news
LIGA SPANYOL
Cara Unik LaLiga, Aula Cervantes Jakarta, dan Kedutaan Besar Spanyol Sebarkan Budaya di Indonesia
17 November 2020 01:19 WIB
berita
Proyek ini memanfaatkan kecintaan Indonesia dan Spanyol dalam sepak bola untuk memperkenalkan kosakata dan frasa dasar Spanyol di Indonesia.-TopSkor.Id/LaLiga-
JAKARTA - Sebagai Duta Global dan salah satu wajah budaya Spanyol di seluruh dunia, LaLiga telah bermitra dengan Aula Cervantes Jakarta (Lembaga resmi bahasa dan kebudayaan Spanyol) dan Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia dalam rangka mempromosikan budaya Spanyol di Indonesia melalui bahasa dengan meluncurkan Diccionario de fútbol español-indonesio / Kamus Sepak Bola Bahasa Spanyol-Bahasa Indonesia.

Proyek kamus ini terdiri dari kosakata dasar sepak bola dalam bahasa Spanyol dan Bahasa Indonesia yang akan menarik minat pelajar bahasa Spanyol serta penggemar sepak bola Spanyol. “Diccionario adalah bukti peran sepakbola dalam budaya Spanyol dan Indonesia.




Baca Juga :
- Kurniawan Dwi Yulianto Digantikan Lucas Kalang Laeng di Sabah FA
- Inilah Mimpi Besar Sulut United di Sepak Bola Indonesia


Kemitraan ini menggarisbawahi peran sepak bola dan LaLiga dalam budaya Spanyol dengan mengembangkannya dalam bentuk kamus sepak bola dalam bahasa Spanyol untuk pemula. Kami berharap dapat lebih dekat dengan fans di Indonesia karena ini adalah salah satu pasar prioritas utama kami,” kata Iván Codina, Managing Director Asia, LaLiga.

Sebagai salah satu liga yang paling banyak diikuti di Indonesia, reputasi LaLiga di Indonesia sangat tinggi. Memanfaatkan fakta ini, LaLiga secara aktif berpartisipasi dalam Diccionario sebagai bagian dari misinya untuk terlibat dalam proyek-proyek yang bertujuan memajukan olahraga Indonesia dengan memanfaatkan semangat bersama untuk sepak bola kedua negara. Misi LaLiga dipadukan dengan komitmen teguh Instituto Cervantes adalah komitmen kami untuk pengembangan bahasa yang semakin penting di Asia.


Baca Juga :
- Jornada 11 LaLiga: Madrid Menjamu Alaves, Camp Nou Sambut Osasuna
- Simak! Ini Aktivitas Terbaik dari Para Pemain dan Klub LaLiga di Media Sosial


“Sepak bola Spanyol yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia berpotensi besar membangkitkan minat belajar bahasa Spanyol sejak dini, mengingat keduanya bisa saling mendukung. Kami senang dapat bekerjasama dengan Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia dan LaLiga untuk mewujudkan kamus sepak bola ini, dengan tujuan untuk memfasilitasi pengenalan pertama bahasa Spanyol di lingkungan sepak bola dengan memberikan materi yang praktis dan bermanfaat bagi para penggemar dan wisatawan Indonesia yang ingin lebih dekat dengan sepak bola, ”kata Javier Serrano Aviles, Koordinator Aula Cervantes Jakarta.

Instituto Cervantes adalah pusat resmi bahasa dan budaya Spanyol. Ini adalah organisasi nirlaba yang didirikan oleh pemerintah Spanyol pada tahun 1991. Misinya adalah untuk mempromosikan bahasa Spanyol di seluruh dunia serta bahasa-bahasa resmi Spanyol, dan juga menumbuhkan pengetahuan tentang budaya negara-negara berbahasa Spanyol. Instituto Cervantes beroperasi di 88 kota dan 45 negara di seluruh dunia yang tidak berbahasa Spanyol, termasuk di Jakarta, Indonesia.

Selain kursus bahasa Spanyol, untuk ujian bahasa Spanyol resmi (DELE) dan pelatihan guru, Aula Cervantes Jakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Spanyol di Indonesia, dengan menyelenggarakan banyak acara budaya di Jakarta, seperti pemutaran film, pertunjukan flamenco, pameran, dan pertunjukan boneka seperti Wayang Golek Den Kisot baru-baru ini oleh Komunitas Salihara dan Goenawan Mohamad dan Endo Suanda. Informasi tentang kursus bahasa, ujian dan kegiatan budaya tersedia di website Aula Cervantes Jakarta: https://yakarta.cervantes.es/id/default.shtm

“Kami senang memiliki begitu banyak fans di Indonesia, dan melalui kamus ini, kami berharap ikatan kami akan menjadi lebih kuat dan hubungan kami dapat menjadi lebih dekat, dan bahwa mereka akan merangkul LaLiga tidak hanya sebagai penggemar sepak bola, tetapi lebih dari itu,” tambah Rodrigo Abad Gallego, Delegasi Indonesia, LaLiga

Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia juga menyambut baik kerjasama dengan Laliga dan Aula Cervantes Jakarta dalam peluncuran kamus sepak bola Spanyol-Indonesia, menambah jumlah tonggak dalam hubungan bilateral kedua negara yang akan berkontribusi untuk saling meningkatkan pengetahuan, dalam hal ini melalui kecintaan terhadap sepak bola.

“Kami sangat senang melihat Indonesia dan Spanyol mempererat hubungan melalui proyek kreatif ini, yang diharapkan dapat mendekatkan masyarakat di kedua negara. Penduduk Indonesia sudah menjadi penggemar berat sepak bola Spanyol, dan saya berharap dengan bantuan kamus ini mereka juga bisa menjadi penggemar berat bahasa Spanyol,” ujar María Prada González, Wakil Kepala Misi Kedutaan Besar Spanyol untuk Indonesia.

Kamus dalam format digital (PDF) dapat diunduh di tautan berikut: 
https://yakarta.cervantes.es/imagenes/File/Diccionario_Futbol_espanol_indonesio.pdf

I
Penulis
Igor Hakim