news
LIGA CHAMPIONS
Kiper Lazio, Pepe Reina, Melewati Rekor Laga Xavi Hernandez di Kompetisi Eropa
25 November 2020 15:12 WIB
berita
Kiper Lazio, Pepe Reina, pemain ketiga terbanyak tampil di ajang UEFA -Topskor.id/Marca
ROMA - Jose Manuel Reina atau yang biasa dipanggil dengan Pepe Reina, telah menambah jumlah pertandingannya di ajang kompetisi Eropa yang digelar UEFA.

Kiper asal Spanyol ini tampil saat membawa Lazio menang 3-1 atas Zenit Saint Petersburg, dalam penyisihan grup Liga Champions, Selasa (24/11) atau Rabu dini hari WIB.




Baca Juga :
- Leicester ke Posisi Kedua, Maddison Beri Contoh Selebrasi Gol Sesuai Protokol Covid-19
- Romelu Lukaku dan Cristiano Ronaldo Pasangan yang Cantik


Dalam laga tersebut, Pepe Reina total telah bermain dalam 174 pertandingan kompetisi UEFA. Dengan jumlah tersebut, berarti pula Reina telah melewati rekor laga Xavi Hernandez sebagai pemain ketiga dengan laga terbanyak di ajang Eropa.

Pepe Reina kini berada di bawah Cristiano Ronaldo yang berada di posisi kedua dalam daftar tersebut dengan 180 penampilan. Sedangkan di posisi pertama adalah Iker Casillas yang mencatatkan 186 laga.


Baca Juga :
- Baru Satu Tahun, Bruno Fernandes Sudah Lewati Rekor Para Legenda Liga Premier
- Prediksi Berbatov: Man-United Akan Kejutkan Liverpool


Debutnya di ajang Eropa yaitu saat tampil di Piala UEFA (kini Liga Europa) bersama Barcelona pada 2000/01 saat lawan Bruges. Pemain kelahiran Madrid ini selalu tampil dalam ajang Eropa di sejumlah klub dalam kariernya.

Total, ada delapan tim di mana Reina tampil sebagai penjaga gawang, total telah 21 musim sebaga pemain profesional. Namun, hanya ketika menjadi kiper Bayern Muenchen dan Aston Villa, Pepe Reina tidak tampil di ajang UEFA.

Selama kariernya ketika di Barcelona, total Reina tampil dalam 11 pertandingan Eropa yaitu empat di Liga Champions dan tujuh di Piala UEFA, sebelum kemudian dia hijrah ke Villarreal.

Di Tim Kapal Selam Kuning tersebut, dia memang tidak tampil di ajang elite Eropa tapi bermain di kompetisi Intertoto (15 laga) dan Piala UEFA (23 laga).Di tim inilah dia berhasil membawa timnya meraih gelar Piala Intertoto pada 2003 dan 2004.

Setelah suksesnya bersama Villarreal, Rafael Benitez yang ketika itu merupakan pelatih Liverpool membawanya ke Merseyside. Tidak butuh waktu lama bagi Reina untuk memberikan gelar Eropa kepada The Reds.

Dia membawa Liverpool meraih gelar Piala Super Eropa dengan mengalahkan CSKA Moscow, lalu setahun kemudian membawa Liverpool juara Liga Champions setelah mengalahkan AC Milan.

Dalam kariernya bersama Liverpool, total dia tampil dalam 56 laga Liga Champions dan 27 laga Liga Europa. Setelah itu, petualangannya pun berlanjut di sejumlah klub.

Bersama Napoli contohnya, dia tampil dalam 32 laga ajang Eropa lalu dengan AC Milan enam pertandingan, dan kini bersama Lazio telah melakoni tiga laga Liga Champions.

Pemain dengan Laga Terbanyak di Kompetisi UEFA
1. Iker Casillas 186 laga
2. Cristiano Ronaldo 180 laga
3. Pepe Reina 174 laga
4. Xavi Hernandez 173 laga
5. Paolo Maldini 168 laga
6. Gianluigi Buffon 166 laga

I
Penulis
Irfan Sudrajat