news
UMUM
Sempat Alami Depresi, Nick Kyrgios Ungkap Rahasia Kesembuhan
11 November 2020 00:46 WIB
berita
Nick Kyrgios mengaku sempat berjuang menghadapi kesehatan mental.-TopSkor.Id/Istimewa-
BRISBANE - Nick Kyrgios, petenis asal Australia, mengungkapkan secara gamblang soal problem kesehatan mental yang pernah dialami.

Dalam wawancara dengan Majalah Stellar dan dilansir Sydney Sunday Telegraph, Nick Kyrgios mengaku pernah depresi selama beberapa tahun. 




Baca Juga :
- Cerita Menarik Daniil Medvedev ‘Ngos-ngosan’ Balas Ucapan Selamat
- Andy Murray Minta Semua Petenis Lakukan Vaksinasi Covid-19


Petenis 25 tahun itu mengatakan hidupnya kala itu seperti berada dalam kegelapan dan hal itu mempengaruhi pola hidupnya sehari-hari.

"Ketika sedang berjuang, bukan tentang tenis, ada momen di mana saya merasakan seperti berada di jurang depresi," ujar Nick Kyrgios. 


Baca Juga :
- Australia Open 2021 Kemungkinan Diundur
- Lolos ke Semifinal ATP Finals 2020, Rafael Nadal Antusias


"Saya ingat, waktu itu di Shanghai (Cina) pukul 4 sore. Saya masih di atas kasur dengan tirai jendela (kamar) yang tertutup," ia menambahkan. 

Nick Kyrgio mengatakan, saat itu, dirinya tak bisa mempercayai siapa pun. Bahkan, dengan orang-orang terdekatnya selama ini. 

Hal itu disebabkan tekanan yang sangat hebat yang justru datang dari orang-orang di sekitar hingga berdampak kepada kepribadiannya.

Nick Kyrgios merasa terlalu keras kepada diri sendiri. "Saya jadi tak bisa menikmati permainan dan gagal mengontrol diri sendiri."

"Pada akhirnya, saya jatuh ke jurang depresi karena berbagai pikiran yang masuk. Saya takut keluar rumah dan bicara dengan orang lain."

Dan, di antara sesama petenis, Nick Kyrgios merasa dikucilkan karena tak pernah meraih kampiun dalam ajang-ajang besar. 

Pikiran tersebut sangat membebaninya hingga petenis 25 tahun itu memilih untuk menjauh dari kegiatan-kegiatan sosial. 

Awal 2020 menjadi titik balik Nick Kygios melewati masa depresi. Juara Hopman Cup 2016 itu mendonasikan hasil turnamen yang diikuti ke lembaga sosial.

Bersama sang ibu, dirinya makin intens melakukan kegiatan sosial seperti bagi-bagi sembako kepada warga yang membutuhkan di tengah pandemi Covid-19.

"Dari situ, saya merasa publik Australia mulai bisa memahami saya. Tidak hanya sebatas hasil yang saya capai dalam dunia tenis," ia menuturkan. 

Kini, Nick Kyrgios bisa menikmati keseharian. Meski belum berpartisipasi dalam turnamen, dia senang karena bisa menghabiskan waktu dengan orang terdekat.

I
Penulis
Igor Hakim