news
LIGA CHAMPIONS
Siaran Langsung Liga Champions, SCTV: Dynamo Kiev vs Barcelona, Rabu (25/11) Pukul 03.00 WIB
24 November 2020 13:04 WIB
berita
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann, akan menjadi tumpuan timnya saat tandang menghadapi Dynamo Kiev malam ini -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
KIEV - Barcelona tandang menghadapi Dynamo Kiev dalam lanjutan penyisihan grup Liga Champions 2020/21.

Los Azulgrana datang dalam kondisi yang tidak ideal untuk laga yang akan digelar Selasa (24/11) ini atau Rabu dini hari WIB.




Baca Juga :
- PSG Terus Dekati Messi, Koeman: Saya Tertarik pada Neymar dan Mbappe
- Barcelona di Puncak Daftar Pendapatan Klub yang Anjlok Setelah Pandemi


Pelatih Ronald Koeman tanpa bek seniornya, Gerard Pique yang cedera. Koeman juga tidak membawa dua bintangnya yaitu Lionel Messi dan Frenkie De Jong.

Dengan demikian, klub asal Katalunya ini tanpa dua bintang utamanya baik di jantung pertahanan maupun di lini depan.


Baca Juga :
- Laporan Keuangan Tahunan Barcelona: Utang Capai Rp20 Triliun, Batas Pelunasan Tanggal 30 Juni
- Rafa Benitez Tinggalkan Dalian Pro China, Klaim Virus Corona Penyebabnya


Situasi di atas kertas menjadi semakin sulit bagi Barcelona karena mereka datang di laga ini dengan membawa hasil buruk di La Liga.

Pekan lalu, Barcelona kalah 0-1 dari Atletico Madrid yang membuat posisi mereka terjun ke peringkat ke-13 klasemen sementara La Liga.

Isu ketidaknyamanan Messi, situasi Antoine Griezmann yang dinilai belum beradaptasi dengan permainan, sampai kampanye calon presiden Barcelona, menjadi situasi yang membuat tim ini berada dalam kondisi tidak menentu.

Meski demikian, dari semua deretan situasi tersebut, ada sejumlah situasi positif yang dibawa Barcelona ke Ukraina.

Pertama tentu saja posisi mereka di Grup G Liga Champions. Barcelona memimpin klasemen grup dengan 9 poin. Dengan poin tersebut, Barcelona memang meraih semua poin dari tiga laga awal fase grup.

Dengan situasi ini pula yang menjadi pertimbangan bagi Koemen untuk tidak membawa Messi dan De Jong di laga ini. "Mereka membutuhkan istirahat," kata Koeman, dalam konferensi persnya, kemarin.

Bagi Barcelona, dengan peta persaingan di grup tersebut, mereka hanya membutuhkan satu kemenangan lagi (tiga poin) untuk memastikan tiket 16 besar Liga Champions. Dan, target tersebut dapat diwujudkan di laga lawan Kiev.

Poin positif lainnya, lini tengah Barcelona dan sejumlah pemain menyerang lainnya dalam kondisi siap tempur. Meski tanpa Messi, Los Azulgrana datang dengan pemain bertalenta seperti Ousmane Dembele, Philippe Coutinho, Pedri, atau Francisco Trincao.

Dan, tentu, sosok Griezmann bakal menjadi perhatian besar dalam laga nanti, mampukah dia menjadi protagonis bagi timya yang akan tampil tanpa Messi.

Penyerang asal Prancis ini faktanya baru mencetak 2 gol dan semuanya diciptakan di La Liga. Griezmann belum pernah menorehkan gol dari dua pertandingan Liga Champions musim ini.

Dengan demikian, gol terakhirnya di ajang Liga Champions sudah terjadi pada setahun lalu, tepatnya 27 November 2019 ketika dia mencetak gol ketiga timnya dalam kemenangan lawan Borussia Dortmund, 3-1.

Karena itu, pertandingan ini kesempatan bagi Griezmann untuk membuktikan kemampuan terbaiknya dan memperlihatkan dirinya mampu membuat Barcelona tetap meraih hasil positif walau tanpa kehadiran kapten mereka.

Kondisi itulah yang juga diwaspadai pelatih Kiev, Mircea Lucescu. Menurut Lucescu, absennya Messi bisa membuat penyerang lainnya di Barca termotivasi.

"Messi tidak akan tampil di pertandingan nanti? Barcelona tetaplah Barcelona," kata Lucescu mengomentari kekuatan lawannya yang tanpa membawa Messi di pertandingan nanti.

Menurut Lucescu, absennya Messi justru akan membuat pemain lain di Barcelona akan meningkatkan aspek serangan mereka. Bahkan, Lucescu menilai absennya Messi akan membuat barisan pertahanan Barcelona untuk lebih berhati-hati.

"Barcelona adalah tim terbaik di dunia. Mereka saat ini memang tidak berada dalam situasi terbaik. Dengan pelatih baru, ada strategi baru, berarti pula koneksi yang baru antarpemain yang harus dibangun," Lucescu menegaskan.

Perkiraan Pemain Dynamo Kiev vs Barcelona

Bagi Kiev, Lucescu tidak menampik ini memang kesempatan timnya memanfaatkan situasi yang terjadi di Barca. "Kami ingin meraih kemenangan dalam pertandingan nanti. Bagi kami, kemenangan itu sangat penting," Lucescu menambahkan.

Kiev akan tampil dalam laga ini dengan membawa hasil positif dari performa mereka di kompetisi domestik. Dalam 10 laga Liga Ukraina, mereka meraih 7 kemenangan, 2 kali imbang, dan hanya mengalami 1 kekalahan.

Viktor Tsyhankov, Carlos Pena, Gerson Rodriguez, Mylkola Shaparenko, serta Vladyslav Supriaha merupakan mesin gol yang bisa mengancam gawang Barca.

Total, 21 gol telah dikoleksi barisan pemain tersebut bagi Kiev pada musim ini. Tsyhankov pencetak gol terbanyak dengan total 6 gol, 2 di antaranya di Liga Champions, termasuk dalam kualifikasi.

Namun, Lucescu kemungkinan besar akan menempatkan Supriaha di lini depan sebagai bagian dari ratasi timnya.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat