news
UMUM
‘Disentil’ Bima Sakti, Dua Pemain Timnas U-16 Ini Siap Perbaiki Komunikasi di Lapangan
23 October 2020 19:55 WIB
berita
Kapten Timnas U-16 Indonesia Marcell Januar Putra -- Media PSSI
DUBAI – Evaluasi yang dilakukan pelatih Timnas U-16 Indonesia Bima Sakti usai kekalahan 2-3 dari tuan rumah Uni Emirat Arab (UEA) U-16 dalam uji coba Rabu (21/10/2020), benar-benar diperhatikan oleh para pemain.

Mereka menyadari kekurangan dan membenahi diri jelang uji coba kedua melawan UEA U-16 di Stadion milik federasi sepak bola UEA, Dubai, Sabtu (24/10/2020) besok.




Baca Juga :
- 'Saya Ingin Antar Anak ke Sekolah', Cal Crutchlow Ungkap Rencana Awal Usai Pustuskan Pensiun
- Bima Ingin Melihat Kemampuan Dua Pemain Keturunan di Timnas U-16


Kekalahan dalam pertemuan pertama lalu, membuat para pemain banyak belajar dan ingin bangkit berjuang memberikan yang terbaik dalam laga selanjutnya.

“Sebenarnya sedikit merasa gugup karena sudah lama tidak bertanding dalam laga uji coba internasional,” kata kapten timnas U-16, Marcell Januar Putra, dikutip dari laman PSSI.


Baca Juga :
- Timnas U-16 Indonesia Sudah Lakukan Simulasi untuk Piala Asia U-16 2020
- Debutan Timnas U-16 Indonesia Berharap Bisa Kembali Dipanggil Bima Sakti


“Pada laga kemarin, saat babak pertama sebenarnya kami sudah menguasai pertandingan, namun diakui babak kedua kami sedikit menurun. Pelatih sudah mengevaluasi dan kami akan bekerja keras dalam laga kedua nanti,” Januar menambahkan.

Pemain yang akrab disapa JP ini mengaku terdapat beberapa poin yang harus dievaluasi agar tim bisa tampil maksimal di laga nanti.

Apalagi UEA U-16 adalah salah satu tim yang memiliki karakteristik permainan mirip dengan tim Timur Tengah lainnya.

“UEA mirip dengan Qatar yang pernah kami hadapi tahun lalu dalam laga uji coba. Yang harus diperbaiki adalah komunikasi dan jarak antarlini dari depan ke tengah dan tengah ke depan,” JP menuturkan.

“Kami harus dengarkan instruksi pelatih dan terapkan apa yang sudah kita lakukan selama latihan,” ia menambahan.

Hal yang sama diakui oleh pemain Timnas U-16 lainnya Dimas Juliono Pamungkas. Pemain berposisi center back ini sepakat dengan sang kapten soal memperkuat komunikasi antarlini dan bermain lebih disiplin pada laga kedua nanti.

“Dalam pertandingan sebelumnya UEA terlihat memanfaatkan postur tinggi striker mereka untuk mencetak gol,” Dimas mengungkapkan.

“Komunikasi antarpemain dalam tim kita harus lebih baik lagi. Koordinasi antarlini diperketat dan yang pasti kita harus bisa mengantisipasi set piece dan crossing yang sering dilakukan lawan,” kata Dimas.

Sebelumnya pelatih Bima Sakti memang mengakui ada beberapa hal yang harus diperbaiki dan dievaluasi olehnya.

“Seperti kedisiplinan dalam menempati posisi masing-masing dan komunikasi antarpemain," kata Bima Sakti.

“Jarak antarlini perlu diperbaiki karena kelihatan pada menit-menit akhir posisi mereka melebar sehingga ini jadi celah bagi lawan untuk memanfaatkan situasi ini,” Bima Sakti menambahkan.

Duel rematch uji coba Timnas U-16 melawan UEA besok akan dimulai pada pukul 17.00 waktu lokal atau 20.00 WIB.

Uji coba ini merupakan persiapan Garuda Asia untuk mengikuti Piala Asia U-16 2020 yang akan berlangsung tahun 2021 mendatang.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id