news
LIGA TOPSKOR
Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise Puji Kompetisi Liga TopSkor
07 November 2020 10:08 WIB
berita
Direktur Teknik Garuda Select Dennis Wise/ Foto TopSkor
LIGA TopSkor mendapat apresiasi dari Direktur Teknik program Garuda Select, Dennis Wise.

Menurut Dennis Wise, Liga TopSkor menjadi salah satu pembinaan usia dini yang berhasil mencetak pemain-pemain muda berbakat. Tentunya, ini penting untuk masa depan timnas Indonesia.




Baca Juga :
- Timnas Wanita Indonesia Akan Gelar TC Jangka Panjang di Pati
- Pengalaman Melatih Klub Wanita Australia Menantang Rudy Eka untuk Cetak Sejarah bersama Timnas Wanita Indonesia


Dennis Wise pun mendukung keberlanjutan Liga TopSkor dan berjanji akan kembali datang untuk seleksi program Garuda Select edisi selanjutnya.

Dalam proses seleksi pemain program Garuda Select jilid III, Dennis Wise baru mengetahui jika ada  banyak kompetisi sepak bola usia muda yang tak berada di bawah naungan PSSI.


Baca Juga :
- Shin Tae-yong Memberikan Tingkatan Denda di Timnas U-19 Indonesia
- Klub Rugi Finansial, Persebaya Minta PSSI dan LIB Tegas Hentikan Kompetisi 2020


Pada edisi-edisi sebelumnya, program Garuda Select hanya menjaring  pemain-pemain muda yang berkompetisi di program Elite Pro Academy (EPA) Liga 1 U-16.

Namun, pada edisi kali ini, mereka mulai memberi ruang kepada wadah pembinaan usia muda lain. Salah satu yang mendapat sorotan ialah Liga TopSkor.

Dennis Wise mengatakan, mayoritas pemain yang lolos seleksi pada edisi kali ini berasal dari luar pembinaan yang dilakukan oleh PSSI.

Hal itu membuat Dennis Wise senang. Sebab, dia bisa menjumpai talenta-talenta berbakat yang berasal dari akademi sepak bola di seluruh penjuru nusantara.

“Ini sangat bagus bagi kami untuk mendapatkan pemain-pemain terbaik seperti yang sudah kami perhatikan selama beberapa hari ini,” kata Dennis Wise, dalam wawancara eksklusif bersama Liga TopSkor.

“Mereka bertalenta dan yang mengesankan banyak dari mereka berasal dari luar sumber (kompetisi resmi PSSI).”

Mantan gelandang timnas Inggris ini menjelaskan, banyak pemain-pemain berkualitas berkat tempaan Liga TopSkor.

Menurut Dennis Wise, salah satu staf yang membantunya dalam seleksi ini sudah mengetahui seluk-beluk mengenai Liga TopSkor.

“Wez, salah satu pencari bakat kami, mengetahui detail (tentang Liga TopSkor) dan kompetisi lain," ujar Dennis Wise.

"Karena, dia yang datang langsung dan menghabiskan banyak waktu untuk bertemu dan berinteraksi bersama Anda semua.”

"Menariknya, banyak pemain muda dihasilkan dari kompetisi-kompetisi tersebut yang siap naik ke top level, salah satunya melalui wadah Liga TopSkor,” ujar Dennis.*

Selain itu, lelaki berusia 53 tahun itu berjanji akan kembali menjaring pemain yang berasal dari Liga TopSkor pada seleksi program Garuda Select edisi selanjutnya.

Sebab, Dennis melihat peran positif Liga TopSkor dalam mencetak pemain-pemain berbakat.

Sebagai kompetisi yang berasal dari luar otoritas resmi, Liga Top Skor telah menunjukkan kiprahnya di dunia pembinaan usia dini di Indonesia.

Dua pemain dari Imran Soccer Academy merayakan gol ke gawang TMP-Rorotan (merah) berebut bola dalam perebutan posisi tiga Liga TopSkor U-13 2019-2020, 24 Oktober 2020.

Dua pemain dari Imran Soccer Academy merayakan gol ke gawang TMP-Rorotan (merah) berebut bola dalam perebutan posisi tiga Liga TopSkor U-13 2019-2020, 24 Oktober 2020. Rafidah Maulida/Magang/Skor.id

“Kami pasti akan segera kembali lagi. Percayalah," ujar Dennis Wise.

"Menurut saya, Anda telah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk mendorong para pemain muda ini untuk memberikan yang terbaik hingga bisa sampai pada tempat (seleksi) ini.”

“Kami sangat tertarik dengan akademi (Liga TopSkor) Anda, sebagai kompetisi swasta yang dikonsep dan dilaksanakan dengan sangat baik,” ujar Dennis Wise menjelaskan.*

Terdapat 29 pemain dari Liga TopSkor musim 2019-2020 yang dipanggil untuk mengikuti seleksi Garuda Select season III.

Para pemain itu berasal dari kelahiran 2004, 2005, hingga 2006. Posisinya juga beragam, mulai kiper, belakang, tengah, sampai depan.

Program seleksi Garuda Select season III telah dilaksanakan pada 29 Oktober sampai 3 November 2020 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor.

Direktur Teknik Garuda Select, Dennis Wise, memimpin langsung seleksi ditemani Kepala Tim Pelatih, Des Walker, beserta staff dan Pemandu Bakat Garuda Select.*ADIF SETIYOKO

R
Penulis
Rizki Haerullah