news
LIGA SPANYOL
Lionel Messi Bakal Merusak Reputasi Besarnya Jika Hijrah dari Barcelona ke Liga Primer
25 October 2020 21:50 WIB
berita
Lionel Messi dan Javier Tebas - TopSkor/Istimewa
BARCELONA – Lionel Messi diperingatkan bahwa dia bakal merusak reputasinya sendiri jika hijrah dari Barcelona ke Liga Primer. Peringatan ini dilontarkan oleh presiden La Liga, Javier Tebas.

Sebaliknya, Tebas meyakini bahwa kepergian bintang asal Argentina itu dari La Liga tidak akan menggerus kualitas maupun popularitas kompetisi elite Spanyol tersebut.




Baca Juga :
- Riyad Mahrez Hat-trick, City Pesta gol ke Gawang Burnley
- Neymar Tidak Masuk Daftar 30 Pemain Terbaik di Eropa dan Tak Layak buat Barcelona


Messi yang kini telah berusia 33 tahun kemungkinan besar bakal bergabung dengan Manchester City pada bursa transfer musim panas tahun depan setelah terlibat ketegangan dengan manajemen Barcelona beberapa bulan yang lalu.

La Pulga bahkan sempat mengajukan permohonan transfer di bursa musim panas lalu, tapi akhirnya bersedia bertahan setahun lagi di Camp Nou hingga kontraknya habis.


Baca Juga :
- Manchester United Kembali Kontak Agen Hakan Calhanoglu, Lihat Peluang Bawa Gelandang AC Milan Ini ke Old Trafford
- Sergino Dest Membuat Ronald Koeman Kagum, Bakal Rebut Posisi Sergi Roberto di Barcelona


Meski begitu, Tebas berharap agar Messi mengurungkan niatnya hijrah ke Liga Primer dengan memberikan peringatan mengenai apa yang akan dialami pemain itu jika dia akhirnya hengkang dari La Liga.

“Kami beruntung bisa menikmati aksinya selama bertahun-tahun, tapi Messi harus berpikir dengan sangat hati-hati mengenai apa yang akan dia lakukan selanjutnya,” kata pria berusia 58 tahun itu kepada AFP.

“Jika Messi meninggalkan Barcelona, reputasi yang dia miliki saat ini dan yang telah dibangun sejak lama akan hancur berantakan.

“Memang benar, dia bisa mendapatkan tawaran yang lebih baik secara finansial, tapi dia punya reputasi yang telah dimilikinya selama lebih dari 20 tahun. Saya pikir dia harus mempertahankan itu.”

Meski berharap Messi tidak pergi, Tebas menegaskan bahwa La Liga tidak akan kehilangan daya tariknya meski kembali ditinggalkan oleh seorang mega bintang.

Sebelumnya, La Liga telah kehilangan Neymar Junior yang pindah dari Barcelona ke Paris Saint Germain pada 2017 sebelum ditinggalkan Cristiano Ronaldo yang hijrah dari Real Madrid ke Juventus setahun kemudian.

“Tidak akan jadi sebuah drama (jika Messi meninggalkan La Liga). Cristiano Ronaldo telah pergi, Neymar juga pergi,” kata Tebas.

“Neymar bergabung dengan PSG dan saya tidak melihat Liga Prancis mencapai level yang luar biasa karena kehadiran pemain itu.

“Begitulah kenyataannya. Orang-orang yang berpikir para pemain yang menentukan kualitas sebuah kompetisi telah berpikiran keliru dan saya senang mereka berpikiran seperti itu karena mereka tidak akan berkembang.”

Kepergian Ronaldo dari La Liga telah mengurangi bobot rivalitas El Clasico karena Messi dinilai tidak punya lawan yang sepadan secara individu. Tapi, keduanya berpeluang untuk kembali saling berhadapan di lapangan untuk kali pertama dalam dua tahun terakhir saat Barcelona dijamu Juventus, Rabu (28/10).

R
Penulis
Rijal Al Furqon