news
MOTOGP
Joan Mir soal Kemenangan Pertamanya di MotoGP: Keinginan Itu Memenuhi Pikiran dan Saya Ingin Menyingkirkannya Secepat Mungkin
08 November 2020 23:05 WIB
berita
Pembalap Tim Suzuki, Joan Mir, setelah memenangi GP Eropa, Minggu (8/11) -Topskor.id/Marca
VALENCIA - Joan Mir mengakui bahwa sebelum sukses finis pertama di GP Eropa malam ini, di pikirannya memang sudah penuh dengan keinginan untuk meraih kemenangan dalam GP.

"Keinginan itu (memenangi lomba) seperti memenuhi pikiran saya dan saya ingin menyingkirkannya secepat mungkin," kata Mir, mengomentari kemenangannya di GP Eropa ini.




Baca Juga :
- Harapan Alex Rins, Ambil Status Juara MotoGP dari Joan Mir
- ‘Saya sangat merindukan Marco Simoncelli’, Loris Capirossi Kenang Super Sic


"Dan, hari ini adalah harinya dan saya berhasil memanfaatkannya," pembalap asal Spanyol ini menambahkan.

Selama musim ini (2020), Joan Mir memang tidak pernah sekalipun meraih kemenangan dalam GP. Tapi, dia berhasil meraih podium dalam sejumlah GP musim ini.


Baca Juga :
- Keren! Anak Legenda Motocross Ini Berlatih bersama Dani Pedrosa
- Terungkap! Petronas Yamaha SRT Sempat Upayakan Motor Pabrikan untuk Franco Morbidelli


Podium pertamanya diraih di GP Austria, lalu tiga kali beruntun podium pada GP San Marino, Emilia Romagna, Catalunya, lalu di GP Aragon dan GP Teruel.

Baru kemudian di GP Eropa ini dia berhasil finis pertama. Karena itu, dapat dibayangkan bahwa sepanjang sebelum sukses di GP Eropa ini, dia selalu berharap untuk meraih kemenangan dalam GP. Namun, seringkali dia harus "menunggu" momen tersebut.

"Ada saat-saat ketika saya datang atau memulai lomba dan saya mengatakan ini bukan harinya. Namun, saya yakin hari itu akan tiba dan hari ini adalah hari itu," kata Mir lagi, dengan nada bangga.

Pembalap 23 tahun tersebut baru memulai kariernya di MotoGP pada tahun lalu (2019). Bersama Suzuki Ecstar, total telah meraih 7 kali podium dalam kariernya.

Mir kini memimpin klasemen sementara dengan 162 poin, atau unggul 37 poin atas Fabio Quartararo dan Alex Rins yang berada di bawahnya dengan masing-masing mereka meraih 125 poin.

Dengan posisinya di klasemen dan poin yang diraihnya, serta dengan musim yang tinggal menyisakan dua putaran, Mir dapat memastikan gelar MotoGP 2020 pekan depan atau 25 November di sirkuit yang sama.

Joan Mir paling aman minimal adalah meraih podium (urutan kedua atau ketiga) pada GP Valencia nanti. Dengan tambahan 16 poin pun (ketiga), dia akan tampil sebagai juara musim ini karena dengan 178 poin yang dia koleksi tersebut nanti, tidak akan dapat lagi terkejar oleh Alex Rins atau Fabio Quartararo.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat