news
LIGA SPANYOL
Warisan Nomor Punggung Ikonik LaLiga: No.9
20 November 2020 00:20 WIB
berita
Nomor punggung 9 diberikan untuk pencetak gol hebat dan LaLiga Santander pernah dan masih memiliki beberapa penyerang terbaik dalam dunia sepak bola.-TopSkor.Id/LaLiga-
MADRID - Nomor punggung 9 diberikan untuk pencetak gol hebat dan LaLiga Santander pernah dan masih memiliki beberapa penyerang terbaik dalam dunia sepak bola.

Pemain yang mengenakan nomor punggung 9 pada LaLiga Santander musim 2020/2021




Baca Juga :
- Jornada 11 LaLiga: Madrid Menjamu Alaves, Camp Nou Sambut Osasuna
- Simak! Ini Aktivitas Terbaik dari Para Pemain dan Klub LaLiga di Media Sosial


Joselu (D. Alavés), Iñaki Williams (Athletic Club), Luis Suárez (Atlético de Madrid), Martin Braithwaite (FC Barcelona), Choco Lozano (Cádiz CF), Nolito (RC Celta), Sergi Enrich (SD Eibar), Lucas Boyé (Elche CF), Ángel Rodríguez (Getafe CF), Roberto Soldado (Granada CF), Rafa Mir (SD Huesca), Roger Martí (Levante UD), Chimy Ávila (CA Osasuna), Borja Iglesias (Real Betis), Karim Benzema (Real Madrid), Willian José (Real Sociedad), Shon Weissman (Real Valladolid), Luuk de Jong (Sevilla FC), Kévin Gameiro (Valencia CF), Carlos Bacca (Villarreal CF).

Sepanjang sejarah nomor punggung di sepak bola, nomor sembilan biasa diberikan pada penyerang tengah terbaik sebuah tim, tak terkecuali para penyerang di LaLiga Santander pada musim ini.


Baca Juga :
- Mantap! LaLiga Jalin Kerja Sama dengan China, Apa Saja yang Difokuskan?
- Simak! Ini Deretan Lagu Selebrasi Gol Terbaik dari Stadion-stadion di LaLiga


Penyerang Real Madrid, Karim Benzema, telah menggunakan nomor punggung tersebut selama bertahun-tahun dan menyarangkan 250 gol untuk klub, menjadikannya berada di lima besar pencetak gol terbanyak dalam sejarah Real Madrid. Luis Suárez mendapatkan kedudukan serupa di Barcelona dengan mencatatkan 196 gol selama enam musim di Camp Nou. Saat ia pindah untuk mengenakan nomor punggung 9 di Atlético de Madrid pada musim panas ini, pemain asal Uruguay itu pergi sebagai pencetak gol terbanyak ketiga dalam sejarah Barcelona.

Terdapat beberapa veteran yang menggunakan nomor punggung 9 dan memimpin timnya pada LaLiga Santander musim ini, seperti Roberto Soldado dan Carlos Bacca, selain itu terdapat beberapa penyerang yang baru naik daun pula.

Ada Pemain Tim Nasional Israel, Shon Weissman, yang tiba di Real Valladolid pada bursa transfer sebelumnya setelah menjadi pencetak gol terbanyak di Bundesliga Austria musim lalu. Gol dari Luuk de Jong membawa Sevilla sukses di Liga Europa pada musim lalu; Rafa Mir memulai musim 2020/2021 dengan performa luar biasa di Huesca yang baru saja promosi, sementara itu, penyerang Osasuna, Chimy Avila, mengalami cedera lutut serius pada musim ini, tapi saat bermain ia mampu memberikan warna bagi liga.

LaLiga Santander memiliki sejarah selalu diisi oleh penyerang dan pencetak gol hebat dan musim ini para pengguna nomor punggung 9 memenuhi warisan dari nomor punggung yang terkenal itu.

Sepuluh legenda LaLiga yang mengenakan nomor punggung 9

Johan Cruyff (FC Barcelona), Samuel Eto'o (RCD Mallorca, FC Barcelona), Ronaldo Nazário (FC Barcelona, Real Madrid), Santillana (Real Madrid), Fernando Torres (Atlético de Madrid), Alfredo di Stéfano (Real Madrid), Patrick Kluivert (FC Barcelona, Valencia CF), Fernando Morientes (Real Zaragoza, Real Madrid, Valencia CF), Telmo Zarra (Athletic Club), Hugo Sánchez (Atlético de Madrid, Real Madrid).

Sejak diperkenalkannya nomor punggung di sepak bola Spanyol, nomor punggung 9 telah banyak digunakan oleh para legenda. Salah satunya adalah Telmo Zarra, penyerang Athletic Club yang memiliki banyak rekor gol LaLiga hingga kemunculan Lionel Messi. Bahkan terdapat sebuah piala yang dinamakan atas namanya, Trofi Zarra, yang diberikan setiap akhir musim kepada pencetak gol terbanyak di LaLiga Santander asal Spanyol.

Maju ke beberapa tahun belakangan, pemain seperti Samuel Eto’o dan Fernando Torres telah mewarnai lapangan LaLiga dengan mengenakan nomor punggung 9. Eto’o mencetak 162 gol di LaLiga Santander bagi Mallorca dan Barcelona, sementara itu, Torres menjadi legenda klub di Atleti, bahkan ia menato nomor tersebut di pergelangan tangannya.

Johan Cruyff dan Alfredo di Stéfano mungkin menjadi legenda terhebat di Barcelona ataupun Real Madrid, keduanya juga mengenakan nomor punggung 9 selama bermain di Spanyol. Warisannya di Camp Nou maupun Bernabéu tidak akan pernah terlupakan dan setiap pemain yang berkesempatan untuk mengenakan nomor punggung 9 di klub-klub tersebut akan menyadari bahwa mereka mengikuti jejak kejayaan.

I
Penulis
Igor Hakim