news
LIGA 1
Satgas Covid-19: Aktivitas Apa Pun, Termasuk Kompetisi Sepak Bola, Boleh Digelar Selama Bisa Berkomitmen
22 October 2020 22:19 WIB
berita
Laga Arema vs Persib pada pekan kedua Liga 1 2020, 8 Maret 2020 lalu - Liga-Indonesia.id
JAKARTA – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito turut angkat bicara soal nasib kelanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang hingga kini terkatung-katung. Menurut Wiku, sebenarnya kompetisi bisa saja dilanjutkan.

“Apa pun aktivitasnya, selama bisa berkomitmen untuk mematuhi protokol kesehatan, maka kegiatan tersebut boleh untuk dilakukan," ujar Wiku, dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (22/10/2020).




Baca Juga :
- Resep Agar Tidak Dicoret Shin Tae-yong dari Timnas U-19
- Kenang Ricky Yacobi, Presiden FIFA Kirim Pesan Duka Mendalam


"Dalam pelaksanaan liga tersebut, perlu adanya kepatuhan dari seluruh komponen penyelenggara sepak bola atau seluruh yang terkait dengan sepak bola, federasi, klub hingga suporter," Wiku menambahkan.

Untuk itu, Wiku mengatakan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) harus berkoordinasi dengan kepolisian terkait kelanjutan pertandingan Liga 1.


Baca Juga :
- Nova Arianto: "Timnas seperti Dibuat Main-main, Padahal Mereka Dibiayai Uang Rakyat"
- Menghadap Kabaharkam Polri, LIB Dapat Dukungan Menggulirkan Liga 1 2020-2021


"Selain itu, pertimbangkan pula status zonasi tempat pertandingan sepak bola tersebut akan dilakukan," Wiku menambahkan.

Yang jelas, Wiku menegaskan, keputusan penundaan kompetisi olahraga yang dilakukan adalah untuk keselamatan dan kesehatan bersama.

Karenanya, Wiku mendukung sikap PSSI yang telah menyusun protokol kesehatan untuk pertandingan sepak bola dengan melibatkan ahli medis dan juga sudah menganggarkan biaya untuk swab test.

Sayangnya, keputusan untuk mengeluarkan izin keramaian untuk pertandingan sepak bola bukan berada di tangan Satgas Covid-19, melainkan kepolisian.

Sebenarnya PSSI dan PT LIB sudah menggelar pertemuan luar biasa dengan klub di Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Dalam rapat tersebut, semua pihak sepakat melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 pada 1 November 2020. Sayangnya pihak kepolisian tidak diundang dalam pertemuan itu.

Alhasil, kepolisian tetap menolak mengeluarkan izin keramaian untuk Liga 1. PSSI dan PT LIB hingga kini belum bisa meluluhkan pihak kepolisian.

Hingga kemudian munculah tiga opsi untuk kompetisi. Pertama kembali menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Bila kepolisian tetap tak mengeluarkan izin, PSSI akan menggunakan opsi kedua. Kompetisi akan dilanjutkan pada 1 Desember 2020.

Dan, jika belum juga mendapatkan izin keramaian karena bertepatan dengan Pilkada 2020, PSSI akan mencoba memulai Liga 1 2020 pada 1 Januari 2021.

Dan, jika Liga 1 2020 bergulir Januari 2021, kemungkinan besar akan digelar dua wilayah untuk mempersingkat waktu.

Ini lantaran Indonesia dijadwalkan menggelar hajatan besar sepak bola, yakni  Piala Dunia U-20 pada Mei-Juni 2021.*05

news
Penulis
Kunta Bayu Waskita
Nyaman di Harian TopSkor, Mantap di TopSkor.id