news
UMUM
Internal Game Timnas U-19 Penentuan Terakhir Skuat Shin Tae-yong: "Siapa yang Punya Kualitas Bagus Tentunya Dipertahankan."
23 October 2020 08:30 WIB
berita
Latihan timnas U-19/ Foto Media PSSI
TIMNAS U-19 Indonesia akan menjalani pertandingan internal di Stadion Sloga Mravince, Split, Jumat (23/10/2020).

Nantinya pelatih Shin Tae-yong akan membagi tim menjadi dua dengan memakai jersi resmi bertanding merah dan putih, serta tetap dipimpin wasit beserta dua asisten wasit.




Baca Juga :
- Beberapa Pemain Timnas U-19 Belum Maksimal secara Fisik, Teknik, dan Mental
- Program Main Bola Yuk, Bukan Sekadar Adu Juggling


Laga internal game ini juga merupakan kali pertama dilakoni skuat Garuda Muda selama di Kroasia, sekaligus menjadi penutup pertandingan timnas U-19 di di negeri berjulukan Vatreni tersebut.

"Kami memilih melakukan pertandingan internal game saja pada pada tanggal 23 Oktober. Kami juga telah menyiapkan skema siapa saja pemain yang akan diturunkan," kata pelatih timnas U-19, Shin Tae Yong, dikutip dari laman PSSI.


Baca Juga :
- Menpora RI: Kompetisi Sangat Diperlukan untuk Pembinaan Prestasi, Shin Tae-yong Saja Mengeluh
- Resep Agar Tidak Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas U-19


"Semua pemain akan kami turunkan dalam internal game. Ini juga untuk melihat sejauh mana perkembangan seluruh pemain," pelatih asal Korea Selatan tersebut menambahkan.

Sebelumnya David Maulana dan kawan-kawan sudah menjalani 11 uji coba selama pemusatan latihan (TC) di Kroasia. Yakni melawan Bulgaria (0-3), Kroasia (1-7), Arab Saudi (3-3), serta dua kali melawan Qatar (2-1 dan 1-1), Bosnia Herzegovina (0-1), Dinamo Zagreb (1-0), NK Dugopolje (3-0), Makedonia Utara (4-1 dan 0-0), dan Hajduk Split (4-0).

Shin menambahkan setelah TC Timnas U-19 di Kroasia ia sudah bisa melakukan evaluasi terhadap individu pemain. "Siapa yang punya kualitas bagus tentunya kan dipertahankan," kata pelatih yang menukangi Korea Selatan pada Piala Dunia 2018 tersebut.

Karena itu, pertandingan internal ini tetap akan dimaksimalkan para pemain untuk memberikan kesan terakhir kepada Shin Tae-yong, sebelum pulang ke Indonesia.

"Internal game nanti seperti suasana pertandingan, jadi kami harus fokus, kerja keras, dan tunjukkan perkembangan yang baik," kata salah satu pemain timnas U-19 Erlangga Setyo.

Timnas U-19 telah menjalani pemusatan latihan (TC) di Kroasia sejak 30 Agustus 2020. Selain menjalani latihan Garuda Muda juga melakukan laga persahabatan melawan timnas negara lain maupun klub-klub kuat di Kroasia.

Timnas U-19 akan mengakhiri TC di Kroasia pada Senin 26 Oktober 2020 mendatang. Timnas U-19 dijadwalkan tiba di Tanah Air pada Selasa, 27 Oktober 2020.

Kemudian pemain akan dikembalikan ke klub masing-masing untuk mengikuti kompetisi Liga 1 dan Liga 2, jika jadi bergulir. Pasalnya, hingga kini pihak kepolisian belum memberikan izin untuk lanjutan Liga 1 dan Liga 2.

“Ujung dari sebuah kompetisi itu timnas. Karena di kompetisi resmi, pemain akan mendapatkan atmosfer pertandingan. Ini beda dengan kalau hanya training camp dan uji coba dengan timnas negara lain atau klub,'' ujar pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong.

Itu sebabnya pelatih asal Korea Selatan ini menginginkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 kembali digelar.

''Jadi tidak bisa menunda-nunda kompetisi. Karena ini menjadi bagian penting dalam perjalanan sebuah timnas. Lebih cepat kompetisi digelar lagi akan semakin bagus.''

“'Saya membutuhkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2 diputar lagi untuk bisa memantau secara langsung perkembangan pemain di klubnya masing-masing. Saya juga bisa memantau jika ada pemain yang bisa dipanggil untuk memperkuat timnas U-19. Kalau tidak ada kompetisi Liga 1 dan Liga 2 bagaimana saya bisa memantau pelaksanaan program yang sudah saya siapkan,'' kata Shin Tae-yong.

“Kompetisi sangat perlu agar pemain melakukan pertandingan untuk mengasah kemampuan mereka saat mereka tidak TC dengan timnas.”

 

 

 

R
Penulis
Rizki Haerullah