news
MOTOGP
Tanpa Marc Marquez, Honda Tak Berdaya di MotoGP 2020
26 November 2020 00:20 WIB
berita
Dominasi Honda hancur di MotoGP 2020 setelah Marc Marquez cedera di seri pertama dan absen sepanjang musim.-TopSkor.Id/Istimewa-
BARCELONA - MotoGP 2020 patut dilupakan oleh kubu Honda. Tanpa Marc Marquez, mereka tak berdaya dan dominasi yang sudah ditanamkan selama beberapa musim terakhir runtuh.

Sebenarnya, jauh sebelum Marc Marquez datang, Honda adalah salah satu pabrikan paling konsisten di puncak klasemen dan menelurkan para pembalap andal seperti Valentino Rossi dan Casey Stoner.




Baca Juga :
- Lorenzo Baldassarri Dambakan MotoGP
- Tahun Lalu Jeblok, Ini yang Bakal Dilakukan Repsol Honda di Musim Mendatang


Bahkan, sejak kelas 500cc berubah menjadi MotoGP pada 2002, Honda rutin masuk top 3 konstruktor terbaik.

Ketika Marc Marquez bergabung pada 2013, setelah Casey Stoner memutuskan pensiun, Honda semakin dominan di ajang balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.


Baca Juga :
- Kabar Baik, KTM Bakal Terus di MotoGP hingga Lima Tahun ke Depan
- Waduh, Begini Kondisi Suzuki Ecstar Usai Ditinggal Davide Brivio


Delapan tahun bersama Honda, rider berjuluk The Baby Alien tersebut berhasil mempersembahkan enam gelar juara dunia MotoGP untuk dirinya sendiri maupun tim.

Namun, semua berubah ketika sebuah insiden terjadi di MotoGP Spanyol 2020 yang menyebabkan Marc Marquez absen sepanjang musim.

Ketidakhadiran Marquez di Repsol Honda bagai petaka bagi tim karena tiga pembalap lain, yaitu Alex Marquez, Takaaki Nakagami, dan Cal Crutchlow ternyata kesulitan menaklukkan motor RC213.

As.com pun menulis, tanpa Marc Marquez dalam balapan, Honda mengalami musim terburuk dalam sejarah.

Satu hal yang cukup menyelamatkan wajah Honda di MotoGP 2020 datang dari rekan setim Marquez di Repsol, yang tak lain adalah sang adik, Alex Marquez.

Alex Marquez berhasil dua kali finis kedua dan naik podium ketika balapan di MotoGP Prancis dan Aragon.

Ketika MotoGP 2020 mencetak sembilan kampiun berbeda sepanjang musim, tidak ada satu pun wajah pembalap Honda yang berdiri di podium utama.

Pembalap terbaik Honda musim 2020 adalah Takaaki Nakagami (LCR Honda), dengan hanya menduduki urutan ke-10 klasemen akhir.

Meskipun berstatus pembalap terbaik Honda 2020, rider asal Jepang tersebut justru beberapa kali melakukan kesalahan saat balapan dan akhirnya nihil podium sampai akhir musim.

Posisi terbaik Takaaki Nakagami di MotoGP 2020 adalah finis keempat alias satu setrip di bawah podium.

Peluang kampiun pertama Takaaki Nakagami di MotoGP 2020 sebenarnya terbuka lebar ketika sang pembalap berhasil merebut pole position di MotoGP Teruel 2020. Namun, ia justru mengalami kecelakaan dan gagal finis.

Hingga saat ini, belum ada kepastian apakah Marquez akan kembali pada musim 2021 karena manajer, Alberto Puig, berkata bahwa pemulihan sang rider berjalan lebih lambat dari perkiraan.

"Saya tidak bisa meramal masa depan karena proses penyembuhan Marc Marquez lebih lambat dari yang kami perkirakan," kata Alberto Puig.

"(Sebelumnya) saya memang berharap Marc Marquez bisa kembali pada beberapa seri akhir (MotoGP 2020). Tapi sekarang, lomba sudah terakhir."

Kita tunggu saja gebrakan apa yang akan dibuat Honda di MotoGP 2021.

I
Penulis
Igor Hakim