news
LIGA INTERNASIONAL
Richarlison Bela Cavani yang Diganjar Kartu Merah karena Pelanggaran terhadap Dirinya di Laga Uruguay vs Brasil
18 November 2020 18:47 WIB
berita
Edinson Cavani dan pelanggaran terhadap Richarlison - TopSkor/Istimewa
MONTEVIDEO - Edinson Cavani mendapatkan kartu merah langsung lantaran menginjak kaki Richarlison dalam kekalahan 0-2 Uruguay dari Brasil pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Centenario, Selasa (17/11).

Striker 33 tahun yang kini memperkuat Manchester United tersebut diusir dari lapangan setelah wasit berkonsultasi dengan VAR.




Baca Juga :
- Anthony Martial Hanya 11 Menit di Tempat Latihan Manchester United karena Sakit
- Cavani Telah Minta Maaf Tapi Tetap Menghadapi Larangan Tiga Pertandingan Gegara Komentar Negrito


Brasil yang kehilangan Neymar Junior yang dibekap cedera, mencetak gol pertama lewat aksi gelandang Juventus, Arthur Melo, di menit ke-33 sebelum Richarlison menggandakan keunggulan Selecao dengan golnya sesaat sebelum turun minum.

Peluang Uruguay untuk mengejar ketertinggalan dan meraih poin, praktis tertutup setelah mereka kehilangan Cavani yang diganjar kartu merah langsung pada menit ke-71 lantaran pelanggaran berbahaya terhadap Richarlison.


Baca Juga :
- Postingan Kontroversial Cavani Akan Diselidiki
- Solskjaer Tidak Yakin De Gea Pulih lawan PSG, tapi Dean Henderson Terlalu Banyak Omong di Gawang


Mantan bintang Paris Saint-Germain itu memijak bagian dalam kaki kanan striker Everton tersebut saat dia sedang mendribel bola. Awalnya, wasit Roberto Tobar hanya memberikan kartu kuning kepada Cavani.

Tapi, pengadil asal Cile itu kemudian menggantinya dengan kartu merah setelah melakukan pengamatan atas insiden itu melalui monitor VAR di pinggir lapangan.

Kartu merah buat Cavani semakin melengkapi penderitaan Uruguay yang kini tertahan di peringkat kelima klasemen sementara zona CONMEBOL dengan enam poin dari empat pertandingan.

“Saya melihat tidak ada niat dari Edinson Cavani untuk melakukan pelanggaran itu. Kartu merah itu mengejutkan saya,” kata pelatih Oscar Washington Tabarez.

Richarlison sendiri mengungkapkan simpatinya terhadap Cavani atas kartu merah yang dia dapatkan. Tapi, pemain 23 tahun tersebut tidak menampik bahwa pelanggaran yang dilakukan mantan penyerang Napoli itu bisa sangat berbahaya.

“Saat itu terjadi perebutan bola dan tentu saja dia tidak bisa mengendalikan aksinya,” kata Richarlison kepada CBF TV.

“Jika kaki saya berpijak dengan kuat di lapangan, barangkali insiden itu bisa membuat ankle saya patah. Tapi, saya pikir dia tidak bermaksud melakukan itu.

“Saya pikir dia berusaha merebut bola, tapi luput sehingga menginjak kaki saya. Itu situasi yang normal dalam sebuah pertandingan.”

Uruguay bukan hanya kalah dan kehilangan Cavani dalam pertandingan lawan Brasil itu, tapi juga tidak mampu melepaskan satupun tembakan ke gawang.

Di pihak lain, Brasil terlihat cukup dominan dan melanjutkan rekor sempurna mereka menjadi empat kemenangan dari empat pertandingan. Hasil ini mengangkat Selecao ke puncak klasemen sementara dengan 12 poin, unggul dua poin atas Argentina yang berada di peringkat kedua.

R
Penulis
Rijal Al Furqon