news
LIGA SPANYOL
Messi Setuju Potong Gaji, Barcelona Hemat Rp 2 Triliun
28 November 2020 09:59 WIB
berita
Lionel Messi dan rekan satu tim Barcelona akhirnya setuju pemotongan gaji.
BARCELONA - Lionel Messi dan rekan satu tim Barcelona akhirnya setuju pemotongan gaji. Barcelona menghemat sebesar 110 juta poundsterling atau sekitar Rp 2 triliun.

Barcelona lolos dari ancaman kehancuran finansial. Para pemain dan staf bersedia pemangkasan gaji. Hal ini membuat klub bisa bernapas lega. Setidaknya klub berhemat sekitar Rp 2 triliun.




Baca Juga :
- Ronald Koeman: Barca Tidak Mungkin Belanja Pemain pada Januari
- Lionel Messi Mau, tapi Barcelona Ragu sang Kapten Bisa Tampil di Final Piala Super Spanyol


Pada Jumat (27/11), pelatih Ronald Koeman setuju untuk menerima pemotongan gaji sebesar £ 10 juta per tahun (Rp 187 miliar) untuk membantu menyelamatkan klub dari efek finansial pandemi virus corona.

Barcelona terjerat hutang berlipat ganda selama musim 2019-20 karena lockdown.


Baca Juga :
- Koeman Soal Kebugaran Messi: Saya Tak Tahu, Tunggu Saja Minggu!
- Barcelona di Ambang Bangkrut, Hutangnya Membengkak Rp 19 Triliun


Klub baru-baru ini dipukul dengan batasan gaji sebesar £ 342 juta (Rp 6,4 triliun) - dengan klub sebelumnya diizinkan untuk membelanjakan hingga £ 601,5 juta - penurunan sebesar 43 persen.

Sepanjang musim, pelatih kepala Barcelona dalam pembicaraan dengan para pemain, memohon kepada mereka untuk menerima pemotongan gaji demi kebaikan klub.

Marc-Andre ter Stegen, Gerard Pique, Frenkie De Jong dan Clement Lenglet semuanya menandatangani kesepakatan baru awal bulan ini.

Mereka setuju untuk pemotongan gaji sementara sebesar 30 persen. Tetapi anggota skuad lainnya terhenti dalam pembicaraan, termasuk bintang  Lionel Messi yang digaji £ 900.000 per minggu (Rp 16,8 miliar).

Akhirnya kemajuan dibuat pada Jumat (27/11). Koeman dan seluruh staf kepelatihannya semua setuju untuk pemotongan.

"Klub dan perwakilan pemain telah mencapai kesepakatan pada prinsipnya, yang memungkinkan penyesuaian gaji untuk musim ini dengan jumlah remunerasi tetap 122 juta euro," kata Barcelona dalam sebuah pernyataanny, Jumat.

"Ditambah dengan penangguhan hingga tiga tahun remunerasi musim ini, dianggarkan dengan perkiraan angka 50 juta euro."

Ini bukan kali kedua Barcelona memangkas gaji pemainnya. Pada Maret atau di awal pandemi, Messi dkk juga sudah kena potong gaji mencapai 70 persen.

Dan sekarang para pemainnya mengikuti, setuju untuk membantu menyelamatkan £ 110 juta gabungan setelah banyak bintang awalnya menolak untuk mengambil potongan.*

news
Penulis
Suryansyah