news
MOTOGP
Ini yang Dirasakan Joan Mir Setelah Berhasil Juarai MotoGP 2020
16 November 2020 01:26 WIB
berita
Joan Mir mengaku syok bisa meraih predikat juara dunia MotoGP 2020 di GP Valencia.-TopSkor.Id/Istimewa-
VALENCIA - MotoGP Valencia 2020, Minggu (15/11/2020), tentunya tidak akan pernah dilupakan oleh Joan Mir.

Meskipun gagal naik ke podium dan hanya finis di urutan ketujuh, Joan Mir tidak akan terkejar dalam raihan poin di klasemen MotoGP 2020.




Baca Juga :
- Mantap! Franco Morbidelli Jadi Pembalap Terbaik Yamaha di MotoGP 2020
- Marc Marquez Bakal Jadi Pesaing Utama Joan Mir Musim Depan


Alhasil, Joan Mir pun memastikan gelar juara dunia MotoGP 2020 tepat sebelum satu seri penutup musim.

Pembalap 23 tahun ini mengaku syok dan belum bisa mencerna keberhasilan perdananya sebagai juara dunia setelah dua tahun mengaspal di kelas MotoGP.


Baca Juga :
- Sebelum MotoGP 2021 Dimulai, Fabio Quartararo Ingin Fokus Kontrol Emosi
- Tak Tampil pada MotoGP 2020, Marc Marquez Difavoritkan untuk Musim Depan


"Tidak menyangka. Saya kehabisan kata-kata. Ini adalah sesuatu yang hanya bisa saya impikan seumur hidup. Saya benar-benar masih dalam kondisi penuh emosi," kata Joan Mir kepada wartawan usai dipastikan juara dunia MotoGP 2020.

"Saya senang sekali. Inilah hasil ketika Anda mengikuti mimpi. Saya masih belum percaya dengan apa yang sedang terjadi."

Kemenangan Joan Mir ini menjadi kado spesial bagi Suzuki Company yang merayakan ulang tahun ke-100 pada 2020 sebagai sebuah pabrikan otomotif asal Jepang.

Selain itu, Suzuki pun harus menunggu hingga 20 tahun untuk kembali menempatkan pembalapnya sebagai juara dunia MotoGP sejak Kenny Robert Jr juara kelas 500cc tahun 2000.

Tak heran jika seluruh kru dan petinggi Suzuki sangat terharu ketika Mir dipastikan menjadi juara dunia MotoGP musim ini.

Bahkan, Suzuki secara khusus menyiapkan helm emas dan kaus bertuliskan angka 1 untuk menyambut kemenangan perdana Joan Mir sebagai juara dunia.

Bagi Mir pribadi, dia adalah pembalap Spanyol pertama yang meraih titel juara dunia di atas motor Suzuki.

Pencapaian Joan Mir memang di luar dugaan. Dia memulai musim 2020 dengan buruk karena gagal finis di GP Spanyol dan GP Ceko, tapi penampilan selanjutnya begitu konsisten.

Mir nyaris saja menjadi juara dunia MotoGP tanpa pernah mencicipi kemenangan di salah satu seri balapan jika tidak finis pertama di GP Eropa 2020.

Kini tugas Joan Mir tinggal, satu yaitu mengantarkan Suzuki meraih predikat konstruktor terbaik MotoGP 2020 di Portugal pekan depan.

Saat ini Suzuki bersaing dengan Ducati dalam perebutan gelar tim terbaik sepanjang MotoGP 2020.

 
I
Penulis
Igor Hakim