news
LIGA SPANYOL
Dalam kariernya sebagai Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone telah Menghadapi Delapan Pelatih Barcelona
24 November 2020 17:24 WIB
berita
Diego Simeone (kanan) saat bertemu dengan Josep Guardiola pada musim pertamanya sebagai pelatih Atletico Madrid -Topskor.id/Marca
MADRID - Kemenangan Atletico Madrid atas Barcelona, 1-0, Sabtu (21/11) atau Minggu dini hari WIB, masih terasa euforianya.

Itu merupakan kemenangan pertama yang diraih Diego Simeone di La Liga atas Los Azulgrana sebagai pelatih.




Baca Juga :
- Bintang Sepak Bola Spanyol Dijatuhi Hukuman Dua Tahun Penjara karena Umbar Rekaman Seks
- Di Usia 39, Ibrahimovic Membuat Sebuah Pencapaian Rekor Baru Lagi


Meski laga tersebut sudah tiga hari berlalu namun laga ini juga memberikan catatan tersendiri untuk Simeone dalam sejarah menghadapi Barcelona sebagai pelatih.

Ya, menghadapi Ronald Koeman, berarti pula Koeman merupakan pelatih Barcelona kedelapan yang pernah dihadapi Simeone selama kariernya sebagai pelatih Los Rojiblancos.


Baca Juga :
- Hasil Survei 70 Persen Penggemar Percaya Madrid dan Barcelona Tidak Akan Juara Musim Ini
- Messi Putus Asa dan Sedih di Ruang Ganti, Minta Maaf atas Kartu Merah


Sejak resmi menangani Atletico pada 2011 silam, pelatih Barcelona datang dan pergi. Mereka, yang dihadapi Simeone adalah mulai dari Josep Guardiola, Tito Vilanova, Gerardo "Tata" Martino, Luis Enrique, Ernesto Valverde, dan Quique Setien, hingga kini Koeman.

Hampir sembilan tahun Simeone menangani Atletico dan Barcelona merupakan rival yang faktanya memang sulit ditaklukkan. Total, dalam karier Simeone sebagai pelatih Atletico telah 29 kali menghadapi Los Azulgrana dengan sejumlah pelatih berbeda tersebut.

Rapornya hanya 4 kali menang, 10 kali imbang, dan mengalami 15 kekalahan. Kemenangan atas Ronald Koeman salah satunya, sekaligus kemenangan bertama Simeone atas Barcelona di ajang La Liga.

Berikut perjalanan Simeone dalam pertarungan dengan deretan pelatih Barcelona tersebut:

Vs Josep Guardiola

Simeone datang ke Atletico ketika Josep Guardiola telah meraih sejumlah pencapaian mengesankan bersama Atletico.

Simeone baru memulai kariernya di Atletico sementara terkait Pep, sudah mulai muncul bahwa pelatih ini akan pergi meninggalkan Barca.

Karena itu, laga 26 Februari 2012 menjadi satu-satunya duel antara Simeone dan Guardiola di mana Simeone sebagai pelatih Atletico dan Guardiola sebagai pelatih Barca.

Dalam pertandingan tersebut, Atletico asuhan Simeone kalah 1-2 dari Los Azulgrana asuhan Pep. Itu menjadi satu-satunya duel di antara keduanya dalam kompetisi sepak bola Spanyol sebelum kemudian Pep peninggalkan Barca, untuk kemudian melatih Bayern Muenchen.

Diego Simeone (kiri) saat menyalami Ronald Koeman pada laga Sabtu (21/11) lalu -Topskor.id/Marca

Vs Tito Vilanova

Kepergian Pep kemudian membuat Barcelona menunjuk Tito Vilanova. Kondisi Tito yang kemudian mengalami sakit tidak membuat dirinya takluk lawan Simeone.

Tito membuat Simeone menderita, kalah dalam dua laga La Liga. Yang pertama Simeone mengalami kekalahan telak, 1-4 di Stadion Camp Nou, di antaranya karena dua gol Lionel Messi.

Sedangkan pertemuan kedua di Stadion Vincente Calderon, Atletico kembali mengalami kekalahan, 1-2 karena gol Alexis Sanchez dan gol bunuh diri Gabi.

Satu-satunya gol Atletico saat itu diciptakan Radamel Falcao. Setelah itu, karena Tito sakit, posisi pelatih Barca diberikan kepada asistennya, Jordi Roura.

Vs Gerardo Martino

Kemudian terjadi perubahan di Barcelona dengan Gerardo "Tata" Martino tampil sebagai pelatih Barcelona, pria asal Argentina, seperti Simeone. Fase Barca di bawah kepelatihan Martino boleh jadi merupakan masa terbaik dalam karier Simeone sebagai pelatih Atletico.

Pada musim inilah (2013/14), Simeone berhasil membawa Atletico tampil sebagai juara La Liga. Kepastian gelar itu pun bahkan diraih timnya saat lawan Barcelona di Camp Nou yang berakir imbang.

Rapor Simeone lawan Tata Martino adalah 6 laga dengan hasil 1 menang, 5 kali imbang. Termasuk menyingkirkan Barcelona di perempat final Liga Champions.

Vs Luis Enrique

Masa kepelatihan Barcelona di bawah asuhan Luis Enrique bukanlah fase yang bagus bagi Simeone. Selama tiga musim bertemu dengan Enrique dalam 12 laga (semua ajang), Simeone hanya meraih 1 kemenangan, 2 kali imbang, dan mengalami 9 kakalahan.

Meski Simeone berhasil membawa Atletico selalu berada di tiga besar, El Cholo tidak pernah lagi berhasil membawa timnya bertarung untuk memperebutkan gelar La Liga.

Dalam 7 laga beruntun sejak kali pertama lawan Enrique, Simeone mengalami deretan kekalahan. Meski demikian, dari semua duel tersebut, ada momen ketika Simeone berhasil mengalahkan Enrique di Liga Champions.

Pada 2005/16 tepatnya, pada laga pertama Atletico kalah 1-2 namun di duel kedua perempat final itu menang 2-0. Atletico pun berhasil ke final meski kemudian kalah dari Real Marid.

Vs Ernesto Valverde

Seperti Enrique, Ernesto Valverde pun tiga musim sebagai pelatih Barcelona. Dan, kekalahan dari Atletico-nya Simeone membuat karier Valverde sebagai pelatih Barca berakhir.

Adalah kekalahan di ajang Piala Super Spanyol, kali terakhir kedua pelatih ini berduel. Dari 6 laga lawan Valverde, Simeone meraih 1 kemenangan, 2 kali imbang, dan mengalalami 3 kekalahan.

Vs Quique Setien

Bahkan menghadapi Quique Setien (2019/20), Simeone tidak dapat meraih poin penuh lawan Barcelona. Hanya satu laga dalam karier Simeone sebagai pelatih Atletico lawan Setien sebagai pelatih Barcelona.

Momen itu terjadi pada 30 Juni 2020 lalu, yang berakhir imbang 2-2. Gol bunuh diri Diego Costa dan gol penalti Lionel Messi sedangkan dua gol Atletico diciptakan Saul Niguez.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat