news
LIGA CHAMPIONS
Miralem Pjanic: Saya Akan Menceritakan kepada Cucu Saya bahwa Saya Pernah Bermain bersama Messi dan Ronaldo
28 October 2020 08:45 WIB
berita
Miralem Pjanic (kiri) mengaku beruntung dalam kariernya dapa bermain dengan Lionel Messi (kanan atas) dan Cristiano Ronaldo -Topskor.id/Marca
TURIN - Miralem Pjanic mengaku sangat beruntung bahwa dalam kariernya dia telah bermain dengan dua bintang dunia: Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Kepindahannya dari Juventus ke Barcelona pada awal musim panas ini memang membuatnya dia betemu dengan Messi.




Baca Juga :
- PSG Terus Dekati Messi, Koeman: Saya Tertarik pada Neymar dan Mbappe
- Messi dan Keluarganya Belajar Bahasa Prancis, Isyarat Pindah ke PSG Makin Kuat


Pjanic, satu dari sejumlah pemain yang beruntung karena dapat satu tim dengan masing-masing bintang dunia tersebut.

"Itu di luar dugaan bahwa saya dapat bermain dengan Messi dan Ronaldo. Mereka adalah fonemenal dan luar biasa berinteraksi dengan keduanya," kata Pjanic, jelang Barcelona tandang lawan Juventus, Rabu (28/10) atau Kamis dini hari WIB.


Baca Juga :
- Ronaldo Suka Bacalhau Bra, Pizza Cuma Seminggu Sekali
- Gianluigi Buffon Hadapi Sidang Dugaan Penistaan Agama oleh Federasi Sepak Bola Italia


"Saya akan ceritakan kepada anak cucu saya betapa hebatnya mereka berdua dan bahwa saya pernah bermain bersama keduanya," kata Pjanic lagi.

Meski Ronaldo dinyatakan tidak dapat tampil dalam pertandingan ini karena kondisinya masih positif corona, namun duel dua klub ini tetap menjadi spesial karena faktor kedua pemain besar tersebut.

"Tidak banyak pemain pernah bermain dengan Ronaldo dan Messi," kata Pjanic lagi. "Messi tahu situasi yang terjadi terhadap Ronaldo belakangan ini karena dia mengikuti beritanya," pemain asal Bosnia Herzegovina ini menambahkan.

Pertandingan menghadapi Juventus menjadi reuni bagi Pjanic kembali ke stadion yang sudah sangat dikenalnya. Gelandang 30 tahun ini bermain di Juventus sejak 2016 lalu sebelum akhirnya pergi dan bergabung dengan Barcelona pada bursa transfer musim panas lalu.

Total, Pjanic tampil dalam 178 laga di semua ajang dan mencetak 22 gol untuk Juventus dalam fase tersebut. Kini, dia akan membantu Barcelona untuk mengalahkan mantan klubnya dalam laga nanti.

"Saya melewatkan empat tahun karier saya di sini dan saya memiliki kenangan yang indah bersama Juventus," kata Pjanic lagi.

Karena itu pula, dia mengetahui bagaimana kekuatan Juventus, tim yana akan dihadapinya. Dia juga menjadi "informan" bagi timnya, menceritakan bagaimana kekuatan Juventus sebenarnya.

"Saya tahu mentalitas Juventus dan ini akan menjadi pertandingan yang sulit. Saya sudah berbicara dengan Messi, kepada pelatih, dan juga presiden klub. Messi sudah mendapatkan info dari saya dan dia sudah mengenal Juventus dengna baik," dia menegaskan.

Selain Pjanic, tentu saja Arthur Mello menjadi pemain yang menambah daftar mereka yang pernah bermain dengan Ronaldo dan Messi.

Kepergian Pjanic ke Barcelona memang ditandai pula dengan transfer Arthur ke Juventus. Pjanic telah tampil dalam 69 pertandingan bersama CR7 dengan persentase kemenangan mencapai 65 persen.

Pjanic pun tahu bagaimana memberikan bola yang disukai Ronaldo. Total, ada lima assist Pjanic yang berada di balik gol-gol Ronaldo. Dan, musim depan, Pjanic justru akan ke Barcelona dan “melayani” rival Ronaldo yaitu Messi.

Yang menarik pula, Pjanic sudah tujuh kali menghadapi Messi dan dari jumlah tersebut hanya ada datu kemenangan yaitu pada perempat final Liga Champions 2016/17 dalam kemenangan Juve 3-0 atas Barcelona.

Demikianlah, keduanya kini akan menambah daftar pemain yang pernah bermain dengan dua bintang dunia terbesar ini: Messi dan Ronaldo.

Rivalitas Messi dan Ronaldo menjadi catatan sejarah dalam sepak bola dan siapa pemain yang pernah tampil dengan kedua bintang tersebut tentu membuat si pemain istimewa pula.

Berikut deretan pemain yang sebelumnya pernah bermain dengan Messi dan Ronaldo baik di klub maupun timnas:

Henrik Larsson

Henrik Larsson dan Ronaldo pernah bermain bersama di Manchester United. Keduanya tampil dalam 11 pertandingan untuk Man. United. Dari jumlah tersebut, MU meraih 73 persen kemenangan.

