news
UMUM
Belanda jadi Tujuan Terdepan Persiapan Timnas U-19 Indonesia, ini Alasannya
28 October 2020 10:34 WIB
berita
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan (kiri), bersama Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, memberi keterangan pers usai menyambut kembalinya timnas U-19 Indonesia usai latihan di Kroasia, 27 Oktober 2020. - Sumargo Pangestu
JAKARTA - Belanda menjadi negara tujuan terdepan timnas U-19 Indonesia untuk melakukan persiapan menuju Piala Dunia U-20 2021. Timnas U-19 Indonesia telah selesai melakukan pemusatan latihan di Kroasia dan tiba di Tanah Air, Selasa (27/10) malam.

Serangkaian persiapan pun langsung dipersiapkan untuk timnas U-19 Indonesia yang bakal mentas di Piala Dunia U-20 2021. Dengan ketidakjelasan kompetisi di Indonesia, timnas U-19 diproyeksikan melanjutkan persiapan dengan latihan di luar negeri.




Baca Juga :
- Bocoran Agenda TC Timnas U-16 Indonesia di Sleman, Mulai 6 Desember
- TC Timnas U-16 Indonesia Berakhir, Bima Sakti Lihat Banyak Peningkatan


Beberapa negara tujuan mencuat. Namun Belanda menjadi yang terdepan, sementara Jepang dan Korea Selatan jadi opsi lain. Kendati demikian, semua masih terus digodok oleh semua pihak, termasuk PSSI dan pelatih timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong.

"Dalam oret-oretan kami, tanggal 24 itu sudah urus visa ke Belanda. Tapi kan harus ada korespondensi dulu," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan. "Harus ada izin dari federasi dan pemerintah sana karena kondisi seperti ini (terkait Covid-19) sekarang," ia melanjutkan, Selasa (27/10) malam.


Baca Juga :
- Resmi! Bhayangkara FC Ganti nama Menjadi Bhayangkara Solo FC
- Resep Agar Tidak Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas U-19


Adapun keputusan untuk melanjutkan persiapan di luar negeri dengan utamanya ke Belanda bukan tanpa alasan. "Di dalam keputusan kami, memang kenapa ke Belanda karena di sana banyak tim-tim bagus," ucap Iwan Bule, sapaan Iriawan.

"Kedua, Shin Tae-yong sampaikan bahwa di sana banyak pemain keturunan Indonesia, jadi bisa sekalian siapa tahu ada," ia menambahkan. Ya, persiapan di Belanda juga disiasati sebagai ajang memantau pemain keturunan Indonesia yang layak membela timnas U-19 Indonesia.

Kendati begitu, Iriawan mengaku dirinya tidak mau ikut campur urusan pemain dan diserahkan ke pelatih serta direktur teknik.*03

T
Penulis
Taufani Rahmanda