news
UMUM
Harapan Persebaya kepada Enam Pemain Muda yang Ikut Seleksi Garuda Select III: Lanjutkan Tradisi!
29 October 2020 22:56 WIB
berita
Striker muda Persebaya Wahyu Agung Drajat, salah satu pemain yang ikut seleksi Garuda Select III di Bogor - Media Persebaya
SURABAYA – Seleksi Garuda Select III sudah mulai digelar di Sentul, Bogor. Garuda Select sendiri merupakan proyek PSSI dengan pihak ketiga.

Misinya adalah menjaring talenta-talenta muda untuk dikirim dan digembleng selama beberapa bulan di daratan Eropa.




Baca Juga :
- Persebaya Lepas 4 Pemain ke Garuda Select III
- Gelandang Persebaya Mengadopsi Kucing Gara-gara Film Upin Ipin


Tercatat ada enam pemain Persebaya Surabaya yang ikut dalam seleksi tersebut. Merekat merupakan produk klub internal Persebaya yang sebelum ini tergabung dalam skuad Elite Pro Academy (EPA) Persebaya U-16. 

Keenam pemain tersebut yakni Wahyu Agung Drajat (PS Anak Bangsa), I Gusti Aditya Juli Antara (PS Anak Bangsa), I Gusti Made Rendy Sanjaya Putra (PS Semut Hitam), M Zaki Satriya (PS Bintang Timur), Arizal Danilo (PS Indonesia Muda) dan Fernando Pamungkas (PS Sakti).


Baca Juga :
- Pemain Timnas U-16 Indonesia Felix Kamuru Ungkap Alasannya Menolak Gabung dengan Garuda Select
- Pelatih Persebaya Aji Santoso: "Kalau Sampai Nol Sangat Berat"


Wahyu Agung Drajat sebelumnya sempat ikut TC di Timnas U-16 tahap pertama. Sedangkan Fernando Pamungkas tahun lalu sudah bergabung dalam tim Garuda Select II.

“Untuk lima pemain mereka dipanggil lewat jalur Persebaya. Untuk Fernando dari Askot PSSI (Surabaya). Tetapi tidak ada masalah. Semua pemain klub internal kita (Persebaya),” ujar Saleh Hanifah, direktur amatir Persebaya, dikutip dari laman resmi klub.

Para pemain ini akan menjalani seleksi hingga 4 November mendatang di Bogor. Mereka harus berebut dengan puluhan pemain muda lain dari seluruh Indonesia.

Nantinya, akan dipilih 29 pemain yang diboyong ke Inggris. Keberangkatan ke negeri Ratu Elizabeth ini direncanakan paling lambat, awal 2021 mendatang. “Semoga semua bisa lolos. Bisa berlatih di Eropa,” Saleh menambahkan.

Ia ingin Persebaya melanjutkan tradisi dalam program Garuda Select. Dari dua kali proyek Garuda Select yang sudah berjalan, Persebaya memang selalu mengirimkan wakil.

Sebelumnya, tiga nama yang masuk dalam program Garuda Select II yakni Fernando Pamungkas, Vito Rendy Candra Ananda dan M Iqbal Pratama.

Garuda Select merupakan ikhtiar PSSI untuk akselerasi tim demi target lolos ke Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2030.

Proyek ini, kali pertama diluncurkan pada Januari 2019. Garuda Select I ini bermaterikan para pemain jebolan Timnas U-16.

Ada tiga pemain Persebaya yang terjaring. Dan dikirim lima bulan di Inggris. Yakni M Supriadi, Ernando Ari Sutaryadi dan Bryan Aldama.

Supriadi dan Ernando saat ini tergabung di tim senior Persebaya. Sedang Bryan melanjutkan petualangan di Eropa.

“Ini bagian investasi kami. Semoga para pemain bisa memanfaatkan kesempatan ini. Dan, suatu saat mereka bisa menjadi tulang punggung Persebaya,” Saleh memungkasi.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id