news
UMUM
Jadwal Piala Asia U-16 Belum Jelas, Regulasi Berubah, Saat Penampilan Timnas U-16 Masih Mengecewakan
12 November 2020 08:45 WIB
berita
Pemain timnas U-16 Indonesia saat berkumpul di ruang makan di UEA/ Foto Media PSSI
JADWAL putaran final Piala Asia U-16 masih belum menemukan titik temu. Dalam Rapat Komite Kompetisi AFC, Rabu (11/11), belum bisa didapat jadwal pasti.

Semula Piala Asia U-16 dijadwalkan berguir pada 14 hingga 31 Oktober 2020, namun ditunda ke 2021 karena pandemi virus corona.




Baca Juga :
- Shin Tae-yong Memberikan Tingkatan Denda di Timnas U-19 Indonesia
- Rapat Exco PSSI Bahas Tiga Agenda Penting, Satu Topik Paling Dinanti


AFC mengajukan jadwal pada awal April 2021, tapi berbenturan dengan bulan Ramadhan. Meski, tuan rumah Piala Asia U-16 tak berubah yakni Bahrain.

“Ada beberapa putusan yang harus didiskusikan lebih lanjut terkait jadwal kompetisi terkini. Ini menjadi tantangan bagi semua anggota asosiasi untuk memberikan saran dan keputusan terbaik sehingga geliat sepak bola Asia bisa berjalan kembali,” kata Anggota Eksekutif PSSI sekaligus Anggota Komite Kompetisi AFC, Endri Erawan yang mengikuti AFC Competition Comittee Meeting yang berlangsung melalui konferensi video secara virtual pada Rabu (11/11/2020).


Baca Juga :
- Klub Rugi Finansial, Persebaya Minta PSSI dan LIB Tegas Hentikan Kompetisi 2020
- AFC Umumkan Pembatalan Piala Asia U-16 dan U-19


Sementara dalam pembahasan regulasi Piala AFC U-16, terdapat penyesuaian aturan terkait tahun kelahiran pemain.

Jika sebelumnya peraturan tahun kelahiran pemain diatur berbeda pada babak kualifikasi dan putaran final, yakni masing-masing kelahiran Januari 2004 untuk babak kualifikasi dan kelahiran September 2004 untuk putaran final, maka penyesuaian usia pun dilakukan hanya pada kelahiran Januari 2004 saja untuk kedua babak.

Dalam Piala Asia U-16, timnas U-16 Indonesia tergabung di Grup D. Pasukan Bima Sakti itu akan bertemu melawan Jepang, Arab Saudi, dan Cina di babak grup.

Piala Asia U-16 ini menjadi sangat bergengsi karena sekaligus sebagai ajang Kualifikasi Piala Dunia U-17 2021 di Peru.

Sekarang, latihan timnas U-16 Indonesia sedang diliburkan usai kembali dari lawatannya ke Uni Emirat Arab, 25 Oktober lalu. Di UEA, Muhammad Valeron dan kawan-kawan melakoni dua laga uji coba yang mengecewakan.

Skuat Garuda Asia dua kali kalah dari tuan rumah UEA. Pada pertandingan pertama 21 Oktober lalu, timnas U-16 kalah 2-3.

Tim nasional Indonesia U-16 kembali harus mengakui keunggulan Uni Emirat Arab (UEA) pada laga kedua di Stadion Federasi sepak bola UEA, Dubai, 24 Oktober, dengan skor 0-4.*

R
Penulis
Rizki Haerullah