news
LIGA SPANYOL
Real Madrid Pukul Barcelona 3-1 dalam El Clasico, Ramos Menentukan Kemenangan dan Merusak Pesta Ansu Fati
24 October 2020 23:06 WIB
berita
Kapten dan bek Real Madrid, Sergio Ramos, ketika melepaskan tembakan penalti ke gawang Barcelona dalam laga El Clasico di La Liga malam ini -Topskor.id/Twitter Madrid
BARCELONA - Sergio Ramos menjadi penentu kemenangan Real Madrid atas Barcelona dalam El Clasico. Bek dan kapten Madrid ini mencetak gol kedua timnya dari titik penalti dalam laga yang berakhir 3-1, malam ini di Stadion Camp Nou, kandang Barcelona.

Gol Ramos tersebut tercipta pada menit ke-63 yang sebelumnya sempat mendapatkan protes dari pemain Barcelona. Meski demikian, wasit pemimpin pertandingan, Juan Martinez Munuera, memutuskan bahwa terjadi pelanggaran yang dilakukan bek Barcelona, Clement Lenglet.




Baca Juga :
- Messi Bisa Pecahkan Rekor Pele, Butuh 3 Gol Lagi Lawan Cadiz
- Mantan Pemain Madrid Ini Membuka Balutan Santiago Bernabeu


Ketika itu, Lenglet dinilai menarik kaus Ramos yang membuat pemain Madrid tersebut terjatuh. Wasit sempat melihat video asisten referee (VAR) dan kemudian memberikan hadiah penalti kepada Madrid.

Ramos dengan tenang berhasil mengeksekusi penalti tersebut dengan baik dan membuat timnya unggul 2-1. Ini El Clasico yang ke-45 dalam karier Ramos bersama Madrid dan gol kelima sepanjang kariernya tampil di El Clasico.


Baca Juga :
- Koeman Rotasi Skuat Barcelona vs Cadiz, Messi Masuk 3 Dibuang
- Dalam Keadaan Siap, Julen Lopetegui Siap Hancurkan Real Madrid


Ini merupakan El Clasico ke-245 ini dalam sejarah pertemuan kedua klub. Dan, kemenangan ini membuat Madrid menorehkan 97 kemenangan dalam El Clasico sementara Barcelona 96 kemenangan, dengan 52 laga lainnya berakhir imbang.

Sedangkan di ajang La Liga, ini merapakan pertandingan ke-181. Dari jumlah tersebut, Madrid meraih 74 kemenangan dan Barcelona 72 kemenangan dengan 35 laga lainnya berakhir imbang.

Kemenangan ini juga sekaligus menegaskan sukses pelatih Madrid, Zinedine Zidane dalam laga El Clasico. Ini kali keenam Zidane memimpin Madrid tampil di Camp Nou dan dia tidak pernah mengalami kekalahan (3 menang, 3 imbang).

Barcelona makin menderita ketika gol ketiga Madrid di laga ini tercipta lewat pemain pengganti, Luka Modric, tepatnya pada menit ke-90 memanfaatkan assist Rodrygo Goes.

Madrid memang sudah unggul lebih dulu ketika pertandingan ini dimulai, tepatnya pada menit ke-5. Aksi penyerang Madrid, Karim Benzema, yang memberikan umpan terobosan berhasil dimanfaatkan Federico Valverde untuk mencetak gol.

Meski demikian, hanya tiga menit kemudian, Barcelona berhasil menyamakan kedudukan lewat aksi Ansu Fati yang memanfaatkan umpan silang Jordi Alba. Hasil 1-1 tersebut bertahan hingga babak pertama berakhir.

Namun, kesalahan pertahanan Barcelona membuat mereka harus membayar mahal. Penalti Ramos praktis membuat mentalitas pemain Barcelona anjlok.

Rekor Ansu Fati

Terlepas dari kekalahan ini, performa Ansu Fati memperlihatkan bahwa dirinya memiliki peluang sebagai penerus Lionel Messi di Barcelona. Gol yang dia ciptakan pada menit ke-8 tersebut membuatnya menjadi pemain termuda yang mencetak gol dalam sejarah El Clasico dalam abad ke-21 ini, yaitu 17 tahun, 359 hari.

Yang menarik, Ansu Fati mematahkan rekor termuda sebelumnya yang diukir pemain muda Real Madrid, Vinicius Junior pada musim lalu ketika dia mencetak gol ke gawang Barcelona dalam usia 19 tahun, 233 hari.

Ansu Fati juga menjadi pemain termuda yang mencetak gol di bawah usia 18 tahun. Sebelumnya, rekor ini hanya ditorehkan seorang pemain bernama Alfonso Navarro pada 1947 dalam El Clasico yang berakhir 1-1.

Hasil ini membuat Barcelona mengalami dua kekalahan beruntun di La Liga sementara Madrid berhasil bangkit setelah pekan lalu takluk dari Cadiz.*

Barcelona 1-3 Real Madrid
Gol: 0-1 (Federico Valverde,5), 1-1 (Ansu Fati,8), 1-2 (Sergio Ramos, pen 63), 1-3 (Luka Modric,90)
Barcelona (4-2-3-1): 13 Neto; 2 Sergino Dest, 3 Gerard Pique, 14 Clement Lenglet, 18 Jordi Alba/9 Braithwaite (87); 5 Sergio Busquets/11 Dembele (82), 21 Frenkie De Jong; 16 Pedri/17 Trincao (81), 10 Lionel Messi, 14 Philippe Coutinho; 22 Ansu Fati/7 Griezmann (81); Pelatih: Ronald Koeman
Real Madrid (4-3-3): 1 Thibaut Courtois; 6 Nacho Fernandez/17 Vazquez (43), 5 Raphael Varane, 4 Sergio Ramos, 23 Ferland Mendy; 15 Federico Valverde/10 Modric (69), 14 Casemiro; 8 Toni Kroos; 11 Marco Asensio/25 Rodrygo (81), 9 Karim Benzema, 20 Vinicius Junior; Pelatih: Zinedine Zidane

I
Penulis
Irfan Sudrajat