news
FORMULA 1
Mantap! Ini ‘Hadiah’ yang Bakal Diberikan Kerajaan Inggris kepada Lewis Hamilton
23 November 2020 01:00 WIB
berita
Lewis Hamilton dianggap sebagai salah satu atlet kebanggaan Inggris sepanjang masa.-TopSkor.Id/Istimewa-
LONDON - Lewis Hamilton dikabarkan bakal diberikan gelar kehormatan "Sir" oleh Kerajaan Inggris dalam waktu dekat.

Surat kabar The Sun mengabarkan, bahwa pemberian gelar tersebut akan diberikan langsung oleh Ratu Elizabeth II dalam perayaan tahun baru 2021.




Baca Juga :
- Lewis Hamilton Tercepat di Latihan Bebas Kedua GP Bahrain
- Pembalap Indonesia Sean Gelael Kembali ke Formula 2


Belum diketahui kapan tanggal pasti pemberian gelar kehormatan yang hanya diberikan kepada tokoh-tokoh penting Inggris Raya tersebut.

Kemungkinan bahwa pemberian gelar ksatria oleh Kerajaan Inggris ini akan berlangsung setelah Hamilton menyelesaikan masalah pajak dan mendapatkan lampu hijau dari Government Honours Committee (komite yang berwenang mengurus pemberian gelar kehormatan Inggris).


Baca Juga :
- Red Bull Racing Jadi Peluang Terakhir Sergio Perez
- Pele Ucapkan Selamat dan Berpesan kepada Lewis Hamilton: Teruslah Berjuang untuk Kami


Kabar pemberian gelar untuk Hamilton tersebut disambut gembira oleh mantan anggota kabinet dari Partai Buruh, Lord Haim, yang juga pernah melayani parlemen khusus yang menangani Formula 1.

"Jika benar, saya pasti akan senang sekali melihat Lewis Hamilton bergabung dengan jajaran para ksatria olahraga seperti Sir Bradley Wiggins, Sir Mo Farah, Sir Andy Murray, Sir Alastair Cook, dan lainnya," ujar Lord Haim, kepada PA Agency yang dimuat ulang oleh Yahoo Sports pada Minggu (22/11/2020).

Menurut Lord Haim, Hamilton layak mendapatkan gelar ksatria dari Ratu Inggris karena prestasi yang luar biasa di ajang balap mobil F1.

Pembalap yang aktif dalam gerakan sosial seperti Black Lives Matter tersebut berhasil meraih gelar juara dunia F1 ketujuhnya, setelah memenangi GP Turki 2020, 15 November lalu.

"Lewis bukan hanya menang kejuaraan. Ia adalah ikon olahraga terbaik di Inggris bahkan bintang di dunia," Lord Hain menjelaskan.

"Selain itu, ia juga memiliki latar belakang pribadi yang sangat rendah hati yang tumbuh sebagai anggota komunitas kulit hitam. Ia telah meraih pencapaian yang luar biasa." 

"Ia tidak hanya menunjukkan pada Anda kondisi dalam kokpit, tetapi juga kegiatan sosial yang mendorong keberagaman di ajang Formula 1. Dan hal tersebut mempengaruhi cabang olahraga lainnya," ia menambahkan.

Selain menciptakan berbagai pencapaian luar biasa sebagai pribadi maupun pembalap, Hain menambahkan bahwa Hamilton adalah panutan bagi para generasi muda Inggris.

Dengan berbagai latar belakang yang menyertai Hamilton, sang pembalap berusia 35 tahun tersebut berhasil mencuri perhatian semua kalangan.

"Ia adalah panutan bagi para remaja putra maupun putri dengan berbagai latar belakang. Ia menunjukkan bahwa siapapun tanpa melihat warna kulit bisa meraih cita-cita setinggi langit," Lord Hain memungkasi.

 
I
Penulis
Igor Hakim