news
UMUM
Setelah Malaysia, Kini Yaman Sebut Piala Asia U-19 dan U-16 2021 Batal
01 January 2021 10:20 WIB
berita
MENYUSUL pembatalan Piala Dunia U-20  2021 di Indonesia, situasi serupa dapat terjadi dengan Kejuaraan Piala Asia U-19 2021 yang dijadwalkan berlangsung di Uzbekistan, Maret 2021.

Manajer timnas U-19 Datuk Kamarul Ariffin Mohd Shahar khawatir AFC mungkin mengambil langkah yang sama dengan FIFA menyusul pandemi Covid-19 saat ini.




Baca Juga :
- AFC Umumkan Pembatalan Piala Asia U-16 dan U-19
- Thailand Terbuka: Kejutan Ganda Putra Muda Indonesia ke Semifinal


“Sementara saya menghormati keputusan apa pun yang dibuat, saya juga berharap badan pengatur sepak bola cukup bertanggung jawab dengan mengambil langkah dan pendekatan yang diperlukan sehingga susunan pemain muda yang berpotensi bersinar tidak akan dikecewakan di masa depan,” kata Kamarul Ariffin, 29 Desember lalu.

Jika skuad nasional U-19 harus melewati 2021 tanpa turnamen besar, Kamarul Ariffin merasa mekanisme baru untuk memastikan keberlangsungan pengembangan pemain perlu diciptakan untuk menghindari kehilangan talenta dalam skala besar.


Baca Juga :
- Tunggal Putri Indonesia Bergugurun Tak Tersisa
- Putri Jadi Korban, Tapi Pebulutangkis Indonesia Ini Tak Banding ke CAS


 “Saya menanggapi hal ini dengan serius karena probabilitas bakat-bakat muda untuk digali melalui dua turnamen ini sangat tinggi dan di era sepakbola modern, perkembangan di level U-19 sangat penting sebelum bergabung dengan skuad (senior) suatu saat nanti,” kata Kamarul Ariffin.

“Mereka adalah sekelompok pemain yang akan muncul setiap saat dan kelompok ini juga akan menghasilkan beberapa talenta yang akan dikagumi di tingkat dunia, jadi pembatalan akan berdampak besar pada perkembangan pemain muda,” dia menjelaskan.

Sementara itu, AFC saat ini sedang mengkaji informasi dari seluruh tim yang terlibat, termasuk dengan mempertimbangkan persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah sebelum panitia memutuskan status kejuaraan dalam waktu dekat.

Kejuaraan AFC U-19 sejatinya adalah platform kualifikasi bagi tim-tim di kawasan Asia untuk bermain di Piala Dunia U-20 dengan empat tim terbaik di kejuaraan tersebut mendapatkan slot otomatis ke Piala Dunia.

Senada dengan manajer timnas U-19 Malaysia, melalui unggahan di akun Twitter federasi sepak bola Yaman, juga mengabarkan bahwa Piala Asia U-19 dan U-16 akan batal.

"Federasi Sepak Bola Asia (AFC) secara resmi memutuskan untuk membatalkan AFC Youth ( Piala Asia U-19) and Junior Cup ( Piala Asia U-16) karena dampak dari pandemi virus corona," bunyi cuitan akun @Yemenfa.

"Uzbekistan dan Bahrain tetap mempertahankan hak menjadi tuan rumah pada edisi berikutnya," katanya melanjutkan.

Meski demikian, belum ada pernyataan resmi yang dirilis oleh AFC hingga saat ini.

Timnas U-19 Indonesia saat ini tetap mempersiapkan diri tampil menuju Piala Asia U-19 2020 dengan menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol.*

 

R
Penulis
Rizki Haerullah