news
LIGA INTERNASIONAL
Bangun Stadion di 10 Kota untuk Piala Asia 2023, Cina Punya Misi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
23 October 2020 21:00 WIB
berita
Ilustrasi Piala Asia - Media AFC
BEIJING – Cina rupanya punya misi khusus di balik persiapan mereka sebagai tuan rumah putaran final Piala Asia 2023 mendatang.

Yakni, demi mengejar mimpi Presiden Xi Jinping menjadi tuan rumah Piala Dunia dan turnamen global lainnya pada masa mendatang.




Baca Juga :
- Wow! Usai Tinggalkan Dunia Bulu Tangkis, Ini Profesi yang Ingin Digeluti Lin Dan
- Timnas Futsal Indonesia Butuh Uji Coba, Kensuke: "Kami Perlu Melihat Bagaimana Pengalaman Pemain jika Gagal di Pertandingan"


Hal tersebut dikatakan Du Zhaocai, pengurus Asosiasi Sepak Bola Cina (CFA) yang juga mewakili Cina dalam dewan pengambilan keputusan FIFA.

"Setelah Piala Asia, kami akan mempunyai 10 stadion sepak bola profesional yang semuanya modern dengan teknologi canggih," kata Zhaocai seperti dikutip Xinhua, Jumat (23/10/2020).


Baca Juga :
- Penjelasan PSSI Mengenai Hasil Rapat Komite Kompetisi AFC
- Jadwal Piala Asia U-16 Belum Jelas, Regulasi Berubah, Saat Penampilan Timnas U-16 Masih Mengecewakan


"Kami juga berencana bekerja sama dengan AFC dan FIFA untuk mengembangkan staf kami. Mereka akan menjadi ahli berpengalaman untuk event sepak bola internasional," ia menambahkan.

"Ini akan menjadi dasar yang kokoh bagi kami untuk menjadi tuan rumah turnamen sepak bola tingkat dunia (Piala Dunia) di masa mendatang," ucap Zhaocai, optimistis.

Cina memang telah lama berusaha mengkaji kemungkinan menggelar putaran final Piala Dunia.

Presiden Xi yang juga merupakan penggemar berat sepak bola menyampaikan harapannya agar Cina bisa menjadi tuan rumah turnamen akbar itu suatu hari nanti.

Cina kali terakhir menjadi tuan rumah Piala Asia pada 2004, mencapai final di bawah asuhan pelatih asal Belanda Arie Haan sebelum kalah dari rival kuatnya yaitu Jepang.

Pekerjaan konstruksi di stadion yang akan digunakan untuk turnamen Piala Asia 2023 sempat terganggu karena pandemi Covid-19, namun Zhaocai memastikan persiapan kini sudah kembali ke jalurnya.

"Kami memang pernah jadi tuan rumah Piala Asia pada 2004 lalu, tapi edisi 2023 mendatang sepenuhnya berbeda karena ini kali pertama turnamen tersebut akan digelar di 10 kota," Zhaocai menuturkan.

Pandemi Covid-19 diakuinya menjadi tantangan berat, apalagi pembangunan 10 stadion sepak bola di berbagai kota itu tidak bisa ditunda.

“Kami membuat rencana pencegahan pandemi dengan sangat rinci untuk memandu kota-kota tersebut melanjutkan pembangunan. Di Chengdu dan Shanghai, para pekerja kembali ke lokasi pembangunan pada Februari 2021," kata Zhaocai.*Antara/05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id