news
UMUM
Dapat Trofi ATP Ranking 1, Djokovic Girang
17 November 2020 00:56 WIB
berita
Novak Djokovic secara resmi menerima trofi penobatan kembali menjadi tunggal putra nomor satu dunia pada Minggu (15/11/2020).-TopSkor.Id/Istimewa-
BELGRADE - Novak Djokovic mendapatkan trofi ATP Ranking No.1 pada Minggu (15/11/2020), ketika babak pertama ATP Finals 2020 baru dimulai.

Trofi ini menjadi penegasan bahwa Novak Djokovic resmi menutup musim 2020 sebagai petenis nomor satu dunia.




Baca Juga :
- Cerita Menarik Daniil Medvedev ‘Ngos-ngosan’ Balas Ucapan Selamat
- Andy Murray Minta Semua Petenis Lakukan Vaksinasi Covid-19


Ini merupakan penghargaan keenam dalam 10 tahun terakhir bagi Novak Djokovic sebagai petenis nomor satu dunia di akhir musim.

Sebelumnya, petenis asal Serbia tersebut meraih penghargaan yang sama pada 2011, 2012, 2014, 2015, dan 2018.


Baca Juga :
- Australia Open 2021 Kemungkinan Diundur
- Lolos ke Semifinal ATP Finals 2020, Rafael Nadal Antusias


Kemenangan ini sekaligus membuat Djokovic menyamai rekor idola masa kecilnya asal Amerika Serikat, Pete Sampras, yang mengakhiri karier dengan titel enam kali angkat trofi nomor satu dunia pada periode 1993-1998.

Tak ayal, penghargaan ini membuat Djokovic merasa sangat bangga dengan prestasinya sepanjang 2020. Meskipun sempat mengalami surut karena pandemi Covid-19, tragedi Adria Tour, maupun insiden di US Open.

Sepanjang 2020, petenis berusia 33 tahun itu tercatat meraih empat gelar juara yang terdiri dari grand slam Australian Open, Dubai Duty Free, Western & Southern Open (Cincinnati Open), dan Roma Masters.

Di balik kecemerlangan tersebut, Djokovic sempat mengalami kontroversi ketika mengadakan turnamen ekshibisi Adria Tour tanpa protokol kesehatan yang ketat, sehingga Covid-19 menyebar dan turnamen dihentikan di tengah jalan.

Tidak hanya itu, Djokovic juga didiskualifikasi dari babak 16 besar US Open 2020 setelah memukul bola ke arah hakim garis saat pertandingan karena kesal dengan permainannya sendiri.

Meskipun demikian, Djokovic tetap bangga dengan semua hasil yang diraihnya pada musim yang ia anggap sangat aneh ini.

"Saya senang sekali. Tahun ini sangat aneh bagi kita semua karena ada jeda enam bulan kompetisi. Kami baru kembali bertanding di bulan Agustus dan saya pun melanjutkan apa yang saya tinggalkan sebelum lockdown," kata Djokovic, dilansir dari ATP Tour.

"Saya sangat senang dengan hasil ini. Saya ucapkan terima kasih kepada tim yang selalu mendukung saya di masa yang sulit dan terus mempercayai saya. Ini adalah mahkota (hasil) dari semua capaian sepanjang tahun."

"Saya masih belum percaya bisa menyelesaikan musim pertandingan sebagai nomor satu selama enam kali. Saya super bangga," ia menegaskan.

Kini target penutup musim bagi Djokovic adalah meraih titel juara ATP Finals 2020, yang telah dimulai sejak Minggu kemarin dan berakhir pada 22 November di O2 Arena, London, Inggris.

"ATP Finals adalah turnamen yang setara dengan Grand Slam. Tentu saja ATP Finals mungkin adalah event terbesar yang kita miliki di tenis," ujar Novak Djokovic.

 

I
Penulis
Igor Hakim