news
LIGA 1
Dendi Santoso, Johan Alfarizi, dan Hendro Siswanto Mulai Merintis Jadi Pelatih Masa Depan Arema
04 January 2021 10:55 WIB
berita
Dendi Santoso / Foto Instagram Dendi Santoso
MALANG - Peserta kursus kepelatihan PSSI  Coaching Certificate Course 2021 lisensi C dari kalangan pemain aktif Arema FC bertambah satu, setelah

PENYERANG Arema FC Dendi Santoso mendaftarkan diri di saat-saat akhir penutupan pendaftaran kursus kepelatihan C AFC pada 31 Desember 2020 lalu.




Baca Juga :
- Australia Open: Otoritas Victoria Menolak Tuntutan Novak Djokovic untuk Meringankan Aturan Karantina
- Mentalitas Monster: Klopp Lakoni Pertandingan Ke-200 di Liga Premier Saat Lawan MU


Dendi Santoso menyusul dua rekannya di Arema yang telah mendaftar sebelumnya, Johan Ahmad Alfarizi dan kapten tim saat ini Hendro Siswanto.

"Sejak awal memang saya berkeinginan mengikuti kursus C PSSI atau C AFC C coaching course, Alhamdulillah awal tahun2021 ini digelar di Kota Malang. Kebetulan juga banyak pemain aktif dan mantan pemain ikut serta, termasuk rekan satu tim saya di Arema, Johan Alfarizi dan Hendro Siswanto,” kata Dendi Santoso.


Baca Juga :
- Chapecoense, Klub Brasil Korban Pesawat Jatuh Kembali 'Terbang' ke Kasta Tertinggi Brasil
- Lionel Messi Absen Latihan Tanpa Keterangan Barcelona


Sertifikat kepelatihan PSSI lisensi C AFC diakui penting untuk dimilikinya.

”Sebab kan suatu saat juga harus pensiun sebagai pemain sepak bola. Setelah memutuskan pensiun nantinya, saya memang ingin menjadi pelatih. Ada tantangan tersendiri untuk bisa sukses tak hanya ketika sebagai pemain, namun juga sebagai pelatih nantinya,” ujar Dendi Santoso.

Penyelenggaraan kursus kepelatihan C AFC ini rencananya akan digelar pada 18-31 Januari 2021, di Kota Malang dengan target diikuti 80 peserta se-Jawa Timur dalam dua kelas kursus.

“Kami berharap mereka yang nantinya mengikuti C PSSI Coaching Course atau yang sejak 2019 sudah selevel C AFC ini, mampu menyerap pembelajaran dari kurikulum sepak bola Indonesia dengan baik, sebagai dasar dari pembentukan filosofi sepak bola Indonesia (Filanesia),” kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri.

“Kami sangat mengapresiasi upaya yang dilakukan PSSI dan Asprov PSSI Jawa Timur yang membuka kursus pelatih C PSSI. Bagaimanapun langkah untuk meningkatkan kualitas pelatih diperlukan, jika ingin sepak bola nasional berkembang dan bersaing di level Asia. Dari pelatih yang baik akan lahir pemain yang baik.”

Manajemen Arema mendukung langkah Dendi Santoso, Johan Ahmad Alfarizi, dan Hendro Siswanto mengikuti C PSSI Coaching Course 2021.

Bahkan Manajer tim Singo Edan, Ruddy Widodo mengizinkan mereka mengikutinya dan ke depan mereka diproyeksikan juga menjadi pelatih masa depan Akademi Arema.

“Ya sudah barang tentu, kami senang kalau mereka, Dendi, Hendro, dan Alfarizi mulai memikirkan masa depan setelah gantung sepatu nanti. Kami sangat mendukung, kelak Dendi dan Alfarizi yang alumni Akademi Arema dan Hendro yang loyal pada Arema sekian lama, nantinya  melanjutkan karier sebagai pelatih diawali dari Akademi Arema dan siapa tahu mereka juga berjodoh bisa sebagai pelatih di Arema senior nantinya,” ucap Ruddy Widodo.*

R
Penulis
Rizki Haerullah