news
LIGA INGGRIS
Faktor Benteng Anfield yang Kokoh Kunci Sukses Liverpool Merangkak Naik ke Papan Atas Klasemen
23 November 2020 21:28 WIB
berita
Pelatih Liverpool, Juergen Klopp, berhasil membuat Stadion Anfield menjadi bentek yang kokoh -Topskor.id/Grafis: Jupri Lubis
LIVERPOOL - Perlahan tapi pasti, Liverpool mulai memperlihatkan tanda-tanda bahwa mereka memiliki peluang untuk mempertahankan gelar Liga Primer yang mereka raih musim lalu.

Kemenangan atas Leicester City, 3-0, Minggu (22/11) lalu, lewat gol bunuh diri Jonny Evans, dan gol Diogo Jota, serta Roberto Firmino, membuat The Reds kini ke posisi kedua dengan poin yang sama dengan Tottenham Hotspur yang memimpin klasemen, 20 poin.




Baca Juga :
- "Itu Bukan Fernando Torres. Dia Pegulat yang Memakan Fernando Torres”
- Solskjaer Bersiap “Curi” Calon Bek Pengganti Van Dijk dari Tangan Liverpool


Sukses Liverpool ini tidak terlepas dari performa mereka setiap kali tampil di kandang, yaitu di Stadion Anfield. Ya, tidak ada tim yang mampu mengalahkan Liverpool sejak 23 April 2017 lalu, tepatnya ketika Crystal Palace menang atas Liverpool, 2-1.

Dengan kemenangan ini, berarti Liverpool tidak terkalahkan dalam 64 pertandingan beruntun di Liga Primer. Catatannya adalah 53 menang dan 11 imbang. Dari jumlah tersebut, Liverpool menorehkan 169 gol di Anfield dan kemasukan 42 gol.


Baca Juga :
- Tinggalkan Liga Super China, Rafa Benitez Menuju Celtic untuk Buat Perhitungan pada Steven Gerrard
- Ole Gunnar Solskjaer Bicara dari Hati ke Hati dengan Paul Pogba Jelang Duel Manchester United vs Liverpool


Gawang mereka sepanjang fase tersebut pun mencatatkan 34 clean sheet. Sepanjang itu pula, pasukan Juergen Klopp telah menghadapi 27 lawan (klub) yang berbeda.

Di sisi lain, pencapaian ini membuat Juventus asuhan Klopp mematahkan rekor 63 tidak terkalahkan di kandang The Reds asuhan Bob Paisley antara Februari 1978 hingga Januari 1981.

Dengan hasil cemerlang di Anfield, Liverpool tentu memiliki peluang untuk meneruskan rapor tersebut. Rekor terbaik di kandang dalam ukuran tidak terkalahkan adalah dicatat oleh Chelsea. The Blues tidak terkalahkan dalam 86 pertandingan kandang antara 2004 hingga 2008.

Salah satu performa terbaik dari pemain Liverpool pada musim ini adalah Diogo Jota. Jota mencetak sejarah dalam laga kandang di Anfield dengan selalu mencetak gol dalam empat laga beruntun di Anfield.

Sebelumnya, dalam sejarah klub ini tidak ada pemain yang mampu mencetak gol secara beruntun dalam empat laga liga di Anfield. Namun, mantan pemain Wolverhampton Wanderers ini justru menjadi pemain yang pertama mencatatkannya.

Kini, Liverpool yang terus memiliki kekuatan dengan trio MSF (Mo Salah, Sadio Mane, dan Firmino), juga memberikan tempat bagi inisial J (Jota). Total, dia telah mencetak 8 gol dari 12 laga bersama Liverpool di semua ajang.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat