news
MOTOGP
Kunci Sukses Joan Mir Pimpin Klasemen adalah Kekhawatiran terhadap Pandemi Covid-19: Belum Tentu GP Musim Ini Bisa Terus Berlanjut
25 October 2020 22:56 WIB
berita
Pembalap tim Suzuki, Joan Mir, masih memimpin klasemen sementara MotoGP-Topskor.id/Marca
ARAGON - Joan Mir kembali podium. Pembalap asal Spanyol ini finis di posisi ketiga GP Turuel, Minggu (25/10). Dengan demikian, Mir berhasil menambah 16 poin yang membuat posisinya tetap memimpin klasemen sementara MotoGP.

Kini, setelah 11 putaran, pembalap dari Tim Suzuki tersebut telah mengoleksi 137 poin. Di bawahnya ada pembalap tim Yamaha, Fabio Quartararo dengan 123 poin.




Baca Juga :
- Keren! Anak Legenda Motocross Ini Berlatih bersama Dani Pedrosa
- Terungkap! Petronas Yamaha SRT Sempat Upayakan Motor Pabrikan untuk Franco Morbidelli


Sedangkan di posisi ketiga adalah Maverick Vinales yang juga dari tim Yamaha dengan 118 poin, di peringkat keempat ada Franco Morbidelli dengan 112 poin.

Persaingan klasemen sementara antarpembalap memang sangat ketat, seiring berubahnya hasil dalam setiap GP. Namun, Mir memperlihatkan tetap sebagai pesaing yang mampu konsisten untuk selalu meraih podium (tiga teratas).


Baca Juga :
- Waduh, Lorenzo Baldassarri Nyaris Frustrasi Tahun Lalu
- Luka Jovic Samai Catatan Gol Selama 1,5 Tahun di Real Madrid Hanya dalam 28 Menit Bersama Eintracht Frankfurt


Dengan podium yang diraihnya di GP Turuel ini, merupakan kali keenam dia berhasil meraih podium. Pekan lalu, di GP Aragon dia pun mengakhiri lomba dengan finis ketiga.

Yang menarik, Mir belum pernah memenangkan sekalipun GP pada musim ini. Konsistensi selalu berusaha untuk berada dekat dengan podium menjadi salah satu kunci sukses dari pembalap asal Spanyol ini memimpin klasemen sementara.

Apa kunci rahasia dari konsistennya? Menurut Mir, selain selalu berusaha untuk meraih hasil terbaik, dia menjadikan kekhawatiran wabah Covid-19 sebagai pemicunya untuk meraih poin terbaik sebanyak mungkin.

"Saya selalu mencoba untuk memimpin, meraih banyak poin, karena ada risiko musim ini MotoGP tidak selesai," kata Mir setelah GP Turuel ini.

Menurut penyelenggara MotoGP, selalu ada risiko bahwa musim ini tidak akan bisa selesai karena bayangan ancaman pandemi virus corona.

"Itu sesuatu yang saya khawatirkan sehingga ada obsesi di dalam diri saya yang mengatakan: 'Saya harus terus memimpin lomba ini karena situasinya tidaklah bagus'. Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi, tidak ada yang pernah tahu," katanya lagi.

Dengan situasi itulah yang membuatnya bertekad untuk meraih banyak poin dalam setiap lomba. "Ada kemungkinan bahwa MotoGP musim ini tidak akan selesai sesuai jadwal," kata Mir lagi.

Kini, MotoGp tinggal menyisakan tiga putaran lagi yaitu GP European, GP Valencia, dan GP Portugal. Dengan tiga sisa putaran tersebut pun belum menjamin bahwa MotoGP akan terus bisa dilanjutkan.

Meski demikian, Mir tentu tidak akan membuang peluang ini, tampil sebagai juara dunia untuk kali pertama dalam kariernya. Dan, jika memang ketakutannya itu terjadi, boleh jadi dia akan langsung dinobatkan sebagai juara MotoGP 2020.*

Klasemen Sementara MotoGP 2020
Hingga Putaran Ke-11, Minggu (25/10)

1. Joan Mir Suzuki 137 Poin
2. Fabio Quartararo Yamaha 123
3. Maverick Vinales Yamaha 118
4. Franco Morbidelli Yamaha 112
5. Andrea Dovizioso Ducati 109
6. Alex Rins Suzuki 105
7. Takaaki Nakagami Honda 92
8. Pol Espargaro KTM 90
9. Jack Miller Ducati 82
10. Miguel Oliveira KTM 79
11. Danilo Petrucci Ducati 71
12. Brad Binder KTM 67
13. Alex Marquez Honda 67
14. Johann Zarco Ducati 64
15. Valentino Rossi Yamaha 58

 

I
Penulis
Irfan Sudrajat