news
LIGA INTERNASIONAL
Ini Daftar Kandidat The Best FIFA, Nama Marcelo Bielsa jadi Kontroversi dan Absennya Ciro Immobile jadi Pertanyaan
25 November 2020 21:12 WIB
berita
Inilah daftar kandidat Pelatih Terbaik The Best FIFA 2020 (dari kiri ke kanan): Julen Lopetegui, Marcelo Bielsa, Zinedine Zidane, Juergen Klopp, dan Hansi Flick -Topskor.id/Twitter FIFA
ZURICH - Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA) telah mengumumkan kandidat atau nomine The Best 2020 FIFA, Rabu (25/11) ini. Namun, dari daftar nama para kandidat untuk sejumlah kategori dinilai sedikit kontroversial dan tidak tepat.

Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah munculnya nama Marcelo Bielsa, pelatih Leeds United.




Baca Juga :
- Alvaro Morata: "Bermain bersama Cristiano Ronaldo Akan Menjadi Cerita Abadi untuk Dibagikan kepada Anak dan Cucu Saya"
- Jose Mourinho Buka Situasi Rumit Gareth Bale di Tottenham Hotspurs


Pria asal Argentina tersebut memang masuk dalam daftar nomine Pelatih Terbaik The Best 2020 bersama Zinedine Zidane (Real Madrid), Juergen Klopp (Liverpool), Hansi Flick (Bayern Muenchen), dan Julen Lopetegui (Sevilla).

Bielsa tidak perlu disangsikan lagi, dia adalah pelatih top dunia, yang menginspirasi baik dalam ide, semangat, serta perkembangan sepak bola modern. Dia pun pantas mendapat pujian karena membawa Leeds promosi ke Liga Primer.


Baca Juga :
- Lionel Messi Mau, tapi Barcelona Ragu sang Kapten Bisa Tampil di Final Piala Super Spanyol
- Zidane: Sabar untuk Melihat Versi Terbaik Eden Hazard, “Dia Perlu Memulihkan Kepercayaan Diri”


Intinya, Bielsa dari kariernya sebagai pelatih tidak perlu dipertanyakan lagi. Namun, untuk masuk dalam The Best FIFA tetaplah menimbulkan pertanyaan karena ada celah bahwa suporter klub lainnya yang juga baru promosi, pun bisa disamakan dengan apa yang telah diraih Leeds, atau sejumlah klub lainnya dari liga utama Eropa.

Tapi, itu hanya pertanyaan kecil dari ketidakpuasan atas nama Bielsa masuk dalam daftar. Bagaimana dengan Thomas Tuchel contohnya, yang telah memenangkan Ligue 1 dan membawa Paris Saint Germain untuk kali pertama ke LIga Champions musim lalu.

Publik, melalui media sosial menilai Tuchel pun dengan demikian pantas berada di daftar nomine tersebut. Hari Marca (Spanyol) kemudian juga memberikan nama lain yang dinilai lebih pantas seperti pelatih Atalanta, Gian Piero Gasperini.

Gasperini telah berhasil membawa klub seperti Atalanta ke papan atas Seri A dan tampil di Liga Champions.

Lalu, bagaimana pula dengan Julian Nagelsmann, pelatih RB Leipzig yang membawa klubnya tampil mengejutkan, mencapai semifinal Liga Champions dan finis ke posisi ketiga Bundesliga.

Dalam kategori lain yaitu di kategori utama: Pemain Terbaik untuk The Best FIFA, ironisnya tidak ada nama penyerang Lazio, Ciro Immobile. Padahal, musim lalu Immobile telah mencetak 36 gol melebihi mereka yang masuk dalam daftar The Best FIFA 2020 ini.

Immobile lebih tajam dibandingkan dengan Robert Lewandowski (34 gol) atau Cristiano Ronaldo (31 gol). Harusnya, Immobile ada dalam daftar tersebut bersama kandidat lainnya yang memang ada dari daftar yang diumumkan FIFA.

Selain Lewandowski dan Ronaldo, ada nama Mohamed Salah. Selebihnya adalah nama-nama yang selalu masuk dalam kandidat berbagai penghargaan termasuk Lionel Messi.

"Hilangnya" nama Erling Haaland juga menjadi mengejutkan. Penyerang Borussia Dortmund yang memiliki produktivitas yang tinggi dalam mencetak gol tidak ada dalam daftar 11 nomine tersebut di antara nama Messi, Ronaldo, Kylian Mbappe, atau Neymar yang memang terkesan harus selalu ada.

Penghargaan The Best FIFA merupakan penghargaan tahunan dari FIFA. Untuk tahun ini, acara tersebut akan digelar pada 17 Desember nanti.

Pemenangnya akan ditentukan melalui voting para penggemar, jurnalis, kapten timnas, dan pelatih timnas masing-masing negara. Sedangkan batas pemberian pilihan yaitu pada 16 Desember.

Kandidat The Best FIFA 2020

Pemain Terbaik
Thiago Alcantara (Spanyol, Muenchen/Liverpool)
Cristiano Ronaldo (Portugal, Juventus)
Kevin De Bruyne (Belgia, Manchester City)
Robert Lewandowski (Polandia, Muenchen)
Sadio Mane (Senegal, Liverpool)
Kylian Mbappe (Prancis, PSG)
Lionel Messi (Argentina, Barcelona)
Neymar (Brasil, PSG)
Sergio Ramos (Spanyol, Real Madrid)
Mohamed Salah (Mesir, Liverpool)
Virgil Van Dijk (Belanda, Liverpool)

Pelatih Terbaik
Marcelo Bielsa (Leeds United)
Hans-Dieter Flick (Bayern Muenchen)
Juergen Klopp (Liverpool)
Julen Lopetegui (Sevilla)
Zinedine Zidane (Real Madrid)

Pemain Wanita Terbaik
Lucy Bronze (Inggris, Lyon/Man City)
Delphine Cascarino (Prancis, Lyon)
Caroline Graham (Norwegia, Barcelona)
Pernille Harder (Denmark, Wolfsburg/Chelsea)
Jennifer Hermoso (Spanyol, Barcelona)
Ji So-yun (Korsel, Chelsea)
Sam Kerr (Australia, Chelsea)
Saki Kumagai (Jepang, Lyon)
Dzsenifer Marozsan (Jerman, Lyon)
Vivianne Miedema (Belanda, Arsenal)
Wendie Renard (Prancis, Lyon)

Pelatih Wanita Terbaik
Lluis Cortes (Barcelona)
Rita Guarino (Juventus)
Emma Hayes (Chelsea)
Stephan Lerch (Wolfsburg)
Hege Riise (LSK Kvinner)
Jean-Luc Vasseur (Lyon)
Sarina Wiegman (timnas Belanda)

I
Penulis
Irfan Sudrajat