news
MOTOGP
Miguel Oliviera Pole Position di MotoGP Portugal, Joan Mir Jauh di Belakang
22 November 2020 12:48 WIB
berita
PEMBALAP Red Bull KTM Tech3 Miguel Oliveira mencuri pole position/ Foto MotoGP
PEMBALAP Red Bull KTM Tech3 Miguel Oliveira mencuri pole position dari Franco Morbidelli pada kualifikasi MotoGP Portugal, Sabtu (21/11/2020), sementara juara dunia MotoGP 2020 Joan Mir meraih hasil buruk.

Dilansir dari Motorsport.com, sesi perebutan posisi terdepan berlangsung sangat menarik. Fabio Quartararo, Maverick Vinales, serta Morbidelli bergantian menduduki urutan teratas. Namun, tempo lalu meningkat pada tiga menit terakhir.




Baca Juga :
- Dua Pembalap Yamaha Dominasi Kualifikasi, Quartararo Rebut Pole
- Pembalap Yamaha Kunci Empat Teratas, Vinales Rebut Pole Position


Morbidelli meningkatkan catatan waktu menjadi 1 menit 39,141 detik. Tak lama berselang, pembalap Petronas SRT itu mempertajam torehannya. Tembus di bawah 1 menit 39 detik atau tepatnya 1 menit 38,936.

Di luar dugaan, Oliveira dari posisi kedelapan melesat kencang untuk merebut pole position. Dia mencetak lap time 1 menit 38,892 detik. Tidak hanya membuatnya start terdepan, juga sekaligus merupakan rekor lap di Portimao.


Baca Juga :
- Pengaturan Mesin Mode Pesta, Hamilton Malah Pecahkan Rekor Lap Tercepat
- Lewis Hamilton Start Terdepan, Ferrari Menatap Penghinaan di Grand Prix Belgia


Pole position pada kualifikasi MotoGP Portugal sendiri adalah perdana bagi Oliveira di kelas premier. Adapun, kali terakhir dia posisi pertama, yakni ketika menjadi polesitter di Aragon dalam kualifikasi Moto2 2017.

Morbidelli akhirnya harus puas grid kedua. Sementara baris depan dilengkapi Jack Miller yang mengalahkan Cal Crutchlow dan Quartararo. Sedangkan hasil impresif dipetik Stefan Bradl yang menduduki start keenam.

Johann Zarco - sempat terjatuh di Tikungan 8 - mengklaim posisi ketujuh. Dia mengungguli trio Spanyol: Maverick Vinales, Pol Espargaro, serta Alex Rins. Kemudian pada grid ke-11 ditempati Takaaki Nakagami.

Dan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, akan start dari urutan ke-12. Catatan waktu DesmoDovi juga sempat dibatalkan karena melewati batas trek.

Sebelumnya Q1 sempat ditunda selama lima menit karena kondisi trek. Penyebabnya adalah motor Zarco yang mengeluarkan asap saat FP4. Safety Car pun dikeluarkan untuk mengecek lintasan.

Usai sesi dimulai, para pembalap langsung tancap gas memperebutkan dua slot Q2. Aleix Espargaro dan Brad Binder awalnya memimpin ketika tersisa waktu lima menit. Tak dinyana, keduanya dikalahkan Cal Crutchlow serta Franco Morbidelli

Sementara itu, hasil buruk dipetik Mir. Tak hanya kembali gagal lolos ke Q2, sang juara dunia MotoGP 2020 itu juga hanya mampu posisi ke-10 saat menjalani Q1. Artinya, dia akan start dari grid ke-20 pada MotoGP Portugal yang akan digelar Minggu (22/11/2020) malam.*

R
Penulis
Rizki Haerullah