news
LIGA SPANYOL
Atletico Madrid Memiliki Potensi Juara, Performa Mereka Melebihi Real Madrid dan Barcelona
23 November 2020 19:35 WIB
berita
Pemain Atletico Madrid saat merayakan kemenangan atas Barcelona, Sabtu (21/11) lalu -Topskor.id/Marca
MADRID - Atletico Madrid telah melalui satu laga yang sulit di La Liga musim ini, pertandingan lawan Barcelona yang berhasil mereka menangkan.

Tiga poin menghadapi Los Azulgrana sekaligus sebagai pesan bahwa Los Rojiblancos kini memiliki peluang besar untuk kembali meraih gelar La Liga sejak kali terakhir meraihnya pada 2013/14.




Baca Juga :
- "Itu Bukan Fernando Torres. Dia Pegulat yang Memakan Fernando Torres”
- Jalani Skorsing Kartu Merah, Bintang Barca Lionel Messi Rayakan Ulang Tahun Sang Ibu


Pasukan Diego Simeone telah memperlihatkan mereka kini salah satu kandidat kuat untuk meraih La Liga. Dan, setelah 8 laga yang mereka jalani di La Liga musim ini, ada sejumlah situasi yang memperlihatkan Los Rojiblancos memang berada di trek juara. Berikut analisis peluang yang dimiliki Atletico:

Jumlah Laga


Baca Juga :
- Sergio Aguero "Dalam Bidikan" Barcelona: Alat Politik Para Kandidat Presiden Klub?
- Real Madrid Cemerlang Dipimpin Asisten Zinedine Zidane, Eden Hazard Juga Tampil Memukau


Dengan kemenangan atas Barcelona, pasukan Diego Simeone kini ada di posisi kedua klasemen sementara. Hingga hari ini, Jan Oblak dan kawan-kawan masih memiliki dua laga lebih banyak dibandingkan dengan Real Sociedad yang kini memimpin klasemen dengan 23 poin.

Hari ini, Sociedad akan tampil lawan Cadiz, yang berarti Atletico masih memiliki satu laga lebih banyak dari sang pemimpin klasemen. Ini tentu menjadi situasi yang menguntungkan bagi Atletico.

Ukuran lainnya adalah perbandingan dengan dua raksasa La Liga tentu saja yaitu Real Madrid dan Barcelona. Atletico memiliki tiga poin lebih banyak dibandingkan dengan Madrid saat ini dan masih memiliki satu laga lebih banyak dibandingkan dengan Los Merengues.

Sementara dengan Barcelona, tim yang kini ada di posisi ke-10, mereka memiliki keunggulan 9 poin atas Los Azulgrana. Memang masih terlalu dini untuk menyatakan Atletico bakal tampil sebagai juara La Liga msim ini, tapi mereka telah melewati sejumlah laga sulit musim ini dengan hasil mengesankan.

Kokoh dan Produktif

Ini menjadi faktor yang tidak berubah dari Atletico. Musim ini, Los Rojiblancos memang tampil dengan sejumlah perubahan dengan di antaranya menjadi tim yang produktif.

Namun, cukup melihat jumlah kemasukan mereka di La Liga, hanya 2 gol kemasukan, perubahan di lini tengah ternyata tidak mengisiki ciri khas Atletico sebagai tim dengan petahanan yang kuat.

Yang mengesankan tentu di lini depan dengan keberhasilan mereka menorehkan 18 gol. Ini merupakan jumlah yang luar biasa khususnya dalam ukuran empat musim terakhir pada fase yang sama. Rekor terbaik di fase ini adalah pada 2018/19 ketika mereka mencetak hanya 9 gol setelah 8 putaran.

Memimpin dalam Hasil

Sepanjang performa mereka di La Liga musim ini, tidak satu menit pun Atletico pernah berada dalam situasi tertinggal dari lawannya dalam hasil skor. Hanya ada dua gol yang bersarang ke gawang Jan Oblak yaitu saat lawan Granada dan Osasuna, tapi gol tersebut terjadi salam situasi ketika Atletico sudah dalam posisi memimpin.

Tidak Terkalahkan

Sejak kekalahan dari Real Madrid pada 1 Februari lalu, Atletico tidak pernah lagi mengalami kekalahan. Total ada 24 pertandingan beruntun sejak kekalahan dari Madrid, dan dalam jumlah tersebut, Los Rojiblancos meraih 15 kemenangan dan 9 hasil imbang, termasuk kemenangan atas Barcelona pekan lalu itu.

Performa Pemain

Musim ini, Atletico memiliki harapan dalam kekuatan mencetak gol dengan kehadiran Luis Suarez setelah bergabung dari Barcelona. Sedangkan di bawah mistar, ada sosok Jan Oblak.

Namun, di luar dari kedua pemain tersebut, ada sejumlah pemain mereka yang juga berada dalam momen terbaik penampilannya. Mereka adalah Joao Felix, Yannick Carrasco, Koke, hingga Hermoso.

Gaya Sepak Bola

Selama ini, tidak jarang pelatih Diego Simeone mendapatkan kritik terkait performa timnya yang cenderung membosankan dalam bermain atau dengan label sebagai tim yang bermain bertahan.

Kini, semua itu nyaris tidak terdengar lagi. Atletico telah berbeda. Mereka menjadi tim yang justru lebih aktif untuk selalu bermain di daerah lawan, memberikan tekanan, yang membuat mereka menjadi tim yang ditakuti.

Dengan gaya sepak bola tersebut, Atletico kini menjadi tim yang lebih produktif tapi tetap dengan lini pertahanan yang selalu sulit ditembus. Dengan performa itu pula, membuat mereka berhasil meraih banyak poin.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat