news
LIGA ITALIA
Persaingan Top Scorer Seri A, Ibrahimovic 1,6 Gol per Laga, Lebih Efektif ketimbang Cristiano Ronaldo dan Romelu Lukaku
11 November 2020 22:34 WIB
berita
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (kiri) dan mesin gol Juventus, Cristiano Ronaldo -Topskor.id/istimewa
MILAN - Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic, telah membuktikan bahwa usia hanyalah angka semata. Dalam usianya yang sudah 39 tahun, namanya kini justru berada di posisi teratas daftar pencetak gol terbanyak sementara Seri A dengan 8 gol.

Ibrahimovic mencatatkan jumlah tersebut setelah tampil dalam 5 pertandingan. Atau dengan demikian, rata-rata dia mampu mencetak 1,6 gol per pertandingan. Itu juga menempatkannya dengan efektivitas gol yang lebih baik dibandingkan dengan mesin gol Seri A lainnya.




Baca Juga :
- Eriksen Ingin Kembali ke Tottenham, tapi Jose Mourinho Inginkan Angel Di Maria
- Arturo Vidal Didapuk Menjadi Pemimpin Inter Milan hadapi Juventus dalam Derby Italia


Dengan 8 gol tersebut, untuk sementara bintang asal Swedia ini bersaing dengan Cristiano Ronaldo. Penyerang Juventus tersebut telah mencatatkan 6 gol dari total empat pertandingan.

Rata-rata gol CR7 masih di bawah Ibra, yaitu 1,5 gol yang bisa diciptakan Ronaldo per pertandingan. Di posisi ketiga ada bintang Torino, Andrea Belotti dengan mencetak 6 gol, jumlah yang sama dengan Ronaldo tapi dengan laga lebih banyak, 7 pertandingan.


Baca Juga :
- Romelu Lukaku dan Cristiano Ronaldo Pasangan yang Cantik
- Baru Satu Tahun, Bruno Fernandes Sudah Lewati Rekor Para Legenda Liga Premier


Artinya, Belotti rata-rata mampu mencetak 0,86 gol per pertandingan di Seri A musim ini. Lalu ada Francesco Caputo, 5 gol dari 6 laga atau 0,83 gol per laga.

Sementara penyerang Inter Milan, Romelu Lukaku, yang dalam proses pemulihan cedera, baru mengoleksi 5 gol dalam 6 laga, atau rata-rata 0.83 gol per laga.

Kontribusi Ibrahimovic untuk Milan memang krusial. Dapat dilihat dari produktivitasnya pada Juni lalu hingga musim berakhir ketika dirinya mencetak 7 gol dan memberikan 4 assist dalam 8 pertandingan.

Performa Ibra tersebut salah satu kunci sukses AC Milan meraih tiket Liga Europa. Kini, faktor Ibrahimovic pula yang tentunya membuat Milan kini dinilai memiliki peluang meraih scudetto pada 2020/21 ini.

Penilaian tersebut datang dari mantan pelatih Milan, Arrigo Sacchi. Menurut pria 74 tahun tersebut, saat ini Milan memang hanya memiliki target kembali bermain di ajang Liga Champions musim depan.

Namun, dari performa I Rossoneri di bawah asuhan Stefano Pioli, tidak menutup kemungkinan Milan justru mampu berada di jalur trek scudetto. "Milan bisa memanfaatkan kompetisi yang tidak biasa ini dengan membidik scudetto," kata Sacchi.

Lalu, pria yang pernah membawa Milan dua kali juara Liga Champions ini melihat ada sejumlah klub besar yang performanya justru menurun.

"Inilah yang dapat dimanfaatkan oleh Milan. Kehadiran Ibrahimovic pun sangat penting dan dia sosok yang membuat Milan berhasil berada di posisi mereka saat ini," kata Sacchi lagi.

Usia Ibra memang tidak mudah lagi. Namun, Ibra justru mampu memperlihatkan dirinya bisa lebih efektif ketika usianya kepala tiga.

Total, Ibrahimovic telah mencetak 493 gol dalam kariernya. Dari jumlah tersebut, faktanya 258 gol di antaranya justru diciptakan ketika usianya di atas 30 tahun.*

Efektivitas 5 Besar Top Scorer Seri A 2020/21

1. Zlatan Ibrahimovic (Milan), 8 gol dalam 5 laga. 1,6 gol per Laga
2. Cristiano Ronaldo (Juventus), 6 gol dalam 4 laga, 1,5 gol per laga
3. Andrea Belotti (Torino), 6 gol dalma 7 laga, 0,86 gol per laga
4. Francesco Caputo (Sassuolo), 5 gol dalam 6 laga, 0,83 gol per laga
5. Romelu Lukaku (Inter), 5 gol dalma 6 laga, 0.83 gol per laga

I
Penulis
Irfan Sudrajat