news
LIGA INGGRIS
Tampil Impresif bersama Everton Awal Musim Ini, Nilai Transfer Dominic Calvert-Lewin Naik 80 Kali Lipat
22 October 2020 23:42 WIB
berita
Dominic Calvert-Lewin - TopSkor/Istimewa
LIVERPOOL – Performa impresif Dominic Calvert Lewin bersama Everton di Liga Primer awal musim ini membuat nilai transfernya naik 80 kali lipat dari harga yang dibayar The Toffees saat membelinya dari Sheffield United pada 2016.

Menurut mantan bek Everton, David Unsworth, yang kini menjabat sebagai kepala akademi klub itu, biaya transfer yang harus dibayarkan The Toffees kepada Sheffield untuk mendatangkan Calvert-Lewin ke Goodison Park empat tahun silam tidak sampai 1,5 juta paun (Rp28,8 miliar) seperti yang diberitakan di media-media saat itu.




Baca Juga :
- Bruno Fernandes Bisa Hattrick, Beberkan Alasan Memberi Rashford Eksekusi Penalti
- Wayne Rooney Sebut Cristiano Ronaldo Bukan Pemain Terbaik yang Pernah Bermain Bersamanya


“Saya bisa memastikan bahwa harganya tidak mendekati angka yang disebut-sebut banyak orang,” kata Unsworth yang juga pernah bermain untuk West Ham United dan Sheffield.

“Saya tidak mau menyebutkan angka pastinya, tapi nilainya jauh di bawah yang baru saja Anda sebutkan (1,5 juta paun).


Baca Juga :
- Selalu Cetak Gol di Anfield buat Liverpool, Diogo Jota Mengukir Sejarah di Liga Primer dan Bikin Malu Manchester United
- Paman Dean Henderson Menang Judi Rp 236 Juta Setelah Bertaruh Kiper MU Itu Bakal Melakoni Debut di Timnas Inggris


“Saya masih suka tersenyum setiap kali mengingat kembali bagaimana kami berhasil mendapatkan dia.

“Semua itu berkat timing dan saat itu Sheffield United tengah berada di League One dan baru saja mengangkat pelatih baru.

“Dominic (yang saat itu baru 19 tahun) tidak diandalkan untuk memainkan peran penting dalam upaya mengangkat klub itu dari League One.

“Chris (Wilder, pelatih Sheffield) memutuskan untuk mengandalkan para pemain berpengalaman dan strateginya terbukti sangat sukses (Sheffield meraih promosi ke Championship pada 2017 dan naik kelas ke Liga Primer dua tahun kemudian).”

September lalu, Manchester United dikabarkan sempat mengincar Calvert-Lewin, tapi mereka mundur teratur setelah Everton memasang banderol 80 juta paun (Rp1,5 triliun) untuk pemain 23 tahun tersebut.

Kini, nilai transfer Calvert-Lewin kemungkinan lebih tinggi lagi setelah aksi impresifnya bersama Everton awal musim ini. Bulan lalu, dia menorehkan rekor sebagai pemain Inggris termuda yang mencetak hattrick di Liga Primer dalam kemenangan 5-2 atas West Bromwich Albion.

Performa itu membuat Calvert-Lewin mendapatkan panggilan dari pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, untuk laga-laga lawan Wales, Belgia, dan Denmark.

Dia lalu mencetak gol dalam debutnya bersama The Three Lions untuk membantu mereka menang 3-0 pada laga persahabatan lawan Wales.

Aksi impresif Calvert-Lewin berlanjut ke derbi Merseyside lawan Liverpool akhir pekan lalu di mana dia mencetak gol penyeimbang untuk memastikan Everton meraih hasil imbang 2-2. Total, dia telah mencetak tujuh gol dalam lima laga pertama di Liga Primer musim ini.

Serangkaian performa impresif itu diyakini telah melambungkan harga jual Calvert-Lewin sebanyak 80 kali lipat saat ini.

R
Penulis
Rijal Al Furqon