news
LIGA SPANYOL
Sejarah LaLiga Pekan Ini: Kemenangan Bersejarah Eibar atas Madrid hingga Berdirinya Klub FC Barcelona
24 November 2020 00:51 WIB
berita
Kilas balik terhadap gol-gol, para pemain, dan pertandingan klasik di pekan ini dalam sejarah sepak bola Spanyol.-TopSkor.Id/LaLiga-
MADRID - Kilas balik terhadap gol-gol, para pemain, dan pertandingan klasik di pekan ini dalam sejarah sepak bola Spanyol, berikut ulasannya:

23 November: Jesús Navas mencatatkan debut di LaLiga (2003)




Baca Juga :
- Inter Krisis, Gaji Pemain Belum Dibayar, Cicilan Pertama Achraf Hakimi Ditunda hingga Maret
- Lionel Messi Ingin Menandatangani Kontrak Baru di Barcelona, Kata Joan Laporta


Tidak banyak penonton yang hadir di Stadion Montjuic milik Espanyol pada tanggal 23 November 2003, terutama beberapa penggemar Sevilla yang harus melakukan perjalanan jauh menuju Ibu Kota Katalan, untuk menyaksikan pemain muda berposisi sayap berpostur kurus ini masuk sebagai pengganti di akhir pertandingan kala Los Rojiblancos kalah 0-1.

Meskipun begitu, tanggal debut Jesús Navas di LaLiga saat ini menjadi penting bagi pendukung Sevilla; pahlawan lokal itu dianggap sebagai pemain hebat dalam 129 tahun sejarah klub, ia telah memenangkan tiga Piala UEFA/Liga Europa, dua Copa del Rey, satu Piala Super Eropa, dan Piala Super Spanyol. Selain itu, ia juga menjuarai Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012 bersama Tim Nasional Spanyol.


Baca Juga :
- Madrid Pasang Starting XI Tetap sejak Sebelum Natal, Zidane Takut Risiko?
- Alvaro Morata: "Bermain bersama Cristiano Ronaldo Akan Menjadi Cerita Abadi untuk Dibagikan kepada Anak dan Cucu Saya"


Pencapaian tersebut membuat tempat latihan milik Sevilla dinamakan Estadio Jesús Navas sejak 2018. Navas baru saja menginjak usia 35 tahun bulan ini, dan ia masih aktif bermain dengan catatan 26 gol dan 77 asis dalam 388 pertandingan di LaLiga, dan ia juga pernah bermain bersama Manchester City di Inggris.

23 November: Carlos Vela mencetak empat gol melawan RC Celta (2013)

Pada tanggal 23 November 2013, penggemar Real Sociedad di Reale Arena bersorak saat sang pahlawan klub, Carlos Vela, membawa timnya unggul 1-0 atas Celta dengan tendangan jarak dekat, tapi tim tamu langsung membalikkan keadaan dan unggul 3-1 sebelum babak kedua.

Vela kembali mencetak gol, setelah ia menyambar umpan Chory Castro, kemudian ia langsung mencetak gol penyeimbang, dan diteruskan dengan menyambar umpan Antoine Griezmann dengan tenang untuk mencetak gol keempatnya dan menuntaskan perlawanan balik.

Poker’ dari pemain yang saat itu berusia 24 tahun menetapkan statusnya sebagai salah satu pemain Meksiko yang berpengaruh dalam sejarah LaLiga, dan ia telah memberikan 69 gol dan 46 asis dalam 252 pertandingan di LaLiga mulai dari bergabung dengan La Real dari Arsenal pada tahun 2011 dan pergi menuju LA Galaxy pada bulan Januari 2018.

24 November: Eibar mengalahkan Real Madrid di LaLiga untuk pertama kalinya (2018)

Pada tanggal 24 November 2018, seluruh penonton di Stadion Ipurua milik Eibar menyadari bahwa mereka menyaksikan torehan sejarah saat klub kecil asal Basque itu berhasil menang atas Real Madrid di LaLiga untuk pertama kalinya.

Setelah tendangan jauh yang bisa saja menjadi gol terbaik dalam semusim dari bintang asal Wales, Gareth Bale, dinyatakan offside, Eibar langsung tancap gas pada pertengahan babak pertama saat gelandang Gonzalo Escalante menuntaskan serangan balik.

Dominasi mereka semakin terlihat pada babak kedua saat Marc Cucurella memberi umpan pada Sergi Enrich untuk menjadikan skor 2-0, lalu Kike Garcia mencetak skor dari jarak dekat membuat tim unggul 3-0.

Sang kiper, Thibaut Courtois menjadi pemain terbaik Real Madrid hari itu mengingat tim sedang dalam masa sulit, dengan pelatih baru, Santiago Solari, menggantikan Julen Lopetegui beberapa minggu sebelumnya. Namun, penggemar Eibar tidak peduli tentang kondisi lawannya – mereka baru saja mendapatkan sebuah momen yang akan selalu dikenang.

27 November: Messi mencatatkan pertandingan ke-700 bagi Barcelona (2019)

Lionel Messi menorehkan penampilan ke-700 bagi Barcelona di seluruh kompetisi dengan cara yang menakjubkan seperti biasanya – dengan mencetak gol saat klub Katalan tersebut mengalahkan Borussia Dortmund demi mengamankan posisi mereka di babak gugur Liga Champions musim 2019-20. Seperti biasanya, Messi menjadi pemain dengan permainan terbaik.

Melalui sebuah operan yang cekatan, ia memberikan umpan ke Luis Suárez untuk dikonversi menjadi gol pembuka, dan dengan cepat ia langsung menggandakan keunggulan melalui tendangan jarak pendek untuk membukukan gol ke-613 bagi Barcelona sebelum akhirnya ia memberi asis bagi Antoine Griezmann untuk menutup kemenangan 3-1. Pertandingan dan rekor lainnya terus dicetak oleh pemain terhebat Argentina sepanjang masa itu.

29 November: FC Barcelona didirikan (1899)

Catatan bersejarah ini terjadi pada tanggal 29 November 1899, di sebuah pertemuan yang dipimpin oleh mahasiswa asal Swiss berusia 22 tahun, Hans Gamper, di Gimnasium Sole, di tengah kota Barcelona. Beberapa bulan sebelumnya, Gamper telah menaruh iklan pada majalah Los Deportes, untuk mengajak orang-orang bergabung dengannya demi mendirikan sebuah klub sepak bola yang baru.

Merupakan seorang atlet berbakat di negara asalnya, di mana ia mencatat kesuksesan di cabang renang, rugby, sepeda, dan atletik, Gamper yang baru saja datang di Ibu Kota Katalan tersebut setahun sebelumnya, menikmati permainan sepak bola di jalanan daerah Sant Gervasi.

Namun, ia dan yang lannya ingin menjadi bagian dari sesuatu yang lebih terorganisir, serta istimewa. Sehingga, FC Barcelona akhirnya dilahirkan, Gamper menjadi kapten tim, dan kemudian presiden klub. Selebihnya, seperti yang orang-orang katakan, adalah sejarah, termasuk 26 gelar LaLiga.

 

I
Penulis
Igor Hakim