim ini. Putaran pembuka akan dimulai Qatar 28 Maret dan ditutup di Valencia.

Tetapi jika melihat belum meredanya pandemi virus corona, bukan tak mungkin ada perubahan jadwal, terutama seri Amerika Serikat serta Argentina.

Pada hari yang sama pula, Formula 1 merilis revisi kalender 2021. Grand Prix Australia diundur ke November, dengan Imola kembali berstatus tuan rumah.

 

I
Penulis
Igor Hakim