news
LIGA ITALIA
Siaran Langsung Seri A RCTI: AC Milan vs AS Roma, Selasa (27/10) Pukul 02.45 WIB
26 October 2020 14:47 WIB
berita
Penyerang AC Milan, Zlatan Ibrahimovic (kiri) dan mesin gol AS Roma, Edin Dzeko -Topskor.id/Grafis: Dede Mauladi
MILAN - AC Milan dan AS Roma akan bertarung pada Senin (26/10) atau Selasa dini hari WIB. I Rossoneri tampil dalam laga ini membawa rapor mereka yang sangat positif. Dalam empat laga awal Seri A, mereka menyapu bersih semua poin.

Pasukan Stefano Pioli mengalahkan Bologna, Crotone, Spezia, dan menang pula dalam derby Milan pada dua pekan lalu.




Baca Juga :
- Ciro Immobile: Jika Saya Tidak Bermain, Saya seperti Anak Kecil yang Tanpa Mainan
- Kiper Lazio, Pepe Reina, Melewati Rekor Laga Xavi Hernandez di Kompetisi Eropa


Dari deretan kemenangan tersebut, Milan mencetak 9 gol dan hanya kemasukan satu gol. Ini sebuah rapor yang sangat positif. Dari 9 gol tersebut, empat di antaranya diciptakan oleh Zlatan Ibrahimovic.

Hasil positif tersebut menempatkan mereka sebagai pemimpin klasemen sementara 2020/21 ini.


Baca Juga :
- Giuseppe Bergomi Menilai AC Milan Lebih Meyakinkan ketimbang Juventus, sementara Inter Milan Terlalu Lamban
- Antonio Conte yang Membuat Nicolo Barella Paham Peran sebagai Mezzala


Roma akan datang ke Stadion San Siro pun dengan rapor yang positif. Edin Dzeko dan kawan-kawan sempat dipukul Verona dengan tiga gol tanpa balas pada pekan pertama.

Namun, pasukan Paulo Fonseca ini memberikan reaksi yang positif di tiga laga selanjutnya. Pertama mampu memberikan perlawanan saat lawan Juventus dengan hasil 2-2.

Selanjutnya, Roma meraih kemenangan dalma dua laga beruntun yaitu lawan Udinese dan terakhir Benevento.

Performa kedua tim di ajang Eropa juga positif. Roma mengalahkan Young Boys pada laga pertama fase grup Liga Europa sedangkan Milan juga menang atas Celtic pada ajang yang sama.

Karena itu, Pioli menilai bahwa Roma adalah tes yang akan menyulitkan bagi timnya. Jika selama ini banyak yang menilai bahwa Milan dalam grafik menanjak, menurut Pioli, lawan Roma adalah momen terbaik untuk mengetahui sejauh ini kekuatan I Rossoneri pada musim ini.

"Ini pertandingan yang sangat penting dan juga untuk posisi kami di klasemen. Kami memulai musim ini dengan sangat baik dan kami ingin meneruskan trek positif ini," kata Pioli, dalamm konferensi persnya soal duel lawan I Giallorossi.

Hingga Seri A bergulir empat putaran, Milan menjadi satu-satunya tim yang mampu meraih semua poin. Namun, hanya tiga kali dalam sejarah I Rossoneri mereka mampu meraih lima kemenangan beruntun pada awal musimm kompetisi, terakhir terjadi pada 1992/93.

Karena itu, laga lawan Roma ini memberikan peluang bagi Milan untuk menorehkan rekor lima kemenangan beruntun untuk kali keempat dalam sejarah tim ini.

Pioli juga bisa menambah rapor positif tim ini lawan Roma. Milan meraih dua kemenangan pada dua laga kandang terakhir menjamu klub berlambang serigala ini.

Kali terakhir mereka mampu meraih tiga kemenangan kandang beruntun lawan Roma terjadi ketika di bawah asuhan Fabio Capello pada 1996, setelah itu Milan tidak pernah lagi mampu mengukirnya.

Mampukah Milan meneruskan rapor positif mereka belakangan ini, atau langkah mereka akan dijegal AS Roma? "Fonseca melakukan tugasnya dengan baik pada tahun pertamanya di Italia, dia memperlihatkan sejumlah ide yang mengesankan," kata Pioli.

Perkiraan Pemain AC Milan vs AS Roma

Hasil imbang lawan Juventus tanda bahwa Roma mampu mengatasi tekanan setiap kali mereka menghadapi tim besar. Salah satu sukses Fonseca adalah memaksimalkan kembali kemampuan Pedro Rodriguez.

Dia menempatkan Pedro tidak hanya sekadar sayap kanan melainkan juga memberikan ruang bagi pemain asal Spanyol ini menjadi playmaker yang bermain di belakang penyerang utama, Edin Dzeko.

Mantan pemain Chelsea dan Barcelona ini total telah mencetak dua gol dan memberikan satu assist untuk Roma. Statistik yang tentu cukup mengagumkan bagi pemain yang baru bermain dalam sepak bola Italia.

Karena Faktor Pedro pula, Roma dalam setiap pertandingannya tampil dengan kekuatan dua pemain kreatif. Pola 3-4-2-1 memang menempatkan Pedro dan Henrikh Mkhitaryan dalam mendukung pergerakan Dzeko.

Kedua pemain ini akan menciptakan peluang mencetak gol untuk Dzeko. Meski demikian, kemampuan Dzeko dalam merancang serangan pun salah satu kekuatan Roma yang akan mengancam pertahanan Milan pada laga malam ini.*

I
Penulis
Irfan Sudrajat