news
LIGA 1
Upaya PSS Gaet Sponsor di Tengah Buramnya Kompetisi: Manfaatkan Platform Digital, Podcast, hingga UMKM
25 October 2020 22:56 WIB
berita
Manajer Komersial dan Bisnis PT PS Sleman Leo Gaetano - Media PS Sleman
SLEMAN – Tidak jelasnya kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 tidak hanya berdampak pada nasib pemain yang terkatung-katung menanti kompetisi.

Melainkan juga dari sisi fiansial klub, termasuk untuk menarik para sponsor. Itu sebabnya manajemen PS Sleman (PSS) gerak cepat untuk mengantisipasi kondisi ini.




Baca Juga :
- Gelandang Senior Madura United Ini Tak Percaya Liga 1 Bisa Dilanjut Februari
- Ketimbang Tarkam, Winger PSS Sleman Ini Pilih Memancing untuk Tambah Penghasilan dan Latihan


Seperti diketahui, tidak jelasnya kelanjutan kompetisi membuat PSS meliburkan kegiatan skuat Super Elja hingga batas waktu yang tidak ditentukan.

Kondisi menjadi tantangan bagi Departemen Komersial dan Bisnis PT PSS menjalankan aktivitas mereka di tengah kevakuman kompetisi tahun ini.


Baca Juga :
- Borneo FC Siap Tandang ke Johor Darul Takzim
- Gelandang Persebaya Mengadopsi Kucing Gara-gara Film Upin Ipin


Leo Gaetano, Manajer Komersial dan Bisnis PT PSS pun tetap optimistis kondisi ini tidak membuat aktivitas Laskar Super Elja dari sisi bisnis berhenti begitu saja.

Pertanggungjawaban klub terhadap sponsor yang sudah menjalin kerja sama dengan PSS sebelum liga bergulir pun dilakukan dengan profesional dan memerhatikan kondisi terkini. Cara yang dilakukan yaitu melalui aktivitas digital media ofisial PSS.

“Sponsor-sponsor yang sudah berjalan, otomatis yang bisa kami tawarkan adalah pengganti kewajiban-kewajiban yang kami berikan ke pihak sponsor berupa aktivasi digital karena yang offline atau nondigital saat ini belum bisa dilakukan,” kata Leo.

“Mengenai beberapa sponsor yang baru mau masuk, mau tidak mau kami tunda dulu sampai menunggu liga mulai karena kami mau bekerja sama dengan mereka dengan alasan untuk kebutuhan para pemain saat pertandingan,” Leo menambahkan.

Kegiatan PSS Podcast yang sudah berjalan bulan Oktober ini menurut Leo juga menjadi salah satu kegiatan departemen bisnis dan komersial yang mendapatkan respons positif.

Tidak hanya terbatas dari Sleman Fans. Bahkan dari beberapa sponsor ingin menjalin kerja sama melalui aktivitas PSS Podcast.

“Podcast ini kan baru berjalan satu bulan, alhamdulillah responsnya cukup baik dari Sleman Fans. Nah teman-teman sponsor atau partnership juga merespons positif,” Leo menjelaskan.

“Pertama kali kita bikin podcast di bulan ini, banyak sekali partner yang ingin bekerja sama mulai dari venue, beberapa gimmick merchandise mau ikutan untuk membantu kegiatan podcast,” ia menambahkan.

“Saya mewakili tim menghaturkan ucapan terima kasih kepada teman-teman sponsor atau partner yang mau ikut bekerja sama membantu kegiatan kita ini,” ucap Leo.

Ia juga menginformasikan kegiatan ke depan PSS Podcast, yakni menjalin kerja sama dengan UMKM dari sisi promosi agar lebih dikenal di khalayak umum.

“PSS Podcast ingin bantu dari sisi UMKM, kebetulan teman-teman dari Sleman Fans banyak memiliki usaha menengah kecil. Dalam kondisi seperti ini kita bisa bantu dari sisi promosi,” kata Leo.

Saat ini menurutya tim PSS Podcast sedang merencanakan meminta data serta membuka survei bagi Sleman Fans yang mau usahanya dibantu oleh PSS.

“Kekuatan kami itu pada digital aset yang untuk membantu agar usaha mereka bisa kami informasikan ke khalayak umum di wilayah Sleman dan kota Yogyakarta melalui wadah podcast dan sosial media yang kami punya,” Leo menuturkan.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id