Larsson memang hanya pinjaman di MU dan hanya sebentar bermain di Tim Setan Merah. Total hanya 13 laga dan mencetak tiga gol. Satu gol Larsson di antaranya tercipta karena assist Ronaldo, tepatnya 7 Maret 2007 dalam laga lawan Lille di 16 besar kedua Liga Champions. Itu menjadi satu-satunya gol dalam kemenangan MU.

Sebelum ke MU, Larsson bermain di Barcelona (2004-2006) dan tampil dengan Messi. Total ada sembilan pertandingan Larsson dengan Messi yang pada musim itu baru muncul di Barcelona. Keduanya memberikan 55 persen kemenangan untuk Barca.

Martin Caceres

Martin Caceres bermain di Juventus dalam tiga periode dan di periode ketika dia bertemu dengan Cristiano Ronaldo. Caceres sempat bermain dalam tiga pertandingan dengan Ronaldo dengan persentase kemenangannya mencapai 33 persen.

Dalam kariernya sebagai pemain, Caceres memang tidak pernah menetap laga di satu klub. Sebelumnya, dia sempat bermain di Barcelona pada 2008/09. Bersama Messi ketika itu, Caceres bersama Messi membawa Barca meraih tiga gelar.

Ezequiel Garay

Pemain asal Argentina ini bermain dalam 23 laga bersama Cristiano Ronaldo di Real Madrid. Garay memberikan satu assist bagi terciptanya gol Ronaldo. Keduanya meraih 74 persen kemenangan.

Garay juga termasuk pemain yang beruntung karena mendapatkan kesempatan tampil bersama timnas Argentina. Di tim Albiceleste ini, dia bermain dalam 31 laga bersama Messi dengan memberikan 81 persen kemenangan.

Paulo Dybala

Kini, Paulo Dybala semakin membangun koneksi yang sangat baik dengan Cristiano Ronaldo di lini depan Juventus, sejak CR7 bergabung dengan Juve pada dua musim lalu.

Di timnas Argentina, Dybala 11 kali bermain dengan Messi meski demikian, keduanya belum memperlihatkan koneksi langsung bagi terciptanya sebuah gol. Namun, mereka memberikan 54 persen kemenangan untuk Argentina.

Andre Gomes

Di timnas Portugal, Andre Gomes tampil dalam 21 pertandingan bersama Cristiano Ronaldo. Keduanya memberikan 67 persen kemenangan untuk negeri mereka. Ada satu gol Ronaldo yang tercipta karena assist Andre Gomes.

Di Barcelona, Andre Gomes (2016-2019) tampil dalam 68 pertandingan dengan Messi dan memberikan 73 persen kemenangan untuk klub asal Katalunya tersebut.

Fernando Gago

Dalam masa kariernya, Fernando Gago termasuk pemain yang identik dengan Madrid dan timnas Argentina. Di klub dan timnas ini pula dia bertemu dengan Ronaldo dan Messi.

Gago 24 laga tampil dengan Ronaldo di Madrid dan membawa klub ini meraih persentase kemenangan yang tinggi, 92 persen. Di Argentina, dia termasuk pemain yang kerap tampil dengan Messi, 66 laga dengan memberikan satu assist bagi gol Messi.

Nelson Semedo

Dibandingkan dengan Ronaldo yang merupakan rekannya di timnas Portugal, Nelson Semedo justru lebih “bersahabat” dengan Messi.

Total ada 95 pertandingan bersama Messi (67 persen kemenangan) dan memberikan lima assist bagi gol La Pulga. Di timnas Portugal, Semedo tampil dalam 9 laga dengan Ronaldo dan belum memberikan assist atau sebaliknya.*

Pemain Lainnya yang Pernah Bermain bersama Messi dan Ronaldo
Gabriel Heinze: 75 laga dengan Ronaldo (MU), dengan 60% Menang. 37 laga dengan Messi di timnas Argentina dengan 62% menang.
Carlos Tevez: 80 laga dengan Ronaldo di MU dengan 71% kemenangan, masing-masing memberikan empat assist, satu sama lainnya. Tevez dan Messi 47 laga di timnas Argentina, memberikan 6 assist untuk gol Messi dan mencetak tiga gol dari assist Messi.
Gonzalo Higuain: 172 laga dengan Ronaldo di Madrid dan Juve, keduanya total memberikan 31 gol untuk dua klub tersebut. 13 gol Higuain dari assist Ronaldo dan 18 gol Ronaldo dari assist Higuain. Dengan Messi ada 61 laga di timnas, memberikan tujuh assist bagi Messi dan mencetak 10 gol dari assist Messi.
Angel Di Maria: 166 laga dengan Ronaldo di Madrid. Mencetak tiga gol dari assist Ronaldo dan memberikan 25 assist untuk gol Ronaldo. Di Maria 83 laga dengan Messi, mencetak enam gol karena assist Messi dan memberikan tiga assist bagi gol Messi.
Gerard Pique: 15 laga dengan Ronaldo di MU dengan persentase 73 kemenangan. Messi dan Pique keduanya masih bermain di Barcelona saat ini.
Deco: Keduanya bermain bersama di timnas Portugal sejak 2003 hingga 2010, ketika Deco kemudian gantung sepatu. Bersama Messi, keduanya bermain di Barcelona antara 2004 dan 2008. Meraih sejumlah trofi di antaranya Liga Champions 2005/06.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat