news
MOTOGP
Hai Para Pencibir, Valentino Rossi Bilang Joan Mir Layak Juara Dunia!
17 November 2020 19:14 WIB
berita
Valentino Rossi menyatakan Joan Mir layak juara dunia MotoGP 2020. (Twitter/YamahaMotoGP)
ITALIA - Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mendapat pembelaan dari rider senior Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, terkait cibiran terhadap dirinya yang berhasil menjadi juara dunia MotoGP 2020.

Sebaliknya, The Doctor, julukan Valentino Rossi, menganggap Joan Mir sangat pantas meraih gelar juara dunia.




Baca Juga :
- Valentino Rossi Tak Akan Berpartispasi di ACI Rally Monza, Ini Alasannya
- Tanpa Marc Marquez, Honda Tak Berdaya di MotoGP 2020


Rider berusia 23 tahun itu meraih gelar juara dunia MotoGP 2020 pada seri balapan ke-13 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Minggu (15/11/2020).

Meski menyelesaikan balapan di posisi ketujuh, posisinya di puncak klasemen sudah tidak mungkin dikejar para rider lainnya.


Baca Juga :
- Insiden dengan Joan Mir Bikin Pecco Bagnaia Cedera
- Valentino Rossi Jeblok di Latihan Bebas Ketiga GP Portugal, Jack Miller Sempurna


Pembalap asal Spanyol itu telah mengumpulkan 171 poin. Mir unggul 29 angka dari Franco Morbidelli pembalap Petronas Yamaha SRT di posisi kedua.

Balapan MotoGP 2020 masih menyisakan satu seri yakni Portugal.

MotoGP Portugal akan berlangsung, 22 November mendatang. Namun, apapun posisi Mir sudah tidak mungkin tertandingi rider lain.

Keberhasilan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020, banyak mendapat cibiran. Ia dianggap tidak layak meraih titel paling bergengsi itu.

Banyak yang menyebut Mir juara karena kebetulan atau lantaran sang juara bertahan Marc Marquez harus absen selama satu musim akibat dibekap cedera patah lengan kanan.

Kondisi itu membuat Valentino Rossi turut angkat bicara. Menurut peraih sembilan gelar juara dunia itu, Joan Mir sangat pantas untuk meraih juara dunia MotoGP 2020.

“Saya rasa Mir sangat layak menjadi juara dunia bersama Suzuki. Mereka melakukan pekerjaan yang luar biasa dan motor mereka bekerja sangat baik," kata Rossi dikutip dari GPOne, Selasa (17/11/2020).

“Mir sangat muda, tapi jarang membuat kesalahan. Dia selalu membuat keputusan dengan tepat pada momen krusial dan dia cepat," ucap Rossi.

Rossi menilai pekerjaan yang dilakukan Joan Mir di musim ini sangat hebat.

Menurutnya tak semua pebalap bisa meraih gelar juara dunia pada musim kedua di kelas MotoGP.

“Saya sudah memberinya selamat, karena yang pertama, memenangi MotoGP pada musim kedua bukan sesuatu untuk semua orang bisa, hanya sedikit yang sukses melakukannya," ujar Rossi.(Nizar Galang)

R
Penulis
Rais Adnan
Editor in Chief Skor.id