news
LIGA SPANYOL
Krisis Keuangan Barcelona, Ronald Koeman Punya Dana Terbatas di Bursa Januari
24 November 2020 10:03 WIB
berita
Pelatih Barcelona Ronald Koeman/ Foto Istimewa
MASALAH keuangan Barcelona yang sedang berlangsung akan berdampak besar pada kemampuan klub untuk membeli pemain pada jendela transfer Januari 2021 mendatang.

Raksasa Catalan dikabarkan berada di ambang krissis keuangan, dengan bakal calon presiden Barcelona Victor Font mengklaim klub tersebut sudah 'bangkrut'.




Baca Juga :
- Real Madrid Yakin PSG Patok Harga Rp2,5 Triliun untuk Mbappe, Mereka Tak Mampu
- Sekarang, Hanya Gil Manzano yang Telah Mengkartu Merah Tridente Barcelona: MSN


Dampak pandemi virus corona telah merusak keuangan klub dengan parah, dengan aliran pendapatan berkurang dan kebuntuan dalam pembicaraan mengenai pengurangan gaji pemain pada 2021.

Skuad tim pertama secara sepihak setuju untuk mengambil pemotongan gaji selama paruh kedua musim La Liga 2019/20 yang ditunda , tetapi negosiasi mengenai pemotongan kedua belum lama ini dikabarkan menemui jalan buntu.


Baca Juga :
- Bintang Barcelona Lionel Messi Hadapi Skorsing 12 Pertandingan
- Bergabungnya David Alaba ke Real Madrid, Tidak Secara Langsung Terkait Sergio Ramos


Jika dewan Barcelona gagal menyetujui kesepakatan baru tentang pemotongan gaji, mereka mungkin perlu menjual sebelum mereka dapat membeli pada bulan Januari.

La Blaugrana mengklaim hilangnya pendapatan penting di hari pertandingan telah memukul mereka dengan keras dalam 10 bulan terakhir, dengan para penggemar masih tidak dapat menghadiri pertandingan di Camp Nou, dan tidak ada tanggal kemungkinan kembali yang terlihat.

Barcelona terus menerima uang dari mitra penyiaran mereka, dengan pemegang tiket musiman dapat melakukan streaming game melalui situs web klub melalui layanan VPN yang aman .

Namun, kucuran uang masuk ke klub berarti bos Ronald Koeman harus menyesuaikan target transfer 2021, dengan anggaran terbatas sekarang tersedia untuk pelatih Belanda itu.

Striker Lyon Memphis Depay tetap menjadi target No.1, setelah mantan bintang Manchester United itu mengisyaratkan niatnya untuk tidak menandatangani kontrak baru di Prancis, dengan kontraknya saat ini berakhir pada Juli 2021.

Namun, dengan krisis pemain karena cedera yang terjadi di klub, Koeman mungkin terpaksa fokus mengamankan bala bantuan pertahanan setelah kehilangan Sergi Roberto dan Gerard Pique karena cedera serius akhir pekan lalu .

Absennya mereka bisa mempercepat kemungkinan kepindahan bek tengah Manchester City Eric Garcia , yang juga mengonfirmasi ingin meninggalkan Etihad Stadium ketika kontraknya berakhir musim panas mendatang.

Pep Guardiola sebelumnya telah menunjukkan niatnya untuk mempertahankan pemain internasional Spanyol itu hingga akhir musim, tetapi, Barcelona dapat menguji tekadnya dengan tawaran € 15 juta ketika jendela dibuka kembali.

Jika City bersedia menjual Garcia lebih cepat dari jadwal, Koeman mungkin perlu melepas bek Samuel Umtiti yang rawan cedera untuk membiayai kesepakatan.

Masalah kebugaran pemain internasional Prancis muncul kembali musim ini, dan dia belum tampil sama sekali untuk Koeman sejauh ini pada 2020/21.*

R
Penulis
Rizki Haerullah